Sebagai makhluk sosial, kehadiran teman merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan. Dengan adanya teman, kita bisa berbagi segala macam hal.

Teman bisa berasal dari mana saja. Teman sekolah, kampus, pengajian, komunitas, dan lain-lain. Luasnya pergaulan bisa berdampak positif bagi diri seseorang. Dengan banyaknya relasi atau teman, bisa menjadi alasan seseorang dapat berkembang. Dengan banyaknya teman, kita juga bisa memperoleh informasi-informasi yang mungkin kita belum tahu.

Namun, kedekatan seseorang dengan temannya, kadang bisa menimbulkan beberapa masalah. Apalagi jika sudah bersahabat sejak lama. Bisa jadi mulai dari kesalah pahaman, ribut karena hal sepele, dan rasa tidak enakan. Khusus untuk perasaan “tidak enakan” ini, Hipwee ingin membahas lebih lanjut. Hal “tidak enakan” apa saja yang pernah kamu rasakan kepada sahabatmu?

1. Saat keaungan sekarat tapi teman ngajak kamu keluar atau sekadar ngopi, kamu pun bela-belain ngutang biar bisa jalan

Lagi galau-galaunya karena keuangan yang sedang sekarat, tiba-tiba datanglah teman meminta ditemani untuk sekedar ngopi atau jajan. Mau nolak tapi banyak pertimbangannya.

Advertisement

Akhirnya mau nggak mau terima tawaran itu. Mereka sangat berterima kasih karena sudah ditemani jalan. Yaa, temen kita nggak tau aja kalau kita bisa jalan sama dia karena ngutang.

2. Udah dibela-belain nggak jajan selama sebulan demi membeli gawai baru, tapi ujung-ujungnya dipakai teman keperluan mendesak

Udah dibela-belain

Udah dibela-belain via https://www.thoughtco.com

Hidup emang banyak keinginan. Apalagi kalau udah kerja dan merasa mampu untuk membeli berbagai keperluan, tak terkecuali gadget. Harganya yang lumayan mahal kadang bikin kita harus pinter-pinter ngatur uang.

Tapi denger kabar yang nggak enak dari temen yang darurat banget butuh uang cepat buat bayar biaya rumah sakit, siapa sih yang tega buat nolak? :’(

3. Niat hati cuti kerja buat santai di rumah berujung wacana saat teman minta ditemani jalan dan kamu tak bisa menolaknya

Jauh-jauh hari ngajuin cuti

Jauh-jauh hari ngajuin cuti via https://www.ourgodgivenmission.com

Advertisement

Rasa jenuh dengan pekerjaan kadang bikin kita ingin sejenak berleha-leha atau santai di rumah. Jalan satu-satunya yaitu mengajukan cuti ke tempat kita bekerja. Tapi ada saja gangguan yang datang ketika hendak merebahkan badan.

Siapa lagi kalau bukan sahabat yang siang-siang ngajak kita nyari kado buat temennya yang mau nikahan? Harapan untuk leha-lehapun pupus sudah. Mau ngajuin cuti lagi tapi nggak di acc sama atasan :’D

4. Terpaksa membatalkan semua acara yang udah kamu susun demi menemani curahan hati temanmu yang baru aja di PHP-in gebetannya

Hidup adalah bagaimana kita mengatur skala prioritas. Tapi buat sahabat sejatimu dialah prioritas yang paling atas! Acara lain bisa aja kamu cancel atau di pending asalkan kamu bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhan sahabatmu yang tanpa jeda dan tanpa koma! Pastikan telinga kamu dalam keadaan fit ya untuk mendengarkan ocehan sahabatmu! 😀

5. Kamu rela nitipin anakmu yang masih kecil ke keluarga, demi mengiyakan ajakan sahabatmu bertemu di kafe favorit kalian

Buat yang udah punya anak, nih.. pasti susah banget kan buat sekedar jalan-jalan. Mau bawa anak juga pasti rempong apalagi kalau masih kecil. Jangankan jalan-jalan, kamu pergi ke kemar mandi aja kadang suka dibuntutin si kecil.

Tapi sahabatmu sangat membutuhkanmu dengan segera. Urgent! Pokoknya kamu nggak bisa nolak, deh! “Tapi anakku gimana?” Yaahh… Jalan keluar satu-satunya mau nggak mau anakmu harus dititipin ke neneknya, deh! 😀

6. Sekalinya nggak bisa menuruti kemauan temanmu, kamu malah disangka tak lagi peduli dengannya dan pertemanan kalian

Sepeduli-pedulinya kamu, ada saat dimana benar-benar nggak ada waktu buat memenuhi keinginan sahabatmu. Tapi hal tersebut malah membuat dia berprasangka buruk terhadapmu.

Penjelasan yang panjang kali lebar kali tinggipun sudah kamu sampaikan tapi apa daya dia terlanjur marah 🙁 Waduh, jangan sampe segitunya ya, guys! Orang lain juga punya kesibukan masing-masing J

Poin berapa aja yang pernah kamu rasain sama temanmu? Kasih opini di kolom komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya