#AyoKeUK

Ketika United Kingdom (UK) disebut, maka biasanya yang terlintas dalam pikiran adalah England. Namun faktanya, UK tidak hanya terbatas pada England saja; UK terdiri dari empat negara, yaitu England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth ini menyimpan berbagai misteri di setiap sudutnya, bagaikan magnet yang menyeret para pelancong untuk berkunjung ke Britain. Dalam artikel berikut, saya akan mengulas beberapa di antara sejuta alasan mengapa sobat Hipwee harus pelesiran ke negara yang penuh pesona ini.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Wisata Sejarah dan Budaya

Blenheim Palace

Blenheim Palace via http://blenheimpalace.com

Britain terdiri dari beberapa kerajaan yang memiliki sejarah dan budaya yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti kerajaan-kerajaan pada umumnya, kesantunan merupakan hal yang dijunjung tinggi di Britain, dari hal kecil seperti mengatakan sorry, please, dan thank you hingga aturan berbusana, terutama bagi para anggota kerajaan Inggris.

Puluhan istana kerajaan tersebar di Britain, diantaranya Buckingham Palace di London hingga Balmoral Castle di Aberdeenshire. Ketika mengunjungi salah satu istana kerajaan, jangan sampai kalian melewatkan momen pergantian penjaga istana, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Changing the Guard.

Advertisement

Selain terkenal akan kerajaannya, Britain juga terkenal akan sejarah dan seninya. Ada banyak sekali museum dan galeri yang tersebar di seantero Britain. Bagi sobat Hipwee yang mempunyai dana liburan yang terbatas, kalian tak perlu khawatir, karena ada banyak sekali museum dan galeri yang free of charge alias bisa masuk tanpa bayar, hehe. Di London sendiri ada galeri Tate Modern, British Museum, dan Natural History Museum yang bisa kalian kunjungi secara gratis.

Keindahan seni budaya Britain tidak hanya dapat kalian temukan di museum dan galeri saja. Ketika menelusuri jalanan di Britain, sobat Hipwee akan disuguhi dengan keanggunan bangunan-bangunan yang didominasi oleh gaya arsitektur Romawi kuno pada masa medieval era. Selain berlatar belakang bangunan yang indah, sobat Hipwee juga wajib mengabadikan momen dengan ikon-ikon Britain seperti Big Ben, London Eye, Piccadily Circus, Stonehenge, Saint Paul’s Cathedral, dan Tower Bridge. Juga, kurang lengkap rasanya kalau sobat Hipwee tidak berswafoto dengan British Red Telephone Box, itu tuh si kotak telepon berwarna merah yang sangat ikonik khas Britain.

2. Wisata Alam

Totternish Peninsula

Totternish Peninsula via http://scotlandnow.dailyrecord.co.uk

Britain selalu mempunyai magnet di hati para pelancong terutama karena pesona keindahan alamnya yang terhampar luas. Ibukota Inggris, London, memang menyuguhkan bangunan-bangunan bersejarah yang anggun. Namun jika sobat Hipwee lebih suka menikmati alam, maka sobat perlu bergeser sejenak dari keriuhan kota London.

Advertisement

Di Antrim – Irlandia Utara contohnya, terdapat Giant’s Causeway yang tersusun dari ribuan kolom bebatuan basalt yang terbentuk akibat erupsi gunung berapi. Spot wisata alam ini telah disahkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Dan yang tak kalah menakjubkan adalah Totternish Peninsula, semenanjung ini terletak di Isle of Skye – Skotlandia. Sobat Hipwee pasti akan tersihir akan keelokannya yang menyerupai wilayah di negeri-negeri dalam dongeng.

Selain itu, area-area di pedesaan Inggris juga patut kalian kunjungi. Di musim dingin, sobat Hipwee dapat mengunjungi Snowdonia, salah satu taman nasional yang begitu cantik saat tertutup salju. Suasana hutan yang dipenuhi bunga bluebell, atau yang biasa disebut dengan bluebell woods, merupakan pilihan yang pas saat musim semi.

Pada musim panas, saatnya kalian berjemur di Jurassic Coast, bibir pantai yang terbentang hingga lebih dari seratus kilometer. Dan jangan lupa dengan musim terbaik di daratan Eropa yang bisa kalian nikmati salah satunya di Fingle Woods di mana pepohonan penuh dedaunan lebat dengan warna hijau, kuning, merah, dan oranye khas musim gugur yang cantik.

3. Wisata Kuliner

Fish and Chips

Fish and Chips via http://cityweekend.com

Menu English breakfast begitu tersohor sehingga hidangan ini begitu mudah ditemukan saat sarapan di seluruh hotel di dunia. Menu ini biasanya terdiri dari daging asap, sosis dan telur, juga dilengkapi dengan irisan tomat dan roti panggang serta tak ketinggalan pula English breakfast tea yang dapat menghangatkan suasana hati sobat Hipwee.

Selain English breakfast, Britain juga terkenal akan makanan tradisionalnya, salah satu yang paling mendunia adalah fish and chips. Menu ini terbuat dari ikan goreng yang berbalut tepung panir dan ditemani kentang goreng serta salad sebagai pelengkapnya.

Penduduk lokal Britain mengatakan bahwa tidak hanya makanan lokal yang dapat para wisatawan temui di ibukota London, tetapi juga berbagai jenis masakan internasional. Dan benar saja sobat Hipwee, di London saya dapat dengan mudah menemukan Peri-Peri Chicken, potongan ayam yang dibalur dengan bumbu peri-peri penuh cita rasa khas Portugal. Juga Doner Kebab, yakni hidangan khas Turki berupa roti berisikan sayuran dan irisan daging panggang dengan bumbu saus tomat dan mayo. Hmm.. nyam nyam. Semua itu ada di London!

4. Wisata Belanja

Oxford Street

Oxford Street via http://fundraising.co.uk

Siapa di antara sobat Hipwee yang hobi berbelanja? Yuk angkat tangan! Oxford Street akan menjadi tujuan yang tepat untuk berbelanja karena disepanjang jalan ini ada ratusan toko yang terbentang dari Tottenham Court Road hingga Mable Arch. Bagi sobat Hipwee yang ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga dan kolega di tanah air, kalian bisa mengunjungi Covent Garden Market. Di pusat perbelanjaan yang lebih dikenal dengan nama Apple Market ini tersedia aneka ragam suvenir dan kerajinan yang unik.

5. Wisata Bola

Old Trafford

Old Trafford via http://wallpapercave.com

Britain merupakan surga bagi para pecinta bola. Pasalnya dunia persepakbolaan dunia diramaikan oleh tim-tim sepakbola dari Inggris. Sebut saja klub sepakbola Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool. Keasyikan ini masih ditambah lagi dengan keberadaan puluhan stadion bola di Britain; favorit saya tentu Old Trafford, yakni tempat latihan pemain-pemain dari tim Manchester United. Para kolektor jersey, yang orisinal alias bukan KW, wajib menyambangi markas tim kesayangan kalian nih, syukur-syukur jika mendapatkan tanda tangan dan bisa bersalaman langsung dengan para pemainnya.

6. Wisata Film

Dumbledore’s Office

Dumbledore’s Office via http://triphobo.com

Britain adalah negeri yang kaya akan pesona alam dan budayanya, maka tak heran negara ini sering dijadikan lokasi syuting beberapa film Hollywood. Misalnya saja film Robin Hood yang memang berdasarkan kisah novel legendaris Britain, yang pengambilan gambar filmnya berlokasi di beberapa tempat eksotis seperti Seven Sisters Cliff dan Aysgarth Falls. Jejak petualangan detektif terkenal pada film berdasarkan novel karya Arthur Conan Doyle juga dapat kalian telusuri di 221B Baker Street tempat dimana tokoh dalam film tersebut yakni Sherlock Holmes dan asistennya, Dr. John H. Watson, tinggal.

Bagi penggemar Harry Potter garis keras, ada dua pilihan yang dapat sobat Hipwee ambil untuk menyelami adegan-adegan dalam sekuel film dari tujuh seri novel garapan Joanne K. Rowling ini. Kalian dapat mengunjungi beberapa dari lokasi syuting film Harry Potter, contohnya Glenfinnan Viaduct sebagai lokasi bendungan di mana kereta Hogwarts Express melintas, dan Bodleian Library sebagai lokasi perpustakaan dimana Hermione Granger mengobati dahaganya akan ilmu pengetahuan. sobat Hipwee juga dapat mengunjungi replika lokasi pembuatan film tersebut di Warner Bros Studio Tour di London. Mulai dari Great Hall, Forbidden Forest, hingga King’s Cross Station semua ada di sana.


Jadi, ayo kita ke UK!


7. Visa UK

Sebagai warga negara Indonesia, sobat Hipwee memerlukan visa untuk memasuki wilayah Britain. Menurut saya sebetulnya aplikasi visa UK itu susah-susah gampang. Fakta tertolaknya permohonan visa di tahun 2009 tidak menyurutkan saya untuk mengajukan lagi permohonan visa pada tahun 2010, dan alhamdulillah permohonan visa kali kedua ini diterima. Ada informasi penting nih.

Ketika berhasil mendapatkan visa UK, sobat Hipwee akan langsung memperoleh multiple entry visa untuk 180 hari. Asyik kan.. Semoga saya, kamu dan kamu, iya kamu.. punya kesempatan untuk mengunjungi Britain kembali ya sobat Hipwee! #AyoKeUK

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya