Menulis sebuah karya tulis merupakan suatu hal yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi untuk para pemula seperti kalian, yang enggak pernah nulis karangan sama sekali, kecuali kalau lagi dapat tugas dari guru killer (itupun juga terpaksa ngerjainnya).

Tapi anehnya, ketika melihat teman kita menulis sebuah karangan, sepertinya sesuatu yang gampang. Yah, kalau cuma ngelihat sih, gampang. Tapi, saat kita mencoba menulis karya tulis sendiri, kita menemukan berbagai masalah yang lebih rumit daripada masalah dengan si dia.

Perlu kalian semua ketahui, yang membaca artikel ini ada tiga jenis manusia. Pertama mereka yang benar-benar ingin tahu caranya bikin karangan. Kedua, mereka yang lagi enggak punya kerjaan, atau bahasa umumnya, tersesat dalam artikel ini. Ketiga, mereka yang lagi dapat tugas dari guru killer dan mereka tidak tahu apa-apa.

Ya, saya menghargai mereka yang benar-benar ingin belajar, dan saya ucapkan selamat datang. Untuk yang kesasar, saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, agar kalian mendapat petunjuk dan bisa menemukan tujuan hidup kalian. Dan untuk yang lagi dapat tugas dari guru killer, tenang saja, saya akan berikan solusi dari masalah kalian, biar enggak kena marah sama guru killer. Pokoknya, saya ucapkan selamat datang pada kalian semua.

Mulai paragraf ini, saya akan mulai berbicara serius, karena kehidupan ini bukan permainan. Ya, seperti itu pembukaan dari saya, kita akan langsung pada pembahasan tema. Di sini, saya akan berbagi ilmu tentang trik membuat karya tulis semudah membalik tangan, agar enggak kena semprot sama guru killer. Masalahnya, saya dulu juga pernah jadi korban keganasan mereka, dan saya enggak pingin hal buruk itu menimpa orang-orang lemah seperti kalian. hehehe.

Sebelum berbicara banyak tentang tips dan trik membuat karya tulis, kita harus mengerti dan paham terlebih dahulu tentang kerya tulis. Langsung saja, karya tulis adalah sebuah karangan yang berbentuk tulisan, berdasarkan hasil dari pemikiran, pengamatan dan penelitian.

Apabila ada yang masih belum paham, silahkan dibaca kembali,

Apabila sudah faham kita akan lanjutkan.

Karya tulis sendiri dibagi menjadi tiga macam, yaitu karya tulis ilmiah, karya tulis non-ilmiah dan karya tulis populer. Untuk kakak-kakak yang telah memasuki jenjang perguruan tinggi, biasanya akan banyak menemui tugas tentang karya ilmiah. Saran saya sih, persiapan fisik dan mental saja.

Baik, setelah mengetahui tentang pengertian dan juga jenis-jenis karya tulis, tibalah saatnya pada inti materi, yaitu trik menulis karya tulis. Mohon untuk disimak baik-baik, karena saya tidak akan mengulang untuk yang kedua kalinya.

 

1. Menentukan Tema

karyapemuda

karyapemuda via https://karyapemuda.com

<p>Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan tema, karena tema ini ibarat tujuan dalam karya tulis. Apabila suatu karya tulis tidak memiliki tema maka akan sama seperti kalian yang tidak memiliki tujuan hidup (hidup terpontang-panting). Usahakan tema yang kalian ambil adalah sebuah tema yang kalian pahami dan kuasai.</p><p>Misalnya, kalian seorang pelajar IPA dan kalian ingin menulis sebuah karya tulis. Tema yang bisa kalian ambil yakni tema yang relevan dengan apa yang kalian pelajari. Misalnya perkembangbiakan hewan, hewan karnivora, hewan herbivora, hewan omnivora&nbsp;dan masalah IPA lainnya. Pokoknya, usahakan tema yang kalian ambil adalah tema yang kalian kuasai.</p>

2. Menyusun Kerangka Karangan

karyapemuda

karyapemuda via https://karyapemuda.com

<p>Setelah berhasil menentukan sebuah tema, kita memasuki trik yang kedua, yaitu menyusun sebuah kerangka karangan. Kerangka karangan ini akan mempermudah kalian dalam mengerjakan sebuah karya tulis (walaupun cuma artikel kayak gini, juga butuh kerangka). Kerangka karangan ini ibarat sebuah perencanaan dalam dalam suatu karya tulis.</p><p>Tujuan pembuatan kerangka karangan ini untuk menentukan pembahasan dalam suatu karya tulis, atau bisa dikatakan sebagai&nbsp;<strong>pemandu&nbsp;</strong>kita dalam membuat suatu karya tulis. Tanpa sebuah kerangka karangan, kita akan berjalan tanpa arah dan bingung dalam menentukan pembahasan.</p>

3. Mengambil Materi dari Sumber Terpercaya

karyapemuda

karyapemuda via https://karyapemuda.com

<p>Perlu diketahui, karya tulis adalah sebuah karangan yang berdasarkan sebuah fakta yang ada. Jadi, untuk pengambilan referensi materi saya sarankan dari website atau buku terpercaya, agar karya tulis kalian bisa bernilai dan bisa dipertanggungjawabkan.</p><p>Yang terpenting, supaya karya tulis kalian enggak divonis sebagai karya tulis sampah. Kan sayang kalau sudah&nbsp;susah-susah nulis&nbsp;, eh, malah dikata-katain. Pasti akan sakit hati juga, lebih sakit dari&nbsp;diputusin si&nbsp;dia<strong><em> </em></strong>malah.&nbsp;Jadi, untuk kalian yang akan mencari sumber, usahakan sumber yang kalian ambil benar-benar terpercaya.</p>

4. Belajar ke Orang yang Lebih Pandai

karyapemuda

karyapemuda via https://karyapemuda.com

<p>Jangan pernah malu untuk berteman dengan orang yang pandai, walaupun dianya galak, enggak cakep-cakep amat, atau orangnya nyebelin. Pokoknya dekati mereka deh, gunakan rayuan-rayuan maut kalian, karena mereka bisa menjadi oran yang akan&nbsp;membantu kalian dalam menyelesaikan karya tulis.</p><p>Coba bayangkan, kalau teman kita enggak ada yang pinter sama sekali, bukannya membantu,&nbsp;tapi malah nyusahin kita.&nbsp;Tapi bayangkan jika semua teman kalian adalah orang yang pandai. Wah,&nbsp;belum nanya saja udah pasti dibantu.</p>

5. Banyak-banyaklah Berdoa

karyapemuda

karyapemuda via https://karyapemuda.com

<p>Setelah kalian selesai melakukan semua hal di atas, jangan lupa berdoa. Mintalah agar dimudahkan dalam menulis karya tulis. Jangan lupa pula berdoa biar enggak dimarahi sama guru <em>killer</em>. Kalian juga harus nyadar,&nbsp;kalau kalian ini cuma makhluk yang banyak lupanya daripada ingatnya atau bisa dibilang makhluk yang enggak sempurna.&nbsp;</p><p>Pokoknya itu jangan lupa minta sama Allah.</p><p>Demikian tulisan saya pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat dan membantu masalah kalian. Tetapi saya tidak menjamin cara ini berhasil 100%. Pokoknya jangan pernah bosan untuk membaca, ya. Jangan baca ketika waktu ada tugas doang.</p><p>Selamat mencoba dan semoga berhasil.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>