Sebelum Tega Membandingkan Diri, 5 Hal ini yang Perlu Kamu Sadari!

Kamu Berharga, Kamu Sempurna :)

Salah satu dampak buruk dari “megkonsumsi” media sosial adalah rentannya kita membandingkan diri kita dengan dengan orang lain hanya berdasarkan sebuah postingan. Tapi sebelum kamu tega ngebandingin diri dengan yang lain, yuk sadari dulu beberapa hal kecil tapi berharga ini !

1. Nikmat Sehat merupakan Karunia yang Nggak Ada Bandingannya.

Advertisement

Kamu yang suka membandingkan diri pasti sering luput menyadari hal esensial satu ini. Kesehatan merupakan hal yang sebenarnya selalu patut kita syukuri. Kesehatan merupakan hal yang nggak ada tandingannya. Kalo setiap orang sama-sama sehat, nggak perlu sibuk membandingkan kan? Kalau kita sakit, pikiran kita cuma fokus untuk sembuh aja. Tanpa perlu mikirin diri orang lain. Banyak orang sakit yang mendambakan punya raga yang sehat, lho. Jadi selalu ingat hal ini sebelum sibuk membandingkan diri yaa.

2. Jangan Lupakan Keluarga yang Selalu Bersedia jadi Tempat Kembali.

keluarga

keluarga via http://www.google.com

Saat kamu mulai terbiasa membandingkan diri, coba sejenak ingat wajah mama dan papa kamu. Baik itu membandingkan kemampuan finansial atau pun penampilan fisik kita dengan orang lain, bayangin perjuangan dan lelahnya orang tua untuk bisa membuat hidup kita di situasi yang lebih nyaman dari mereka. Kosan nyaman, transferan tepat waktu, makan nggak perlu mikir adalah hal-hal remeh yang sepatutnya kita syukuri karena lelahnya orang tua.

3. Hanya Menampilkan Sisi Baik adalah Fitrahnya Manusia.

Sosial media sering menjadi pemicu utama timbulnya hasrat untuk membandingkan diri. Iseng-iseng slide instastrory, eh nggak sengaja liat postingan mantan sama pacar barunya yang lebih cantik. Atau nggak sengaja scrolling postingan hang out temen hits di kampus. Hal yang manusiawi jika orang-orang hanya menampilkan sisi baik hidupnya. Dan hal yang perlu kita sadari adalah hidup setiap orang nggak serapi dan sebahagia feeds instagram mereka. Banyak hal terjadi di kesehariannya yang mungin nggak jauh beda dari kita yang merasa kurang dari mereka.

Advertisement

4. Kita Sulit Melihat Kelebihan Diri Sendiri

Ngobrol santai bareng temen atau orang sekitar yang kamu percaya tentang apa saja hal yang mereka sukai dari diri kamu adalah sesuatu hal yang menyenagkan. Dengan mendengar hal baik dari diri kita, secara nggak sadar kesadaran akan kelebihan-kelebihan yang kita miliki akan tumbuh. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan One-Thing One-Day. One-Thing One-Day ini adalah tantangan dimana kamu harus menuliskan satu hal yang kamu suka dari dirimu setiap harinya. Kalo ini berlangsung selama 1 bulan, maka kamu sudah sadar bahwa kamu punya 30 hal baik patut disyukuri.

5. Mampu Mengenali Hal Baru dalam Diri merupakan Prestasi

Banyak orang yang melupakan hal remeh tapi berdampak satu ini. Mampu mengenali dan memahami diri sendiri merupakan suatu pencapaian, loh. Mengetahui sesuatu yang baru dalam diri bisa membentuk kemampuan dan kendali kita terhadap diri sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE