Rekomendasi 5 Pantai Pasir Hitam di Yogyakarta yang Mempunyai Keindahan Tersendiri dan Wajib Dikunjungi

Nama Yogyakarta sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat luar kota. Yogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar yang mempunyai banyak sekolah atau kampus ternama mempunyai sisi tersendiri untuk wisatanya yang beragam, misalnya wisata pegunungan ataupun wisata pantai dan pasir hitam yang ada di Yogyakarta. Banyak tempat wisata di Yogyakarta yang mempunyai kelebihan tersendiri untuk dikunjungi dan dapat menghibur para wisatawan yang berkunjung di tempat wisata yang ada di Yogyakarta tersebut.

Tak kalah dengan pantai pasir putih, pantai pasir hitam yang berada di Yogyakarta juga mempunyai kelebihan tersendiri di setiap tempatnya. Nahh, yukk kita simak sama-sama 5 Rekomendasi Pantai pasir hitam yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta berikut ini.

Advertisement

1. Pantai Parangtritis

Photo by Pantai Parangtritiscom

Photo by Pantai Parangtritiscom via https://www.instagram.com

Gak salah kalo kamu berkunjung di Pantai Parangtritis. Pantai ini mempunyai pesona tersendiri yaitu di sebelah timur pesisir pantai penungunjung bisa melihat pegunungan yang membuat Pantai Parangtritis mempunyai pesona tersendiri dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam kota maupun luar kota. Selain itu juga di bibir pantai banyak yang menyewakan tempat yang beralas tikar untuk bersantai sembari melihat pemandangan pantai dan langit yang menjadi satu bila dilihat dengan dengan mata langsung, dan bila ingin jalan-jalan di bibir pantai di sana juga ada bendi dan mobil jeep untuk berjalan-jalan bersama keluarga di sepanjang bibir pantai parangtritis.

Di pantai parangtritis juga banyak yang bermain air laut maupun ada juga yang mengabadikan foto bersama keluarga untuk dijadikan kenang-kenangan. Selain sebagai tempat rekreasi, Pantai Parangtritis biasanya digunakan sebagai sarana pengobatan dan terapi terutama bagi mereka yang mengidap sakit asma. Udara pantai konon katanya baik bagi pernapasan. dengan begitu Pantai Parangtritis mempunyai banyak manfaat tersendiri.

Advertisement

2. Pantai Depok

Photo by Instagram

Photo by Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Depok? Setelah berkunjung ke pantai Parangtritis biasanya wisatawan akan berkunjung ke Pantai Depok untuk menikmati pemandangan tersendiri dari Pantai Depok. Pantai Depok masih sederetan dengan Pantai Parangtritis, di Pantai Depok terkenal dengan pasar ikan laut yang murah dan langsung bisa dimasak di rumah makan di area Pantai Depok maupun bila ingin dibawa pulang juga bisa untuk dikonsumsi di rumah, untuk ikan-ikan yang berada di pasar yang berdekatan dengan pantai depok adalah ikan yang masih fresh dari nelayan sehabis berlaut lalu disetorkan kepada penjual di pasar, oleh karena itu di pinggiran pantai depok banyak kapal-kapal yang sedang bersinggah di situ sehabis berburu ikan laut.

Selain itu juga Pantai Depok juga mempunyai pemandangan tersendiri pada saat matahari terbenam, banyak wisatawan yang berburu moment matahari terbenam di Pantai Depok karena mempunyai keunikan tersendiri untuk mendokumentasikan moment tersebut bersama keluarga maupun teman dan bisa juga dengan pasangan Anda.

3. Pantai Samas

Photo by Instagram @hyoubie

Photo by Instagram @hyoubie via https://www.instagram.com

Pantai Samas adalah pantai yang terkenal dengan konservasi penyunya. Di Pantai Samas pengunjung dapat menyaksikan pembesaran penyu, dan ada juga telur penyu yang masih dikubur di dalam pasir, dan bila dapat waktu yang beruntung pengunjung dapat melepaskan penyu tersebut ke alamnya langsung, dengan begitu pengunjung mendapat hiburan sekaligus mendapat pengetahuan tentang penyu yang ditangkarkan di tempat konservasi tersebut.

Pantai Samas juga tidak kalah cantiknya dengan pantai yang lainnya, Pantai Samas selain terkenal dengan penyunya, Pantai Samas terkenal dengan layang-layang naga yang ada setiap hari Sabtu dan Minggu di bibir Pantai Samas. Selain itu juga banyak wisatawan yang mengejar matahari terbenam di Pantai Samas, oleh karena itu setiap sore Pantai Samas dipenuhi dengan wisatawan yang datang dari luar kota maupun dalam kota karena tidak ingin melewatkan moment matahari terbenam di Pantai Samas.

4. Pantai Goa Cemara

Photo by Instagram @wisatayogyakartaku

Photo by Instagram @wisatayogyakartaku via https://www.instagram.com

Siapa sih yang ga kenal dengan Pantai Goa Cemara ini? 

Pantai Goa Cemara mempunyai 2 pemandangan, yaitu pantai pasir hitam dan banyaknya pohon cemara, pantai goa cemara sering kali digunakan untuk foto prewedding dikarenakan banyaknya pohon cemara dan sejuk untuk dilihat. 

Pantai Goa Cemara yang letaknya masih sederetan dengan pantai samas sering sekali dikunjungi oleh wisatawan yang sedang liburan ke pantai pasir hitam, maka dari itu yang terkenal dengan Pantai Goa Cemara yaitu banyaknya pohon cemara yang masih asri, pohon cemara yang berada di pantai samas sangat dijaga dan dirawat oleh petugas Pantai Samas, oleh karena itu bila ada yg ingin camping di samping pohon cemara sangat tidak diperbolehkan karena bisa membuat pohon cemara tersebut mati.

5. Pantai Baru

Photo by Instagram @diryann

Photo by Instagram @diryann via https://www.instagram.com

Pantai Baru mungkin masih terdengar asing di telinga kalian, Pantai Baru juga masih termasuk deretan pantai pasir hitam yang direkomendasikan, seperti halnya Pantai Goa Cemara.

Pantai Baru juga mempunyai pohon cemara yang disusun secara rapi dan tidak berantakan, lalu di tengah pohon cemara di Pantai Baru tersebut digunakan untuk jalanan ATV yang disewakan di Pantai Baru. Oleh karena itu setiap pengunjung yang datang di pantai baru tidak lupa untuk menyewa ATV lalu digunakan untuk berjalan-jalan sambil menikmati pohon cemara yang ada di pinggiran jalan ATV. Dan untuk pantainya sendiri juga sama halnya seperti Pantai Goa Cemara, tetapi pantai baru memiliki pantai yang curam, sehingga pengujung dilarang keras untuk mandi maupun bermain air di sekitaran pantai tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

seorang pemuda yang ingin belajar menulis artikel sendiri dan sukses menjadi penulis

CLOSE