Untuk kamu yang tahun ini terkendala sesuatu hingga tidak bisa merasakan Lebaran di kampung halaman, mungkin tulisan ini bisa mewakili apa yang kamu alami.

1. Sedih

The Yemeni-American Muslim Udayni family

The Yemeni-American Muslim Udayni family via https://www.reuters.com

Ada perasaan sedih yang tentunya tidak bisa dipungkiri muncul dari dalam dirimu, Lebaran yang identik dengan berkumpul bersama keluarga besar, makan berbagai sajian khas lebaran, dan menyambung silaturahmi dengan teman-teman di kampung halaman, yang mungkin sudah lama tidak ditemui.

Advertisement

Namun, kali ini kamu harus melewatinya tanpa itu semua. Meskipun berusaha tegar, saat sedang sendiri ditengah malam kamu berkali-kali menyeka miniatur air terjun yang turun dari pelupuk mata.

2. Minta Maaf Jarak Jauh

thanksgiving skype call from the moses family

thanksgiving skype call from the moses family via https://flickr.com

Jarak yang jauh dengan keluarga tentunya mau tak mau harus bermaaf-maafan menggunakan telepon atau media sosial yang sesungguhnya tidak bisa menggantikan sakralnya meminta maaf dengan cara sungkem-an. Itupun kalau kamu tidak terkendala dengan pulsa atau paket data habis.

3. Sholat 'ied

Istiqlal Mosque Eid ul Fitr Jamaah

Istiqlal Mosque Eid ul Fitr Jamaah via https://commons.wikimedia.org

Kalau biasanya di kampung halaman kamu sudah punya tempat langganan untuk melaksanakan sholat ‘ied , kini pertama kalinya kamu bingung akan sholat ‘ied di mana, dan kamupun menanyakan lapangan yang biasanya digunakan untuk sholat ada di mana kepada temanmu yang merupakan penduduk asli tempat itu.

4. Silaturahmi ke Rumah Kenalan

Advertisement

Kamu akan me-list­ rumah-rumah yang akan kamu kunjungi untuk disilaturahmikan, lumayan, sebagai pengganti rasa rindumu terhadap makanan lebaran di kampung halaman. Saat itulah, kamu menyadari bahwa sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang merupakan penduduk asli di tempat rantauanmu.

5. Berdo'a

Kamu akan banyak berdo’a semoga diberi umur panjang, semoga tahun depan kamu bisa merasakan lebaran di kampung halaman, atau minimal berkumpul dengan keluarga. Karena lebaran di kampung halaman ada nikmat tersendiri, yang sulit untuk didapat di kampung orang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya