#RamadanSeruGetPlus-Ramadan Seru dan Hemat dengan Swakarya

Ramadan hemat GetPlus

Ramadan memang sangat seru dan meriah. Tak heran jika bulan ini selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Saat membayangkan Ramadan, yang terlintas di pikiran kita biasanya ketupat, rendang, nastar, kastangel, THR, hampers, hingga baju lebaran. Kalau ada yang tidak ada, rasanya Ramadan jadi kurang lengkap.

Namun, seringkali pernak-pernik Ramadan memberatkan kita dari segi finansial. Ramadan memang butuh pengeluaran berbeda dari biasanya, nih SoHip. Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi keuangan khusus di bulan Ramadan. Semua pemasukan dan pengeluaran harus dihitung dengan cermat supaya tidak boncos. Penghematan juga harus dilakukan. Jangan sampai THR yang kita terima lewat begitu saja.

Salah satu cara berhemat yang bisa SoHip lakukan adalah dengan membuat sendiri pernak-pernik Ramadan seperti kue kering, hampers, dan yang lainnya. Tak hanya hemat, berkarya membuat sendiri pernak-pernik Ramadan juga sangat seru dan menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang tersayang.

Yuk, simak langsung tips berhemat dengan melakukan swakarya di bulan Ramadan berikut ini!

Advertisement

1. Suguhkan Kue Kering Lebaran Buatan Sendiri

Photo by FlyerBine from Pixabay

Photo by FlyerBine from Pixabay via https://pixabay.com

Kue kering adalah salah satu ciri khas lebaran yang nggak boleh lupa untuk disiapkan. Tanpa nastar, kastangel, putri salju, dan kawan-kawannya, lebaran pasti terasa sepi dan berbeda.

Kenyataannya, kue kering sering menjadi pengeluaran yang cukup menguras kantong di kala lebaran. Sebab dengan harga yang lumayan, kue-kue kering ini cepat sekali habisnya, bukan?

Advertisement

Kue kering lebaran akan lebih hemat jika dibuat sendiri. SoHip bisa membuat kue lebaran berdasarkan resep yang beredar di internet. Beberapa resep bahkan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak, namun tetap memiliki rasa yang lezat. Bukan cuma hemat, membuat kue lebaran sendiri juga bisa mempererat bonding dalam keluarga. Ada dua keuntungan sekaligus saat membuat kue sendiri: hemat dan seru!

2. Kirim-kirim Hampers Cantik Karya Sendiri

Photo by Dmitry Mashkin from Unsplash

Photo by Dmitry Mashkin from Unsplash via https://unsplash.com

Ramadan merupakan momen yang pas untuk saling berbagi. Nah, hampers bisa menjadi pilihan barang yang tepat untuk dijadikan hadiah, SoHip. Kemasannya yang cantik dan isinya yang beragam membuat hampers sangat diminati di bulan puasa.

Advertisement

Namun, seringkali hampers yang dijual di pasaran tidak masuk budget. Nggak perlu kecewa dan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berbagi, ya. Sebab, kita bisa juga loh membuat hampers sendiri.

Pertama, SoHip tentukan dulu dana dan penerima hampers. Setelah itu, baru deh tentukan isi hampers. Tidak perlu mahal, yang penting bisa berguna bagi penerima. Misalnya set peralatan makan, jilbab, masker organik, atau makanan seperti kue kering, bolu, dan pudding. SoHip bisa memasak sendiri makanannya agar lebih hemat.

Setelah itu, jangan lupa dibungkus dengan cantik. SoHip bisa memanfaatkan kardus bekas lalu menghiasnya dengan kertas kado atau kertas lainnya. Stiker-stiker lucu dan pita berwarna juga bisa menjadi penghias. Pokoknya, di langkah ini biarkan kreativitasmu bermain.

3. Berbagi THR Pakai Amplop Lucu

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Lebaran, waktunya bagi-bagi THR untuk keponakan. Biasanya, mereka paling senang kalau dikasih amplop yang berwarna-warni. Daripada beli amplop lagi, hias amplop putih saja yuk!

SoHip bisa gunakan kertas warna-warni untuk membentuk polkadot seperti gambar amplop di atas. Atau bisa juga bentuk lain sesuai dengan keinginanmu. Lalu setelah itu, tempelkan potongan kertas tersebut di amplop sesuka hati SoHip. Supaya lebih berkesan, kamu juga bisa tambahkan gambar dan nama yang dibuat spesial sesuai dengan kesukaan penerima.

4. Pakai Baju Lama yang Sudah Dimodifikasi

Photo by Darling Arias from Unsplash

Photo by Darling Arias from Unsplash via https://unsplash.com

Kata siapa lebaran harus pakai baju baru? Nggak juga, kok. Daripada menambah pakaian dan membiarkan mereka menumpuk di lemari, lebih baik kita 'daur ulang' pakaian lama saja.

'Daur ulang' pakaian bisa dilakukan dengan cara berikut. Pertama, pilih baju lama yang akan dimodifikasi. Setelah itu, SoHip bisa menambahkan pernak-pernik menarik seperti manik-manik, pita, kain bermotif, hingga kancing bekas pada baju yang akan dimodifikasi.

Sentuhan pribadi darimu dijamin akan membuat pakaian terlihat unik. Dengan demikian, SoHip bisa tetap kelihatan kece di depan kamera meski hanya mengenakan pakaian lama. Tapi yang terpenting, kamu nggak perlu beli baju baru lagi!

5. Jangan Lupa Beli Bahan Swakarya Lewat Aplikasi GetPlus

Photo by GetPlus

Photo by GetPlus via https://www.mygetplus.id

Sebelum mulai berswakarya, jangan lupa untuk membeli bahan-bahan. Tips paling penting adalah: beli bahan-bahan promo! Apalagi menjelang lebaran ini, toko-toko offline dan online banyak mengadakan promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain mencari promo, penting juga untuk membandingkan harga di beberapa toko dan ambil barang di harga yang paling rasional.

Biar lebih hemat, kamu bisa belanja lewat aplikasi GetPlus. Aplikasi ini bisa ditemukan di Google Play Store dan App Store. Cara menggunakan aplikasinya mudah sekali. Biar aku jelaskan, ya.

Setelah berbelanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan GetPlus, jangan lupa upload struk belanja minimal Rp30rb ke aplikasi GetPlus di hari yang sama seperti tanggal berbelanja. Jangan khawatir kesulitan berbelanja karena merchant GetPlus tersebar di berbagai kategori.

Mulai dari minimarket, supermarket, F&B, fashion, hingga pusat perbelanjaan seperti Mall Kelapa Gading. Semua merchant GetPlus bisa kamu lihat jika mengklik bagian Struk dan memilih Informasi Merchant. Setelah kamu upload struk, kamu juga akan memperoleh 20.000 welcome point secara gratis jika memasukkan kode Hipwee saat mendaftar.

Nggak hanya belanja offline, GetPlus juga mengakomodir kamu yang mau belanja dari rumah. Kamu bisa mendapatkan poin jika bertransaksi di e-commerce kesayanganmu dari aplikasi GetPlus. Setiap e-commerce memiliki ketentuan bonus poin yang berbeda, jadi pastikan kamu memeriksa informasi lebih lanjut tentang hal ini di bagian eShop.

6. Kumpulkan Poin Sebanyak Mungkin dan Dapatkan Reward Menarik

Photo by GetPlus

Photo by GetPlus via https://www.mygetplus.id

SoHip nggak hanya bisa mengumpulkan poin dari berbelanja di merchant GetPlus saja, loh. Ada juga pilihan survei yang bisa menghasilkan poin untukmu. Berdasarkan pengalamanku mengisi survei tentang Ramadan di GetPlus, aku bisa dapat 1000 poin langsung setelah survei selesai diisi. Gampang, kan?

Bukan hanya mengisi survei, SoHip juga bisa memperoleh poin dengan mengundang teman untuk mengunduh aplikasi GetPlus. Caranya mudah, kamu hanya perlu membagikan kode referal ke teman-temanmu. Setiap kode referal yang berhasil digunakan, kamu akan mendapat bonus 10.000 poin dan temanmu akan mendapat 20.000 poin. 

Asyiknya lagi, poin-poin tersebut bisa kamu tukar dengan berbagai reward menarik. Semakin banyak poin yang kamu dapat, semakin besar pula reward yang bisa kamu peroleh. Reward ini bisa kamu lihat di bagian Rewards pada aplikasi. Ada bermacam reward yang bisa kamu pilih, mulai dari voucher belanja, skincare, makanan, mixer Philips, Xiaomi Mi Watch, kamera polaroid Fuji Instax Mini 11, vacuum cleaner Samsung, LED TV, hingga iPhone 12 Pro!

Gimana, sudah siap belum berhemat dengan berkarya di bulan Ramadan menggunakan aplikasi GetPlus?

Kalau SoHip masih bingung,  silakan klik Information Center di aplikasi GetPlus. Di halaman tersebut, kamu tak hanya bisa memperoleh informasi tentang GetPlus, tetapi juga bisa bertanya atau memberi pesan secara langsung kepada GetPlus.

Jadi, ayo berkarya, berhemat, dan meraih untung dengan GetPlus!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka kucing.

CLOSE