5+ Rekomendasi Kegiatan Mahasiswa yang Nggak Kalah Asyik dengan Organisasi di Kampus. Maba Wajib Tahu nih!

kegiatan mahasiswa asyik di kampus

Selama menjadi mahasiswa tentu saja kita diberi ruang dan kebebasan agar dapat mengembangkan skill yang kita punya. Selain dikembangkan, mungkin dengan mengikuti berbagai macam kegiatan kita akan mendapatkan banyak skill baru yang sangat bermanfaat untuk menunjang masa depan.

Namun, terkadang seringkali kita merasa jenuh dengan suasana kampus sehingga malas mengikuti kegiatan di dalamnya. Bahkan berbagai kendala lain pun muncul seperti jarak dari rumah ke kampus yang sangat jauh, fisik mudah lelah sehingga setelah kuliah rasanya ingin cepat-cepat pulang untuk beristirahat, berbagai kegiatan kampus yang dirasa tidak seru lantaran tidak sesuai minat, dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang  merasakan kondisi seperti, berikut ini ada berbagai tips agar skill kamu tetap berkembang meskipun tidak mengikuti organisasi di dalam kampus.

Advertisement

1. Join volunteer di luar kampus

Photo by ray sangga kusuma on Unsplash

Photo by ray sangga kusuma on Unsplash via https://unsplash.com

Nah, salah satu kegiatan di luar kampus yang aku saranin banget adalah ikut kegiatan volunteer atau relawan. Kegiatan volunteer ini terdiri dari dua macam, yaitu event volunteer dan social volunteer. Kamu bisa pilih mana saja jenis kegiatan volunteer yang kamu suka. Seperti event volunteer yaitu kegiatan volunteer yang mengurusi berbagai macam event besar di luar kampus seperti event konser musik, perlombaan, festival, dan masih banyak lainnya.

Terkadang selain mendapatkan pengalaman, beberapa event akan memberikan fee tambahan sebagai hasil kerja kita mengurusi event tersebut. Biasanya kegiatan event volunteer tidak terlalu mengikat lama keanggotaannya, cukup sampai event tersebut selesai, kegiatan pun selesai.

Advertisement

Selain event volunteer, ada juga social volunteer yang merupakan kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti mengajar anak-anak yang putus sekolah di desa pedalaman, memberikan sembako rutin kepada masyarakat yang membutuhkan, membersihkan lingkungan seperti pantai atau kota, menanami tanaman di lahan yang gundul, membantu menjaga satwa yang dilindungi, dan masih banyak lagi jenisnya bisa kamu pilih sesuai bidang minatmu. Biasanya informasi open recruitment volunteer dipromosikan lewat social media seperti di Facebook atau Instagram.

2. Mengikuti part time

Photo by Ali Yahya on Unsplash

Photo by Ali Yahya on Unsplash via https://unsplash.com

Part time atau disebut dengan bekerja paruh waktu juga aku saranin buat kamu yang ingin menambah pengalaman sekaligus menambah uang jajan juga. Biasanya part time yang biasa diikuti mahasiswa adalah menjadi barista di kedai kopi, waiter, pengajar les privat, pemandu wisata, personal assistant, dan masih banyak lagi.

3. Untukmu yang memiliki jiwa bebas, menjadi freelancer adalah hal yang tepat

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Untuk kamu yang memiliki jiwa bebas tetapi ingin juga mendapatkan pengalaman sekaligus uang tambahan, menjadi freelancer adalah solusinya. Freelance merupakan pekerjaan lepas dimana pekerjaan tersebut tidak terlalu mengikat sehingga bisa dikerjakan kapanpun semau kita dengan masa yang sudah ditentukan oleh perekrut kita. Pekerjaan lepas yang sering diikuti mahasiswa yaitu pekerjaan menjadi desainer, penulis lepas,  fotografer, tutor atau guru les privat, penerjemah, pemain musik dan masih banyak lagi.

Advertisement

4. Menjadi asisten dosen atau praktikum

Photo by You X Ventures on Unsplash

Photo by You X Ventures on Unsplash via https://unsplash.com

Untuk kamu yang senang berkecimpung di dunia akademik dan tidak terlalu minat mengikuti kegiatan yang lain, menjadi asdos/asprak adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Menjadi Asdos akan membantumu mengembangkan skill komunikasi juga di depan umum karena kamu sudah terbiasa menjelaskan materi-materi kuliah di depan adik tingkat, selain itu, kamu akan semakin mengerti dan tidak lupa dengan materi kuliah yang sudah terlewati semester kemarin karena selalu diulang untuk diajarkan ke adik tingkat.

5. Rajin mengikuti seminar atau workshop

Seminar atau Workshop

Seminar atau Workshop via https://www.avpartners.com

Mengikuti seminar dan workshop juga merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang bermanfaat karena kita selalu mendapatkan ilmu-ilmu baru dari sang narasumber yang sangat mungkin bisa kita aplikasikan. Selain itu, kegiatan seminar/workshop juga memberikan kita motivasi, memberikan kita berbagai macam tips dalam melakukan berbagai hal, dan tentunya akan mendapat relasi pertemanan baru.

6. Mengikuti berbagai macam lomba

Untuk kamu yang memiliki jiwa kompetisi dan ingin sekali menunjukkan berbagai macam karya ke publik, tentunya mengikuti lomba adalah kegiatan yang aku saranin banget. Mengikuti berbagai macam lomba akan menjadi pengalaman yang berkesan untuk diri sendiri, terlebih jika kamu lolos final dan diberi kesempatan untuk jalan-jalan ke berbagai daerah bahkan negara untuk menunjukkan berbagai karyamu.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak relasi pertemanan dari teman-teman berbagai kampus lain yang juga sedang mengikuti lomba denganmu.

7. Berwirausaha

Wirausaha

Wirausaha via http://liputan6.com

Untuk kamu yang memiliki jiwa-jiwa bisnis dan setelah lulus kuliah ingin menjadi pengusaha, berwirausaha sejak di masa-masa kuliah adalah pilihan yang tepat. Memulai usaha sejak dini akan melatihmu untuk menjadi pengusaha yang sukses di masa depan, hal ini lantaran kamu sudah merasakan jatuh bangun saat pertamakali memulai usaha sehingga kedepannya kamu akan memiliki jiwa pondasi wirausahawan yang kuat untuk ketika mengembangkan bisnis usahamu.

Nah, itulah beberapa tips dan rekomendasi dari aku untuk kamu yang ingin mengembangkan skill dengan mengikuti berbagai unit kegiatan selain di dalam kampus. Sehingga jangan khawatir jika kamu mempunyai banyak kendala untuk tidak mengikuti kegiatan di dalam kampus, karena mendapatkan pengalaman dan relasi pertemanan tentu tidak hanya bergantung pada satu pintu saja dan tentu saja masih banyak pintu lain yang terbuka lebar untukmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Professional dreamer

Editor

une femme libre

CLOSE