Buat kamu yang sekarang sedang mengerjakan skripsi, pasti pernah terlintas di benakmu akan seperti apa sidang skripsimu nanti. Mungkin sebagian dari kamu pernah juga mendengar dari kakak tingkat kalau sidang skripsi atau dikenal juga dengan pendadaran mirip-mirip dengan proses bikin telur dadar. Kamu akan dipecah, dikoyak-koyak, dibolak-balik sampai akhirnya matang atau bahkan tak jarang gosong. Jangan takut dulu, sidang skripsi nggak seseram itu kok asal kamu tahu cara menyiapkannya dengan sebaik-baiknya.

Nah, biar kamu nggak berakhir seperti telur dadar yang gosong, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Selain mensukseskan sidang skripsimu, langkah-langkah ini juga akan membantumu menampilkan yang terbaik.

1. Baca Skripsimu Lagi, Lagi dan Lagi

Membaca skripsi via http://www.google.com

Menulis skripsi ibarat menjalin suatu hubungan dengan orang yang spesial. Kamu pasti sangat dekat dan tahu banyak tentang dia. Nah, perlakukan skripsi sebagai hal yang spesial juga. Kalau kamu sering nyamperin doi biar semakin akrab, kamu juga harus mengakrabi skripsimu dengan cara membacanya berulang kali. Hal ini dilakukan agar kamu tahu detail-detail skripsimu dengan sangat baik. “Lho skripsi ini kan aku sendiri yang nulis, masak harus dibaca lagi?”

Memang nggak salah kalau kamu punya pertanyaan seperti itu. Tapi, apakah ingatanmu cukup akurat untuk mengingat ada berapa data di dalam penelitianmu? Atau, apakah kamu ingat benar di halaman berapa analisis ketigamu kamu tulis? Kalau ternyata nggak, berarti kamu perlu membacanya lagi, lagi dan lagi.

2. Highlight Bagian Penting dari Skripsimu, Jika Perlu Tambahkan Sticky Notes

Highlight dan tambahkan sticky notes via http://www.google.com

Advertisement

Mungkin semasa kuliah cuma cewek yang pakai marker warna-warni di buku catatannya. Meskipun kamu cowok, jangan anti dulu dengan pulpen warna-warni. Nggak haram kok kalau cowok juga pakai marker atau pulpen warna-warni, terlebih ketika kamu akan menghadapi sidang skripsi. Kamu bisa highlight dengan menggarisbawahi kalimat atau poin-poin penting di dalam skripsimu.

Buat kamu yang perlu menambahkan catatan kecil atau ingin menandai halaman yang penting, kamu bisa juga gunakan sticky notes. Dengan membuat bagian-bagian yang penting menjadi “mencolok”, otak otomatis akan lebih mudah mengingat bagian-bagian itu dibandingkan jika skripsimu “polos-polos” saja.

3. Buat Daftar Predisksi Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan Pengujimu

Buat daftar pertanyaan via http://www.google.com

Mungkin belum banyak yang melakukan ini. Padahal dengan membuat list prediksi pertanyaan akan sangat membantu sidang skripsimu. Sebagian dari kamu mungkin belum punya gambaran pertanyaan seperti apa yang akan diajukan pengujimu ketika sidang skripsi. Tenang, kamu bisa mulai membuat daftar prediksi pertanyaan dengan menganalisis alasan-alasan mengapa kamu memilih topik skripsi itu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar prediksi pertanyaan dengan melihat kekuatan dan kelemahan dari skripsimu. Setelah kamu tulis daftar prediksi pertanyaan tersebut, jangan lupa cari jawabannya juga ya. Jadi, ketika nanti muncul pertanyaan-pertanyaan itu di sidang skripsi, kamu nggak akan grogi untuk menjawabnya.

4. Diskusikan Keresahanmu dengan Dosen Pembimbingmu

Diskusi dengan dosen pembimbing via http://www.google.com

Ketika kamu punya keresahan dalam hidup, kamu pasti ingin menceritakannya pada orang yang mampu memberikan solusi kan? Hal ini juga berlaku untuk keresahanmu terhadap skripsimu. Keresahan ini bisa jadi merupakan bagian dari prediksi pertanyaan yang kamu buat tapi belum ketemu jawabannya.

Nah, jauh-jauh hari sebelum kamu bertarung di meja persidangan skripsi, ada baiknya kamu diskusikan keresahan ini dengan dosen pembimbingmu. Selain karena beliau memang ahlinya, dosen pembimbing adalah orang kedua setelah kamu yang mengetahui track record skripsimu dengan baik. Jangan malas atau takut untuk bertemu dosen pembimbing. Asal kamu sopan dan menghormati beliau, percaya deh dosen pembimbing akan dengan senang hati berdiskusi denganmu. Karena bagaimanapun juga, keberhasilan mahasiswa bimbingannya adalah kesuksesannya juga.

5. Tonton Video di Youtube atau Hadiri Sidang Terbuka

Sidang skripsi via http://www.google.com

Setelah kamu melakukan langkah-langkah yang cukup serius sebelumnya, kamu juga bisa melakukan hal yang fun tapi tetap berdampak positif pada sidang skripsimu. Kamu bisa nonton video sidang skripsi di Youtube untuk tahu gambaran sidang skripsi yang nanti akan kamu hadapi. Menariknya, kamu nggak hanya bisa melihat video sidang skripsi dari universitas-universitas di Indonesia, tapi juga dari kampus-kampus ternama dunia.

Belum lagi, kalau kamu beruntung menemukan video sidang skripsi yang memiliki topik serupa dengan skripsimu. Pasti akan sangat membantu. Tapi kalau kamu ingin merasakan suasana yang lebih nyata, kamu juga bisa kok menghadiri sidang skripsi terbuka, meskipun sistem ini hanya berlaku di beberapa kampus saja. Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran tentang atmosfer sidang skripsi.

6. Latihan Presentasi

Latihan presentasi via http://www.google.com

Sebelum hari besarmu, kamu wajib latihan presentasi. Meskipun kamu sudah terbiasa presentasi ketika kuliah, tapi ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam presentasi sidang skripsi. Umumnya, kamu hanya diberikan kesempatan presentasi sekitar 15-20 menit saja. Dalam waktu yang singkat itu, kamu harus bisa merangkum dan menjelaskan keseluruhan isi skripsimu. Nah, kebayang kan betapa ngos-ngosan dan kacaunya kalau kamu nggak latihan presentasi sebelumnya?

Karena time is precious, kamu harus bisa memaksimalkan presentasimu dalam waktu tersebut. Jangan sampai overtime atau akan ada kemungkinan presentasimu dipotong oleh dewan penguji. Kamu juga harus memiliki teknik agar presentasimu tidak membosankan. Kamu bisa mengatur slide presentasimu agar tidak berlebihan secara kuantitas namun tetap menarik dari segi isi dan tampilannya. Yang tidak kalah penting, kamu juga harus berlatih menjawab pertanyaan dari daftar prediksi pertanyaan yang sudah kamu buat. Kalau perlu, kamu juga bisa ajak teman untuk menjadi reviewer latihan presentasimu.

7. Percaya Diri dan Berdoa

Percaya diri dan berdoa via http://www.google.com

Sebaik apapun persiapan yang sudah kamu lakukan, kalau kamu tidak percaya diri maka kesuksesan sidang skripsimu hanya angan-angan. Tak perlu minder, meskipun kamu akan presentasi di depan para ahli tapi kamu tetap yang paling tahu isi skripsimu. Kamu ibarat penulis buku yang sedang menceritakan isi bukumu kepada para penulis senior. Meskipun akan ada berbagai pertanyaan dan masukan, percayalah itu semua bukan untuk menjatuhkanmu.

Tenang, dewan penguji adalah orang-orang terdidik yang akan memperlakukanmu secara profesional. Jadikan masukan-masukan dari mereka sebagai bahan perbaikan skripsimu. Nah, ketika kamu sudah melakukan semua persiapan, berdoa akan selalu menyempurnakan. Kepada Dia yang memiliki semesta beserta isinya, mintalah agar Dia gerakkan seluruh elemen di semesta ini untuk mendukung kesuksesan sidang skripsimu.

Jadi, sudah siap kan untuk tampil memukau di sidang skripsimu?