Salah satu balada orang yang baru lulus SMA dan memasuki perkuliahan adalah merasa salah jurusan. Orang yang merasa salah jurusan biasanya berada di persimpangan jalan, mau bertahan atau pindah jurusan?

Ketika menghadapi hal ini tidak jarang kita stres karena merasa ini bukan renjana (passion) yang tepat. Nah, kalo udah ngerasa salah jurusan semangat kuliah mendadak menurun drastis bahkan nggak ada semangat sama sekali untuk berangkat ngampus.

Tapi apa bener kamu salah jurusan? Terus gimana cara mengatasinya?

Yuk simak tipsnya!

1. Jangan skeptis

Advertisement

Jangan skeptis. Siapa tau kamu hanya kaget dengan pelajaran-pelajaran baru yang tidak ada pada masa SMA tetapi tiba-tiba ada di dalam perkuliahan. Atau juga mungkin kamu kaget dengan tugas-tugas yang menumpuk serta materi yang sulit. Coba dulu untuk belajar dan mengerti. Jangan-jangan kamu hanya butuh waktu untuk mengerti aja bukan benar-benar salah jurusan.

2. Melihat ke depan

Masa Depan

Masa Depan via https://www.google.com

Dunia akan terus berputar, sama sekali nggak berhenti saat kamu salah jurusan. Cobalah untuk melihat ke depan. Singkirkan perasaan salah jurusan yang membuat kamu terpuruk. Ingat orangtua yang senantiasa mendukung baik secara moril maupun materil. Mereka ingin melihat kamu wisuda, memakai toga. Bayangkan senyum itu di wajah orangtuamu.

Jika nanti saat kamu lulus, memang benar salah jurusan, mulailah kejar renjanamu setelah orang tua bahagia.

3. Coba cerita ke sahabat

Advertisement

Setiap masalah tidak baik jika dipendam dalam hati sendirian, nanti bisa sakit. Cobalah untuk cerita kepada sahabat dekat mengenai beban pikiranmu. Jika perlu menangis, menangislah! Lampiaskan seluruh perasaan kecewamu.

Mungkin tidak akan memberikan solusi, tetapi yakinlah itu akan membuat perasaanmu lebih baik.

4. Cari renjanamu dengan ikut UKM

Di kampus terdapat banyak unit kerja mahasiswa (UKM) yang mungkin sama sekali tidak berhubungan dengan jurusanmu tetapi bisa jadi salah satunya adalah renjanamu. UKM di kampus membantu kamu untuk lebih mengembangkan diri dari sisi yang lain.

5. Cari teman belajar

Belajar Bersama

Belajar Bersama via https://www.google.com

Kalau proses belajar menjadi masalahnya, kamu bisa mencari teman untuk belajar bareng. Dengan belajar bareng, kalian bisa saling bertukar pikiran dan saling memotivasi. Sebagai sesama teman seperjuangan kalian juga bisa sering-sering mengunjungi perpustakaan karena banyak buku-buku yang dapat menunjang pekuliahan.

6. Hidup harus terus berlanjut

Melangkah

Melangkah via https://www.google.com

Apapun yang terjadi hidup harus terus berlanjut. Tetaplah berpikiran positif karena belum tentu kamu salah jurusan. Tetapi andai kata salah pun, tidak ada perkuliahan yang sia-sia, pasti nantinya akan bermanfaat untuk hidup kamu ke depan.

Semangat untuk kamu yang sedang menghadapi balada salah jurusan, tetap kejar renjanamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya