6 Bahan Makanan Sehat yang Praktis Sekaligus Bergizi. Cocok Banget untuk Pelengkap Makanan Sehari-hari

Yuk mulai ubah pola makanmu jadi makin bergizi

Padatnya aktivitas seringkali membuat kita mengabaikan nutrisi pada setiap makanan yang dikonsumsi. Saat di rumah mungkin ada banyak waktu untuk mengolah bahan makanan sesuai dengan porsi sehat. Berbeda saat di luar rumah, apalagi di kanan kiri jalanan para pedagang menjual aneka makanan yang sangat menggoda selera.

Namun harus diingat, makanan tersebut tidak sepenuhnya baik untuk pencernaan dan memiliki nutrisi yang cukup untuk tubuh. Maka sangat disarankan berbekal makanan sehat yang praktis, namun memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Yuk simak 6 makanan sehat berikut ini.

Advertisement

1. Roti Gandum

photo by pineapple studio

photo by pineapple studio via https://www.istockphoto.com

Roti gandum adalah salah satu jenis roti yang memiliki kandungan serat tinggi dan rendah lemak. Berbeda dengan roti tawar putih, tekstur roti gandum sedikit lebih kasar tapi nutrisinya sangat baik untuk pencernaan.

Ada protein, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan masih banyak lagi. Selain itu, roti ini sangat mudah didapat di supermarket, pasar, atau marketplace. Perlu untuk mencermati kemasan roti gandum sebelum membeli.

Advertisement

Pastikan kamu memilih roti gandum yang rendah kalori atau terbuat dari gandum utuh. Kemasan roti gandum yang praktis sangat cocok untuk bekal makan siang, atau camilan saat perut lapar saat malam hari.

2. Yoghurt

photo by Lilechka75

photo by Lilechka75 via https://www.istockphoto.com

Minuman satu ini terkenal sebagai minuman pelancar pencernaan dan solusi untuk diet sehat. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti vitamin B, fosfor, kalium, dan magnesium.

Selain itu juga tinggi protein yang bagus untuk menambah energi dan memulihkan nafsu makan. Nah, saat ini banyak produk yoghurt yang praktis dan mudah dijumpai di minimarket terdekat.

Advertisement

3. Edamame

Photo by PamelaJoeMcFarlane

Photo by PamelaJoeMcFarlane via https://www.istockphoto.com

Ukurannya memang kecil tapi khasiatnya terbukti mampu atasi banyak penyakit. Tidak heran di Jepang, banyak makanan yang menggunakan edamame sebagai bahan masakan.

Kacang kedelai yang berwarna hijau ini cocok untuk dijadikan camilan karena terbukti bebas gluten dan rendah kalori. Selain itu juga praktis karena kita bisa merebusnya sendiri di rumah kemudian dibawa untuk bekal makan siang di tempat kerja. Buat kamu yang bekerja di malam hari, cocok banget untuk mengonsumsi jenis kacang satu ini.

4. Ubi Rebus

Photo by 4kodiak

Photo by 4kodiak via https://www.istockphoto.com

Nah, makanan satu ini terkenal dengan sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, ubi rebus menjadi makanan yang solutif untuk diet lo, karena mengandung vitamin, protein, serat, dll.

Ubi rebus jauh lebih sehat karena tidak mengalami banyak teknik pengolahan sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Harganya pun sangat terjangkau di pasar tradisional maupun di supermarket. Rasa manis yang alami dan tentunya menyehatkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi maupun camilan bareng keluarga.

5. Buah Segar

Photo by Leonori

Photo by Leonori via https://www.istockphoto.com

Nah, buah adalah solusi dari banyak permasalahan kesehatan. Buah sebagai sumber asupan vitamin dan mineral serta antioksidan yang mampu melawan radikal bebas juga menjaga sistem daya tahan tubuh. Dokter selalu menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari karena buah mampu menurunkan risiko penyakit. Beberapa buah yang dapat dikonsumsi sehari-hari di antaranya pisang, pepaya, dan mangga.

6. Keripik Rendah Kalori

Photo by Mila Naumova

Photo by Mila Naumova via https://www.istockphoto.com

Keripik atau chips terkenal dengan kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Namun, saat ini banyak inovasi dari snack sehat dan praktis. Sebelum membelinya kamu harus selektif terhadap kandungan nutrisi yang ada pada bungkusnya. Snack jenis keripik ini sangat mudah dijumpai di minimarket terdekat. Selain itu bentuknya yang tipis dan tekstur yang renyah dikemas dengan praktis sehingga cocok untuk segala kondisi.

Nah, 6 makanan di atas dapat kamu jadikan referensi saat terjebak macet, santai bareng keluarga, atau saat lapar di malam hari. Jangan lengah untuk selalu memperhatikan nutrisi pada setiap makanan, karena itu penting untuk tubuhmu. Makanan yang sehat dan bergizi itu mudah dicari. So, selalu perhatikan nutrisi pada makanan ya, Sohip!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sebisa mungkin untuk berbagi apapun yang ku ketahui. Asal baik, kebahagiaan tak hanya dirasakan seorang diri

CLOSE