5 Sayuran Bergizi yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah. Perawatannya Mudah dan Nggak Makan Tempat

Dengan menanam sayur-sayuran ini kamu jadi nggak perlu sering-sering ke warung atau pasar

Berbagai jenis sayur yang sering kita konsumsi, ternyata juga mudah untuk ditanam sendiri lo. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang kehabisan sayuran dan nggak punya banyak waktu untuk pergi ke pasar. Sayuran ini mengandung banyak manfaat dan sangat sering digunakan di setiap harinya. Perawatan dan cara menanam juga sangat mudah dan murah.

Untuk urusan khasiat dan gizi tentu sudah nggak perlu diragukan lagi ya Sobat Hipwee. Yuk simak 5 sayuran yang mudah ditanam di pekarangan rumah berikut ini.

Advertisement

1. Tomat

Photo by Hdagli

Photo by Hdagli via https://www.istockphoto.com

Sayuran bulat berwarna merah cerah ini mengandung banyak manfaat. Salah satu yang paling terkenal adalah kandungan vitamin untuk kesehatan mata dan kulit.

 

Advertisement

Tomat biasanya digunakan untuk membuat sambal dan jus. Cara penanaman dan perawatannya pun sangat mudah. Tanam beberapa biji tomat dan siram secara rutin. Media menanamnya dapat dilakukan di polybag, pot, atau langsung ke tanah. Nggak perlu beli di pasar kalau sudah ada di pekarangan kamu, SoHip.

2. Cabai Merah

Photo by Themacx

Photo by Themacx via https://www.istockphoto.com

Sebagai sayuran yang menciptakan rasa pedas ini memiliki manfaat yang luar biasa. Seperti mencegah radang, menurunkan kolesterol darah, membunuh sel kanker, hingga menjaga kesehatan jantung. Kalau di pekarangan rumahmu, sudah ada sayuran ini belum?

3. Kacang Panjang

Advertisement
Photo by Supersmario

Photo by Supersmario via https://www.istockphoto.com

Berbeda dengan cabai dan tomat, kacang-kacangan adalah tumbuhan rambat. Kamu perlu menanam bambu atau kayu di dekat biji kacang yang telah ditanam. Kacang akan tumbuh menggantung dan daunnya menjalar ke kayu atau bambu.

 

Jangan lupa beri pupuk agar tumbuh dengan sehat. Khasiat kacang panjang juga nggak kalah dengan sayuran lainnya. Di antaranya yaitu sebagai penambah stamina, meredakan nyeri haid, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin A dan C pada kacang panjang sangat baik untuk kesehatan kulit.

4. Terong

Photo by Santosha

Photo by Santosha via https://www.istockphoto.com

Tidak lengkap rasanya lalapan tanpa terong. Sayuran berwarna ungu ini juga sangat mudah ditanam. Caranya masih sama seperti menanam cabai dan tomat. Selain mencegah penyakit jantung, khasiat terong juga baik untuk kulit. Manfaat lainnya yaitu untuk menurunkan kolsterol, mencegah diabetes dan kanker. Kamu hanya perlu rajin menyiram dan memberi pupuk saja.

5. Mentimun

Photo by Jnie

Photo by Jnie via https://www.istockphoto.com

Sayur yang memiliki banyak air dan kerap dijadikan campuran minuman ini sangat menyegarkan. Mentimun sangat kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan kandungan flavonoid-nya efektif melawan zat radikal yang berbahaya.

 

Nah, 5 sayuran di atas sangat mudah untuk ditanam. Selain itu khasiatnya juga nggak boleh diremehkan. Bahkan dapat mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

 

Selamat mencoba ya SoHip~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sebisa mungkin untuk berbagi apapun yang ku ketahui. Asal baik, kebahagiaan tak hanya dirasakan seorang diri

CLOSE