Hal apa yang paling menyedihkan, yang bisa terjadi dalam diri manusia? Nganggur? Atau jadi jomblo saat usia tak lagi muda? Atau justu keduanya saat ini sedang kamu alami? Ibaratnya, sudah nggak ada alas an untuk bertahan hidup.

Hei, tak apa. Toh jadi jomblo saat nganggur bukan akhir segalanya. Dan yang mengalami itu juga bukan hanya kamu seorang. Terus berusaha, dan ingat 5 hal ini saat hatimu goyah dan rasanya ingin terus mengeluh. Percayalah, hidupmu kelak akan berubah! Eits, asal kamu mau berusaha…

1. Ingat terus ya bahwa kamu masih punya mimpi yang layak dikejar sampai nanti

kejar mimpimu terus

kejar mimpimu terus via https://unsplash.com

Ingatkah kamu, sejak kamu duduk di bangku Sekolah Dasar, kamu memiliki cita-cita. Walau seiring kamu tumbuh dewasa cita-cita itu terus berubah, tapi, kamu masih memiliki sesuatu yang sampai saat ini kamu bisa pegang erat tersebut.

Entah apa cita-citamu sekarang, guru, dosen, atau penulis sekalipun, itulah cita-citamu. Saat kamu lelah kesana-kemari mencari pekerjaan, ingatlah bahwa kamu sudah menggengam cita-cita tersebut sangat lama. Dan kamu, hanya tinggal selangkah lagi untuk menjadikannya nyata.

2. Saat kamu ingin menyudahi segalanya, ingatlah ada banyak orang yang ingin menjadi kamu

ada yang ingin menjadi kamu

ada yang ingin menjadi kamu via https://medium.com

Advertisement

Saat memandangi teman-teman yang nampak sukses dengan segala kehidupan mereka, kamu mendadak jadi kerdil. Kamu, bukan apa-apa bagi mereka. Namun, pernahkah kamu sadari, bahwa banyak yang menginginkan menjadi kamu, dengan segala apa yang belum kamu miliki, mereka ingin menjadi kamu.

Jangan menyerah, jangan habiskan waktumu hanya untuk menonton kehidupan orang lain. Syukuri apa yang kamu punya sekarang, dan perjuangkan apa yang ingin kamu miliki di masa depan nanti.

3. Untuk mendapatkan pasangan yang baik, kamu pun harus baik. Yakin mau menyerah sekarang?

jangan menyerah dulu

jangan menyerah dulu via https://unsplash.com

Siapa sih yang nggak mau berjodoh dengan orang baik? Kamu pastinya juga mau bukan, memiliki jodoh yang bisa membahagiakan sampai rambut tak lagi hitam dan keriput mulai merubah parasmu?

Advertisement

Nah, gampang kok kalau mau berjodoh dengan orang baik. Kamu hanya perlu bertahan, berlari lebih kencang dan berusaha lebih giat dalam hal mencari pekerjaan sekalian memantaskan diri. Sebab, jika kamu masih uring-uringan, mudah goyah dan terus mengeluh lelah, hal tersebut akan memperlambat datangnya jodohmu sendiri.

Sebab jodoh adalah cerminan diri…

4. Saat lelah, pahami dan ingat selalu, bahwa orangtuamu tak pernah mengeluh untuk membahagiakanmu

ada kebahagiaan orangtua yang perlu dipertahankan

ada kebahagiaan orangtua yang perlu dipertahankan via https://writingcooperative.com

Paham kok kalau kamu lelah, kesana kemari mencari pekerjaan dan sedih karena jomblo dan nggak ada yang menghibur sekalian mengerti kamu. Tapi coba deh kamu pikir-pikir lagi, capek mana kamu dengan orang tuamu yang sudah merawar kamu semenjak kamu dalam perut ibu, menomor duakan keinginan mereka supaya kamu mendapatkan hidup yang layak. Ibu dan Bapakmu, berpeluh dari pagi sampai malam, tapi mereka tidak mengeluh.

Kamu nggak malu?

5. Kamu sudah berlari sejauh ini, sudah terjatuh berulang kali. Yuk, hargai sakitmu sendiri dengan jadi sukses hasil usaha sendiri

kamu sudah sejauh ini

kamu sudah sejauh ini via https://www.effectivechurchcom.com

Menjadi kamu, tentu tidak mudah, tentu lelah, tentu sakit. Kamu berusaha, menjadikan tangan sebagai kaki, berpikir sampai sakit kepala. Apa tidak sia-sia jika kini kamu mulai berpikiran untuk menyerah dan menyudahi perjuanganmu sendiri? Hei, sadarlah. Kamu tinggal beberapa langkah lagi ke depan untuk meraih apa yang ingin kamu raih. Hargai luka-luka dan peluh yang keluar dari tubuhmu. Roda kehidupan, pasti akan membawa kamu ke tempat yang lebih tinggi, dengan segera.

Tidak akan lama lagi, percayalah.

Setiap orang memiliki perjuangannya sendiri, memiliki jalan hidupnya masing-masing. Bila kini kamu jomblo dan nganggur, itu fase hidup yang perlu kamu lewati saja, kok. Tinggal bagaimana kamu mau melanjutkan langkah atau tidak, mau bertahan atau justru memilih menyerah. Coba, diingat dan direnungi 5 hal di atas tadi. Betapa emannya jika kamu memilih mundur hanya karena lama ngejomblo dan jadi pengangguran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya