#RamadanSeruGetPlus-Tips dan Trik Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan, Shopping Bisa Tetap Jalan Dompet Pun Aman

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan menjaga kondisi fisik dan mental sangat penting. Agar bisa menjalankan ibadah dengan lancar. Selain itu semua mengatur kondisi keuangan juga perlu diperhatikan dan dipersiapkan selama bulan Ramadan. Meski selama sebulan kamu akan lebih jarang makan karena berpuasa, bukan berarti pengeluaran kamu akan berkurang loh.

Biasanya banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama Ramadan. Mahalnya biaya makan dan ajakan buka puasa bersama atau bukber di luar menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaranmu. Ditambah lagi belanja barang-barang yang kurang penting hanya karena tergiur dengan banyak diskon yang ditawarkan banyak e-commerce. Untuk menjaga keuangan selama bulan Ramadan agar tetap stabil, kita harus mengatur pengeluaran dengan baik. Berikut tips yang bisa kita lakukan :

Advertisement

1. Membuat Rencana Keuangan Selama Bulan Ramadan

Photo by Jess Bailey Designs from Pexels

Photo by Jess Bailey Designs from Pexels via https://www.pexels.com

Saat memulai bulan Ramadan kamu harus membuat buat skala prioritas dalam mengalokasikan penghasilan. Pisahkan dana untuk kebutuhan makan berbuka dan sahur, menabung dan membeli keperluan sehari-hari. Tetapkan anggaran sesuai kebutuhan yang masuk akal dan realistis.dan anggaran yang tidak boleh ketinggalan juga adalah dana untuk bersedekah agar semakin berkah.

2. Bijak dalam Menggunakan Penghasilan

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Hindari pengeluran yang tidak penting. Kita harus cermat dalam memilih mana kebutuhan dan mana keinginan. Sering kali kita membeli sesuatu bukan karena kita butuh tapi karena tergiur harga dan promo yang murah. Akhirnya pengeluaran menjadi membengkak.

Advertisement

3. Usahakan Masak Sendiri Untuk Menu Berbuka dan Sahur

Photo by Khairul Rosle from pinterest

Photo by Khairul Rosle from pinterest via http://pinterest.com

Berbuka puasa di luar boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Karena itu akan membuat pengeluaran membengkak. Usahakan untuk memasak menu buka puasa dan sahur sendiri akan menghemat pengeluaran selama Ramadan. Karena sering kali ketika menjelang berbuka puasa kita hanya lapar mata. Selain itu bonusnya ketika masak sendiri adalah makanan sehat karena kita tahu proses masaknya.

4. Catat Pengeluaran Harian

Photo by Abhilash Sahoo from Pexels

Photo by Abhilash Sahoo from Pexels via https://www.pexels.com

Tuliskan dana pengeluaran setiap harinya. Tujuannya agar kamu  bisa memantau kemana saja uang yang kamu gunakan selama sehari. Catatan ini dipakai untuk mengingatkan kamu untuk menghemat dan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan.

5. Manfaatkan Aplikasi Reward Program Getplus Saat Berbelanja

Advertisement
Photo by GetPlus

Photo by GetPlus via https://www.mygetplus.id

Mau belanja dengan hemat selama Ramadan? Bisa banget dong! Caranya dengan memanfaatkan aplikasi reward program dari GetPlus. Untuk yang belum tahu, getplus adalah aplikasi yang memanjakan penggunanya dalam mengumpulkan poin loyalty dengan mudah.

Kamu bisa mengumpulkan poin GetPlus dengan belanja online di berbagai e-Commerce lewat fitur eShop di aplikasi GetPlus, atau upload struk minimal Rp30rb ke aplikasi GetPlus dari semua belanjaan kamu di berbagai merchant partner GetPlus kaya restoran dan salon, mall favorit seperti Grand Indonesia, Central Park, Neo Soho Mall dan Kelapa Gading Mall, bahkan struk minimarket dan supermarket Jabodetabek bisa juga jadi poin GetPlus

Nantinya dari poin yang terkumpul, langsung deh kamu tukar dengan berbagai reward fantastik pilihanmu, mulai dari e-voucher hingga produk elektronik seperti oven, air fryer dan smartband langsung di aplikasi GetPlus. untuk kamu yang mau bergabung menjadi member getplus nikmati bonus 30.000 poin GetPlus dengan menggunakan kode referral “GETPLUSHIPWEE” yang diisi di kolom kode referral saat mendaftar akun GetPlus. (Promo spesial untuk 5000 member pertama dan kode referral hanya berlaku pada 17 April – 1 Mei 2021). menarik bukan ? belanja dapat bonus point yang bisa di tukar dengan beragam hadiah.

6. Komitmen Dengan Rencana Keuangan Yang Sudah Di Buat

Photo by Bich Tran from Pexels

Photo by Bich Tran from Pexels via https://www.pexels.com

Dari semua rencana yang sudah dibuat hal yang paling penting adalah komitmen dalam menjalankanya. Semua rencana akan sia-sia jika kita tidak berkomitmen untuk menjalankan rencana yang sudah dibuat. Dengan begitu kamu akan mudah mengontrol pengeluaran dengan baik selama bulan Ramadan.

Mengatur keuangan bukan berarti kita pelit ya guys. Justru kita akan lebih bijak dalam menggunakan penghasilan dengan baik. Dan jangan lupa anggarkan dana unuk bersedekah, untuk membantu mereka yang membutuhkan. Agar lebih berkah di bulan suci Ramadan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Membaca buku, Menulis dan travelling

CLOSE