Rutinitas Baru di New Normal, 5 Cara Aman Sampai di Rumah Setelah Seharian Beraktivitas

Tips menjaga kesehatan setelah beraktivitas di luar!

Negara Indonesia, merupakan salah satu negara yang terpapar virus covid-19. Meski beberapa kota di Indonesia saat ini masih berstatus masa transisi, namun banyak juga di antaranya sudah menerapkan New Normal. Dengan begitu, artinya saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasanya tentu dengan syarat tertentu, yakni patuh terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Tidak hanya ketika sedang di luar rumah saja, tapi kalian juga harus memperhatikan berbagai protokol kesehatan lainnya. Salah satunya protokol kesehatan ketika memasuki rumah setelah beraktivitas seharian! Penasaran bukan? Simak informasi berikut ini!

Advertisement

1. Tidak langsung membawa masuk barang bawaan

Barang bawaan

Barang bawaan via http://www.pexels.com

Agar tetap steril, usahakan barang yang kalian bawa untuk beraktivitas tidak langsung masuk ke dalam rumah! Tinggalkan barang bawaan mulai dari tas, dompet, sepatu, aksesoris, dan yang lainnya. Cara ini menjadi sebuah alternatif agar kita tetap aman di rumah! Karna, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa virus corona bisa bertahan berjam-jam hingga berhari-hari pada suatu permukaan benda.

2. Semprot barang bawaan dengan disinfektan

Disinfektan

Disinfektan via http://www.pexels.com

Untuk mempermudah, sediakan disinfektan ini di luar rumah juga! Pastikan barang bawaan tadi disemprot tanpa ada yang terlewat ya, termasuk gadget kalian! Setelah itu, kalian bisa menjemur barang-barang tersebut sampai kering, baru kalian bisa membawa semuanya ke dalam rumah!

3. Cuci tangan minimal 20 detik

Cuci tangan

Cuci tangan via http://www.pexels.com

Eeeeeeeitssss, tidak hanya barang bawaan saja ya! Kalian juga tetap harus membersihkan diri sebelum masuk ke rumah dengan memcuci tangan minimal 20 detik dan pastikan tidak ada yang terlewat ya. Kemudian, untuk lebih steril lagi kalian bisa menggunakan hand sanitizer setelah kalian membuka pintu rumah.

4. Rendam pakaian

Merendam pakaian

Merendam pakaian via http://www.pexels.com

Begitu masuk ke rumah, jangan santai-santai dulu! Kalian harus langsung membersihkan diri dengan merendam semua pakaian yang kalian pakai untuk beraktivitas seharian pada ember yang telah diisi dengan detergen dan air.

5. Mandi

Advertisement

Jika sudah, kalian bisa langsung segera mandi untuk membunuh kuman, bakteri, ataupun virus yang mungkin saja masih menempel di tubuh. Bonusnya, badan kalian jadi seger, bersih, wangi, dan nyaman dipakai untuk beraktivitas!

Nah, jika semua prosedur di atas sudah selesai dilakukan, kalian bisa langsung beristirahat tanpa khawatir ada kuman ataupun virus yang masih menempel. Meskipun cara ini terlihat agak ribet dan mager untuk dilakukan, namun cara ini sangat bermanfaat untuk diri kalian sendiri loh! Selain itu, kita juga bisa menjaga orang yang kita sayang agar terhindar dari virus, bakteri, maupun kuman yang terbawa setelah beraktivitas didalam rumah.

Terimakasih yang sudah membaca! Semoga kita selalu sehat dan terjaga dari virus covid-19, juga berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE