Pernah ngerasa amazed ngeliat anak-anak debat yang bahasa inggrisnya lancar pake banget kayak air mengalir di sungai yang deras? Terus kamu pengen juga kayak mereka? Here are the things you might find ketika kamu mulai belajar speaking Bahasa Inggris.

1. BINGUNG

Ini sih udah pasti via http://freshfitness.ca

Ketika kita mau belajar bicara bahasa Inggris pasti ngerasa bingung harus dimulai dari mana secara kita nol dalam bicara bahasa inggris, cita-cita sih pengen cas cis cus bahasa inggris kayak native speaker gitu. Tapi seringkali pada tahap awal kita bingung mau mulai dari mana, beberapa orang akan mencoba dengan memperbanyak film bahasa inggris kemudian membiasakan diri dengan meniru kata yang ada di dalamnya, sedangkan yang lain bisa belajar lewat lagu berbahasa inggris. Anyway, game juga bisa loh digunakan sebagai sarana belajar. Nah ga ada salahnya menggunakan segala cara untuk belajar bahasa inggris loh.

2. TAKUT SALAH GRAMMAR

Ini dia yang sering kali kita temui pada pemula dalam belajar speaking bahasa inggris, kebanyakan orang takut berbicara bahasa inggris dikarenakan takut salah grammar, takut salah pronunciation, salah ngasih vocab dan lain sebagainya. Kalau ini adalah obstacle kamu, sebaiknya kamu jangan takut lagi.

Advertisement

Kenapa? Karena dari banyaknya kesalahanmu, kamu akan belajar gimana pronunciation yang benar. Santai saja dalam menghadapi kesalahan bro, terima kesalahannya, jadikan pembelajaran untuk kedepannya tapi jangan pernah takut untuk selalu mencoba disetiap kesempatan.

Pernah ga di sekelilingmu ada temen kamu yang awalnya bahkan susah untuk berbicara bahasa inggris, 1 tahun kemudian udah cas cis cus aja bahasa inggrisnya, bahkan menang dalam debat bahasa inggris atau speech competition, ini dikarenakan mereka tidak pernah menyerah loh dalam belajar speaking.

3. KETEMU GRAMMAR POLICE

Brace yourself via http://www.examiner.com

Tidak ada hal yang paling menyebalkan daripada ketemu sama grammar police, orang ini adalah kritikus handal dalam hal grammar, jadi ketika kamu bicara bahasa inggris di depan dia, yang ada kamu bakal dikritik abis tentang grammar kamu in a harsh way. Seringkali grammar police sendiri keren pake banget di grammar tapi buruk ketika speaking. So, ada kelebihan dan ada kekurangan. Yang harus kamu lakukan kalo ketemu si grammar police adalah menerima saja kritikan dia sebagai pembelajaran dan perbanyak latihan. Kalo kamu adalah seorang wizard, spell aja pakai avadrakedavra.

4. Brain-block

Pernah merasa udah tau kalimat yang ingin diucapkan dalam satu paragraph panjang tapi tiba tiba ditengah perkataan lupa dengan bahasa inggris nya ? ini dinamakan Brain-block, dimana kamu tiba-tiba lupa dengan apa yang mau kamu ucapkan dan kamu akan berfikir keras untuk kata itu. Santai saja, semua orang mengalami brain-block, kecuali bahasa inggris adalah mother tongue mereka. Untuk brain-block ini usahakan perbanyak latihan dan mencari banyak cara mengungkapkan kalimat. You’re not a fool, you just need more practice!

5. BERBURU LATIHAN SAMA FOREIGNER

Western-Pennsylvania-School-for-the-Deaf-1 via http://www.post-gazette.com

Saat yang mendebarkan adalah ketika kamu berbicara dengan foreigner, refers to western-from-English-Speaking-Countries alias BULE. Ga semua bule itu bisa bahasa inggris loh, contoh bule dari Perancis atau Jerman, beberapa dari mereka ga bisa bahasa inggris karena bukan mother tongue mereka. Nah waktu latihan sama bule (yang diartikan dari English Speaking Countries) ada kalanya kamu ada miss ketika mau mengucapkan sesuatu atau kadang gagal paham dengan apa yang mereka ucapkan karena terlalu cepat salah satunya. But don’t worry, kebanyakan bule lebih tolerant daripada grammar police, mereka cukup bisa memahami apa yang ingin kamu utarakan. So, do not hesitate to speak in front of them! Kamu punya keuntungan dengan membiasakan diri berbicara bahasa inggris dan juga adjusting your accent. Jadi, ga ada ruginya mencoba !