Saatnya Perempuan Untuk Berwirausaha! 6 Tips yang Wajib Kamu Coba Untuk Menjadi Womenpreneur

pengusaha perempuan

Di masa milenial sekarang gender bukanlah penghalang  untuk memiliki impian besar dalam bidang bisnis. Mungkin anggapan diluar sana bisnis ataupun pengusaha merupakan peran seorang pria, tetapi masa sekarang sudahlah tidak berlaku. Tidak sedikit perempuan ikut berperan dalam dunia bisnis. Dan tidak diragukan perempuan juga bisa lebih sukses dari pria.

Ya, maraknya peran perempuan sebagai womenpreneur sudah tersebar di seluruh dunia. Tidak melulu menjadi seorang ibu yang hanya berpangku tangan dan merawat rumah serta anaknya. Kini perempuan sudah mulai berprogres membangun perubahan menjadi womenpreneur yang sukses. Alhasil womenpreneur menjadi motivasi untuk perempuan di luar sana agar berani menjadi perempuan yang cerdas dan berkompeten. Lalu bagaimana cara untuk menjadi womenpreneur? Apa saja yang harus di pahami dari seorang perempuan agar mempunyai mental untuk menjadi womenpreneur? Selengkapnya kita akan bahas di bawah ini.

Advertisement

1. Kenali potensimu

Photo by: Uprint.id

Photo by: Uprint.id via http://https

Memulai bisnis bisa dari hal yang kamu bisa dan yang kamu gemari. Karena itulah passion dari dirimu. Kenali kembali potensi yang ada, terus gali dan jadikan sebuah potensi menjadi peluang usaha. Potensi atau kemampuan juga bisa dilihat dari hobi yang kita miliki. Misalnya kamu memiliki hobi memasak, dari kegemaranmu ini kamu bisa memulai bisnis bidang kuliner. Ataupun hobi makan buah, dari sinipun kamu bisa ubah pola pemikiranmu, agar bukan hanya menjadi penikmat tapi bisa menjadi pengusaha buah.

2. Cari partner

partner yang tepat

partner yang tepat via https://unsplash.com

Dalam membangun sebuah bisnis, berdiri sendiri tanpa ada partner bukanlah hal yang mudah. Mencari partner juga bisa menjadikan teman bertukar pikir dan meringankan beban dalam menjalankan sebuah bisnis. Partner bisa kamu cari dari teman terdekatmu, teman satu passion denganmu ataupun dari keluargamu sendiri. Partner juga sangat berpengaruh dalam pengembangan bisnis, sebisa mungkin carilah partner yang sama-sama berkompeten.

Advertisement

3. Bangun relasi

bangun relasi

bangun relasi via https://unsplash.com

Enterpreneur sangat perlu memiliki jaringan yang luas. Jaringan sebagai target pemasaran ataupun  membantu pemasaran.
Relasi sangat dibutuhkan, karena biasanya teman terdekatlah yang akan membantu mempromosikan bisnismu dan mencobanya pertama kali. Relasi yang luas juga akan membuat bisnismu semakin luas dan mudah dikenal masyarakat.

4. Rencanakan bisnis dan target pasar

Photo By: Cermati.com

Photo By: Cermati.com via https://www.google.com

Enterpreneur dengan rencana bisnis yang sudah terstruktur sangatlah membantu dalam pengembangan bisnis itu sendiri. Rencanakan bisnismu dengan matang dan rapi di setiap tahapannya. Misalnya rencana dalam hal kemasan, pembuatan pamvlet promosi, pemasaran pertama dan lainnya. Ciptakan produkmu agar lebih menarik dari produk lain.
Kemudian tentukan target pasar yang pas sebelum kamu memulai berbisnis. Target pasar bisa disesuaikan dengan bisnis apa yang kamu mulai. 

5. Siapkan mental

siapkan mentalmu

siapkan mentalmu via https://unsplash.com

Tidak sedikit Enterpreneur yang gagal dan berhenti di tengah jalan saat berwirausaha karena memiliki mental yang belum siap.
Oleh karena itu bangunlah mental dalam diri agar benar-benar siap berwirausaha, siap jika mengalami kerugian, guncangan ataupun hal lain di luar perkiraan. Tetap tenang dan carilah solusi di setiap masalah dan bangun pikiran yang siap, bahwa dalam berbisnis rintangan itu pasti ada.

Advertisement

6. Lakukan sekarang!

lakukan sekarang

lakukan sekarang via https://unsplash.com

Setelah semua tahapan matang dan kamu merasa sudah mantap untuk memulai bisnis. Laukanlah sekarang jangan tunggu nanti. Karena selama semangat itu masih mengembara, kendala yang dihadapai tidak akan begitu terasa. Jalani bisnismu dengan telaten, ulet dan bertahap. Jangan langsung membuat bisnis yang sangat besar jika persiapanmu saja masih kurang. Maka dari itu, tekuni, teruslah melakukan promosi dan lakukan inovasi. 

Na,h itulah enam tips menjadi seorang womenpreneur. Semoga bisa membantu ya!

“Jadilah wanita yang cerdas dan berkompeten.”

Saatnya wanita menunjukkan bahwa gender bukan penghalang langkah dalam dunia usaha. Wanita bukan hanya duduk diam dirumah tapi wanita juga pantas membangun perubahan dan menjadi pemimpin. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Luqi Intalia ||Author|| Islamic Education IAIN Pekalongan

CLOSE