Wajar jika kamu kadang merasa nggak berguna, tidak punya apa-apa dan merasa teman-temanmu lebih sukses di atas kamu. Itu manusiawi jika kamu merasakannya, dan tergantung dari sudut mana kamu melihat sisi positif hal itu. Kalau kamu hanya fokus ke hal-hal yang belum kamu miliki atau ke sisi negatif itu nggak akan ada habis-habisnya.

Mengertilah bahwa jalan hidup setiap orang berbeda-beda dan kamu ngga bisa pukul rata diri kamu sama dengan teman-teman kamu. Kamu pun nggak tahu pengorbanan yang mereka lakukan sampai dititik mereka kini, merekapun sama nggak tahu perjuangan kamu sampai detik ini. Jadi, apa aja yang perlu kamu ingat-ingat lagi jika kamu down? Yuk simak!

1. Kamu punya tubuh dan pikiran sehat

pikiranmu masih terjaga dalam sikap positif

pikiranmu masih terjaga dalam sikap positif via https://www.pexels.com

Salah satu inti kendali otakmu adalah dengan pikiran positif, dengan demikian kamupun memiliki jiwa yang sehat tentunya. Pikiran diri kamu yang positif dan sehat patut kamu syukuri dan rawat selalu. Masih banyak yang berfikiran negatif terhadap sesuatu hal dan kenyataanya berdampak negatif ke kehidupan mereka juga. Jadi usahakan pikirkan yang baik-baik dan nggak ada yang patut kamu takutkan.

2. Kamu punya keluarga yang selalu mendukungmu

penyokong hidupmu masih lengkap sampai kini

penyokong hidupmu masih lengkap sampai kini via https://www.pexels.com

Advertisement

Kamu tau bahwa keluarga tidak hanya yang kamu lihat sejak kamu bangun tidur saja, tetapi juga apa yang ada dn peduli dengan kesulitan-kesulitan yang kamu lalui sampai kini. Keluarga yang lengkap dan masih mendukung apa yang menjadi cita-citamu harusnya kamu syukuri. Masih banyak yang nggak lengkap bahkan nggak ada keluarga tapi harus survive sendirian. Jadi nggak ada alasan kamu sendirian kini.

3. Kamu masih punya sahabat yang siap menemanimu

sahabat dikala kamu jatuh

sahabat dikala kamu jatuh via https://www.pexels.com

Input positif yang kamu dapatkan dari sahabat tentunya kamu rasakan selalu, apabila kamu terpuruk contohnya dan dikalal kamu nggak ada yang mengerti kesulitan kamu setidaknya mereka memberika jalan keluarnya. Sahabat yang baik tentunya tidak hanya ada dikala kamu sedang senang saja, tapi juga disaat kamu jatuh. Maka syukuri sahabat kamu yang ada dan masih peduli serta rawatlah persahabatan kamu ya.

4. Kamu masih punya teman yang banyak yang siap menyokongmu

teman selalu mengelilingimu

teman selalu mengelilingimu via https://www.pexels.com

Baik dilingkungan kampus, kantor ataupun organisasi pastinya ada banyak teman-teman yang setidaknya kenal dengan kamu, merekapun nggak segan-segan menolong dan membantu kamu dikala kamu butuh bantuan. Bersikap baiklah kpada semua temanmu, karena sampai dititik mana kita masih memerlukan mereka kita nggak tahu.

5. Kamu masih punya mimpi dan harapan biar dirimu membahagiakan sekitar

mimpi memacu kamu untuk selalu maju

mimpi memacu kamu untuk selalu maju via https://www.pexels.com

Advertisement

Tujuan hidup kamu intinya adalah membahagian dirimu dan orang-orang sekitar kamu. Pastinya tujuan mimpimu masih harus dijaga selalu agar nggak keluar jauh dari jalurnya. Makna membahagiakan disini adalah kamu membahagiakan dan memberikan sesuatu ke orang lain yang belum dimiliki orang lain.

Jadi tetaplah bersyukur dan berfikiran positif ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya