Bingung Plih Jurusan? Ini Dia 6 Jurusan Untuk Kamu Si Introvert!

Beberapa jurusan yang bisa jadi pilihan kamu yang nggak suka bertemu dengan banyak orang.

Tipe kepribadian introvert pada umumnya lebih menyukai ketenangan dan lebih suka menyendiri. Seringkali para introvert merasa minder karena mereka menganggap diri mereka tidak sehebat orang-orang pandai beradaptasi. Para introvert ini biasanya cenderung menghindari bertemu dengan banyak orang baru. Nah, bagi orang yang memiliki kepribadian introvert sangat penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadiannya, lho. Bayangkan saja apabila kamu yang memiliki kepribadian introvert lalu memilih jurusan yang diharuskan berbicara dihadapan banyak orang, tentu saja hal itu akan membuat diri kamu tidak nyaman, kan? Berikut ini 6 jurusan yang dapat kamu pilih!

Advertisement

1. Teknik Informatika

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels via https://www.pexels.com

Jurusan ini cocok untuk kamu yang menyukai bidang teknologi dan suka mengotak-atik komputer. Dalam jurusan ini hampir keseluruhan proses pembelajarannya hanya berkaitan dengan pengoperasian komputer. Jadi tidak memerlukan interaksi dengan banyak orang lain, lho. Jika kamu masuk pada jurusan Teknik Informatika, kamu dituntut untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan, misalnya menangani program, coding, ataupun memperbaiki hal-hal teknis yang pastinya berhubungan dengan komputer.

Selain itu, lulusan jurusan Teknik Informatika sangat dicari karena pada masa sekarang ini hampir semua bidang berkaitan dengan teknologi. Jadi untuk kamu yang berminat jangan ragu untuk memilih jurusan ini ya!

Advertisement

2. Sastra

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Nah, ini dia jurusan yang paling banyak dipilih oleh para introvert. Jurusan ini berkaitan erat dengan hal-hal yang berhubungan dengan kepenulisan, sehingga banyak dipilih oleh mereka yang berkepribadian introvert. Mereka yang berkepribadian introvert cenderung lebih suka mengungkapkan perasaan lewat tulisan sehingga jurusan ini dianggap cocok untuk mereka.

Jurusan sastra sendiri cukup beragam, mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Daerah, Sastra Inggris, dan sastra asing lainnya. Lulusan jurusan Sastra nantinya tidak hanya menjadi penulis, namun juga bisa terjun menjadi Content Writer.

3. Ilmu Perpustakaan

Foto oleh Maggie Zhan dari Pexels

Foto oleh Maggie Zhan dari Pexels via https://www.pexels.com

Bagi kamu yang suka membaca jurusan ini perlu dipilih. Di dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang informasi teknologi, manajemen, pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data. Apabila kamu menyukai suasana yang berhubungan dengan buku dan ketenangan serta ingin berkarir dibidang perpustakaan atau pengarsipan jurusan ini cocok banget untuk kamu.

4. Akuntansi

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Foto oleh Pixabay dari Pexels via https://www.pexels.com

Untuk kamu yang suka menghitung, jurusan Akuntansi bisa jadi pilihan. Jurusan ini berkaitan erat dengan perhitungan dan ketelitian. Jadi jika ingin memilih jurusan ini diusahakan kamu mempunyai ketelitian. Bidang akuntansi ini cocok untuk kamu yang berjiwa introvert karena pada pembelajarannya kamu tidak diharuskan banyak bicara, cukup dengan menghitung dengan teliti dan disiplin. Pada jurusan ini kamu akan belajar cara menyiapkan, menyusun, dan memeriksa suatu laporan keuangan. Lulusan jurusan Akuntansi ini bisa bekerja sebagai tax accountant, auditor, dosen, compliance officer, dan lain sebagainya baik di organisasi, perusahaan, pemerintahan, ataupun institusi.

5. Sains

Foto oleh Edward Jenner dari Pexels

Foto oleh Edward Jenner dari Pexels via https://www.pexels.com

Kamu suka bereksperimen? Jurusan Sains cocok untuk kamu yang hobi meneliti dan bereksperimen. Di dalam jurusan Sains kamu akan belajar tentang cara meneliti yang benar, membuat laporan penelitian, dan lain sebagainya. Selanjutnya, hasil dari penelitian yang sudah kamu lakukan harus ditulis dalam bentuk jurnal. Nah, penyusunan jurnal penelitian inilah yang menjadi kegiatan sehari-hari para mahasiswa jurusan Sains.

Jurusan Sains memiliki beberapa cabang ilmu seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan lain sebagainya. Jurusan ini sangat cocok dengan kamu yang berkepribadian introvert karena pada kegiatannya kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian baik di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium.

6. Desain Grafis

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Foto oleh Pixabay dari Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu orang berkepribadian introvert yang suka menggambar, jurusan ini cocok untuk kamu. Di dalam jurusan ini kamu akan belajar mengenai teknik, penguasaan suatu program tertentu, dan hal-hal yang berkaitan dengan grafis. Seorang Desainer Grafis biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengeksplor ide-ide baru untuk pekerjaannya. Jika masuk ke dalam jurusan ini kamu dapat mengasah dan mengembangkan bakat menggambar kamu, lho.

Nah, itulah beberapa jurusan yang bisa kamu jadikan referensi yang sesuai dengan kepribadian kamu yang gak suka berhadapan dengan banyak orang. semoga tulisan ini dapat membantu kamu yang akan memasuki dunia kampus!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Tinggal di Pemalang, Jawa Tengah

CLOSE