Sambil Nyantai, 5 Rekomendasi Akun Youtube dan Komunitas Sosial untuk Belajar Bahasa Asing Ini Bisa Kamu Coba~

Kalo gini sih nggak akan kerasa berat kan?

Corona Virus Disease atau covid-19 ini telah mengkabuti hampir seluruh negara di dunia. Kurang lebih sudah 9 bulan virus covid-19 ini mengkabuti Indonesia. Virus covid-19 ini juga mempengaruhi banyak sekali aspek kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat, seperti tentunya aspek kesehatan, perekonomian, sosial dan pendidikan. Karena covid-19 yang penularannya sangat mudah maka pemerintah menganjurkan untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, tidak berkerumun dan menghindari keramaian maka masyarakat dihimbau untuk berkegiatan dari rumah.

Oleh karena itu, untuk mengisi waktu luang di sela berkegiatan dari rumah, kita bisa belajar bahasa asing secara daring. Sebagaimana yang diketahui belajar bahasa asing banyak sekali manfaatnya, baik untuk asupan otak kita dan juga jika kita bisa bahasa asing akan mendapatkan nilai plus saat kita sudah memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, di waktu-waktu saat ini bisa dijadikan untuk kita belajar bahasa asing secara daring baik dari youtube maupun komunitas sosial yang akan dijelaskan berikut ini.

Berikut rekomendasi belajar bahasa asing dari youtube dan komunitas sosial bahasa :

Advertisement

1. BBC Learning English (Akun Youtube)

Youtube bbc learning english

Youtube bbc learning english via https://www.youtube.com

BBC Learning English ini adalah salah satu rekomendasi aku buat belajar bahasa Inggris. Di BBC Learning English banyak banget konten menarik untuk belajar bahasa Inggris. Konten dan penyampaian yang diberikan BBC Learning English juga asik banget dan tidak kaku karena penyampaian belajar bahasa Inggrisnya menggunakan gambar bergerak ataupun kartun dan juga dalam satu video durasi nya tidak terlalu lama.

Beberapa kontennya pun berisi cerita, berita ataupun sesuatu yang sedang hangat dibicarakan. Jadi, sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris juga untuk temen-temen yang tipe belajarnya senang dengan gambar bergerak.

Advertisement

2. Talk To Me In Korean (Akun Youtube)

Youtube talk to me in korean

Youtube talk to me in korean via https://www.youtube.com

Seperti namanya, akun youtube ini adalah akun youtube yang mengajarkan bahasa korea. Talk to me ini Korean ini adalah salah satu akun yang sangat direkomendasikan untuk belajar bahasa Korea, baik untuk pemula ataupun yang sudah punya dasar sebelumnya. Selain akun youtube, talk to me in Korean juga ada websitenya.

Konten youtube talk to me in Korean ini sangat menarik banget. Jadi penyampaian materi pembahasan nya disampaikan secara ringan walaupun sedang membahas pembahasan seperti tata bahasa. Seperti di dalam video tersebut dimasukkan lagu, dimana lirik dari lagu tersebut adalah lirik yang mengandung materi pembahasan.

Selain dengan lagu, di dalamnya juga ada semacan mini drama. Percakapan dari mini drama ini juga mengandung materi yang sedang di bahas dalam video tesebut. Disamping untuk belajar bahasa korea, talk to me in Korean penjelasannya disampaikan dengan bahasa inggris. Jadi di samping kamu belajar bahasa korea, kamu juga secara tidak langsung belajar bahasa Inggris.

Advertisement

3. Polyglot Indonesia

Instagram polyglot indonesia

Instagram polyglot indonesia via https://www.instagram.com

Sesuai dengan namanya polyglot atau seseorang yang mahir beberapa bahasa. Oleh karena itu polyglot Indonesia adalah komunitas sosial yang mewadahi untuk belajar beberapa bahasa asing. Jadi di dalam komunitas ini kita bisa belajar bukan hanya bahasa Inggris saja tapi kita bisa sekaligus belajar bahasa-bahasa dari negara lain.

Banyak banget bahasa yang ditawarkan polyglot untuk dipelajari seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa China, bahasa Prancis, bahasa Jepang dan lain-lain. Polyglot Indonesia ini ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Aceh dan beberapa kota lain di Indonesia. Di tengah pandemi ini, polyglot mengadakan kelas online, jadi pandemi ini bukan menjadi sebuah penghalang untuk belajar bahasa asing.

4. Fakta Bahasa Bekasi (Komunitas Sosial)

Instagram fakta bahasa bekasi

Instagram fakta bahasa bekasi via https://www.instagram.com

Fakta Bahasa Bekasi adalah komunitas sosial yang ber-basecamp di Kota Bekasi. Fakta Bahasa Bekasi juga komunitas sosial yang mewadahi masyarakat untuk belajar beberapa bahasa asing bukan hanya bahasa inggris. sama halnya seperti Polyglot Indonesia, ada banyak bahasa asing seperti bahasa Thailand, bahasa China, bahasa Korea, bahasa Arab, bahasa Belanda dan lain-lain.

Fakta Bahasa Bekasi sering mengadakan oprec atau open recruitment. Jadi, open recruitment itu dibuka untuk member yang ingin mendaftarkan dirinya untuk bisa belajar bahasa asing bersama dengan tutor pengajar dari Fakta Bahasa. Open recruitment ini dibuka sampai beberapa gelombang. Jadi setiap gelombangnya akan belajar bahasa asing bersama dengan tutor fakta bahasa bekasi selama waktu yang sudah ditentukan. Lalu setelah itu membuka open recruitment kembali. Oleh karena itu, belajar bahasa nya bisa lebih intens lagi. Di tengah pandemi ini, Fakta Bahasa Bekasi tetap mengadakan open recruitment dan belajarnya via online atau daring bersama tutor dari Fakta Bahasa Bekasi.

5. Easy Englis Club Semarang (Komunitas Sosial)

Instagram eec semarang

Instagram eec semarang via https://www.instagram.com

Easy English Club atau disingkat EEC Semarang ini adalah komunitas sosial yang basecamp-nya ada di Kota Semarang. Seperti namanya, Easy English Club Semarang berfokus pada pembelajaran bahasa inggris. Jadi dari sini kita bisa belajar bahasa Inggris bersama peserta yang lain juga bersama tutor dari Easy English Club Semarang.

Untuk bisa masuk komunitas ini mudah dan nanti diarahkan untuk masuk grup whatsapp. Grup whatsapp ini juga dijadikan sebagai tempat diskusi untuk belajar bahasa Inggris, karena di tiap minggu nya diberikan seperti kasus yang sedang hangat dibicarakan lalu para peserta harus menanggapi kasus tersebut. Tentu dengan bahasa Inggris. Selain belajar bahasa Inggris, Easy English Semarang juga sering mengadakan seminar-seminar ataupun talkshow yang semisal salah satunya adalah beasiswa dan studi luar negeri.

Nah, ternyata banyak banget wadah untuk bisa belajar bahasa asing, baik dari akun youtube maupun komunitas sosial. Jadi, kalian bisa memanfaatkan waktu luang kalian di tengah pandemi saat ini untuk belajar bahasa asing. Juga yang perlu digaris tebal adalah, belajar bahasa asing dari akun youtube dan komunitas sosial tidak membutuhkan biaya yang besar, lain halnya jika kita mengikuti kursus ataupun les. Jadi manfaatkan itu dengan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE