Mau Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus? Kamu Bisa Memilih 7 Jurusan Ini Saat Masuk Kuliah!

Indonesia membutuhkan generasi muda untuk mencari solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia. Beberapa bulan ke depan, akan diadakan Ujian Nasional (UN) 2017. Setelah lulus sekolah nanti, apakah kamu sudah merencanakan jauh-jauh hari soal jurusan yang ingin kamu ambil?

Jika belum, maka artikel kali ini akan membantumu untuk menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil nanti. Mungkin lulusan Ekonomi, Sastra Bahasa Inggris hingga Hukum sudah banyak di Indonesia. Mari kita cari sesuatu yang berbeda dan sedang dibutuhkan bangsa kita ini.

Selain antimainstream, berikut 7 jurusan kuliah yang bisa kamu ambil yang akan membawa kemanfaatan bagi masa depan Indonesia. Here we go!

 <>1. Aviation Safety, jurusan kuliah yang banyak berkutat dengan dunia penerbangan
Simulasi Penerbangan

Simulasi Penerbangan via http://stpicurug.ac.id

Beberapa pekan ini kita disuguhkan dengan banyaknya berita duka, salah satunya adalah kecelakaan pesawat terbang di Indonesia. Ada apa dengan dunia penerbangan kita? Bagi kamu yang peduli dengan masalah ini, kamu bisa mengambil jurusan Aviation Safety di STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), Curug, Kabupaten Tangerang, Banten.

Banyak konsentrasi yang nanti bisa kamu ambil dalam jurusan ini, seperti Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU), Penerbangan Aeronautika (PA), Komunikasi Penerbangan (KP) dan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK).

Jika kamu berniat untuk mengambil jurusan ini, kamu harus siap secara fisik, intelegensi dan mental karena akan ada beberapa tes yang harus kamu lalui untuk bisa masuk ke sekolah tinggi penerbangan bergengsi ini.

Jika kamu memilih jurusan ini, diharapkan ke depannya bisa meminimalisir atau mencegah terjadinya kecelakaan pesawat terbang di Indonesia.

Alternatif: ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan), Surabaya, Jawa Timur.

<>2. Tertarik dengan teknologi dan seisinya? Ambil saja jurusan Cyber Security!
Kantor Jakarta Smart City

Kantor Jakarta Smart City via https://govinsider.asia

Jumlah pengguna internet di Indonesia semakin pesat bertambah. Hal tersebut didukung dengan menjamurnya gadget murah dan banyaknya penyedia layanan internet di Indonesia. Namun, semakin bertambahnya jumlah tersebut akan timbul pula banyak masalah, seperti cyber crime, penipuan, hate speech, pencurian data, deface, berita hoax, dll.

Selain itu, kini teroris pun mulai beralih menggunakan internet sebagai media propoganda dalam menyebarluaskan paham radikalismenya di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia yang ahli dalam persoalan cyber security.

Jika kamu memiliki passion terhadap dunia komputer dan segala permasalahan di dalamnya, maka jurusan Cyber Security di Universitas BINUS (Bina Nusantara), Jakarta Barat ini cocok untuk kamu. Di jurusan ini nanti kamu akan belajar tentang jaringan komputer, bahasa pemrograman, kriptografi, dll.

Alternatif: Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan

<>3. Sering disepelekan, jurusan Teknik Lingkungan justru yang banyak dibutuhkan orang-orang
Limbah Berbahaya yang Dibuang ke Sungai

Limbah Berbahaya yang Dibuang ke Sungai via http://www.greenpeace.org

Indonesia kini menjadi salah satu negara industri cukup besar di dunia, namun hal tersebut menimbulkan kekhawatiran dampaknya terhadap lingkungan. Jika kamu pecinta lingkungan dan aware terhadap pemanasan global, maka jurusan Teknik Lingkungan di ITB (Institut Teknologi Bandung) yang memiliki akreditasi A bisa kamu pilih.

Jurusan Teknik Lingkungan itu sendiri adalah suatu jurusan yang nantinya kamu akan mempelajari tentang cara-cara meminimalisir dampak pencemaran industri terhadap lingkungan, penanganan limbah berbahaya, drainase perkotaan, dll.

Sebagai manusia kita harus mencintai alam dan lingkungan yang sudah Tuhan ciptakan untuk kita. Dengan kamu memilih jurusan ini, maka kamu akan memberi kontribusi terhadap kelestarian alam dan lingkungan, khususnya di Indonesia.

Alternatif: Universitas Trisakti, UNDIP, UPN Surabaya, ITS, ITN Bandung, UII.

<>4. Bukan sekadar cantik dan menarik, jurusan Fashion Designer pun berpotensi untuk mengubah dunia!
Revelation 3

Revelation 3 via http://thebalance.com

Apakah kamu mengenal Tex Saverio? Dia adalah seorang desainer asal Indonesia yang sudah melalang buana ke berbagai pagelaran fashion internasional, salah satu yang cukup fenomenal adalah karyanya yang pernah digunakan oleh Lady Gaga.

Jika kamu termasuk pecinta fashion dan merasa passion-mu ada di situ, jurusan yang paling tepat kamu ambil adalah Fashion Designer di LaSalle College Indonesia. Apa kontribusi yang bisa kamu lakukan untuk Indonesia? Kamu bisa mengenalkan budaya Indonesia di kancah dunia, semisal memadukan gaya busana trendy dengan batik pekalongan, membuat pakaian tradisional untuk ajang Miss Universe, atau kamu bisa membuat busana dengan bahan dasar dari kain ulos, dll.

Alternatif: ESMOD, Raffless Institute of Higher Education dan Bunka School of Fashion. 

<>5. Hubungan Internasional, jurusan tempat orang-orang pandai, terampil dan berani
Nara Rakhmatia Masista

Nara Rakhmatia Masista via http://tribunnews.com

Apakah kamu ingin seperti KH. Agus Salim yang menguasai banyak bahasa dan disegani oleh penjajah? Atau mungkin kamu ingin seperti Nara Rakhmatia Masista yang membungkam para pemimpin negara lain yang mempersoalkan masalah HAM di Papua?

Jika kamu mahir berbahasa, minimal Bahasa Inggris, jago debat dan aware terhadap dunia internasional. Maka jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia ini cocok kamu pilih sebagai jurusanmu nanti. Nantinya kamu akan mewakili Indonesia sebagai duta besar di suatu negara atau perwakilan di organisasi-organisasi dunia, semisal PBB.

Alternatif: UNPAD, Universitas Jember, UGM, IISIP, UIN Jakarta, UNHAS. 

<>6. Sudah tahu belum kalau ada jurusan Pembangunan Daerah/Wilayah? Layak dicoba juga, lho!

Jika ingin berkontribusi dengan masuk ke dalam pemerintahan? Maka kamu harus masuk ke IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Institusi pendidikan satu ini pernah tersandung masalah cukup serius yang mencoreng namanya, dikarenakan kasus kekerasan. Meskipun begitu, IPDN tetap menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah kementerian dalam negeri yang memiliki pendidikan dengan kualitas terbaik yang kini sudah bertransformasi menjadi lebih baik lagi.

Institut ini terletak di daerah dengan cuaca yang sejuk, tepatnya di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Selain itu, IPDN pun ada di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Bagi yang ingin masuk ke institut satu ini, kamu harus siap secara fisik dan mental karena institut ini menerapkan pendidikan semi-militer. 

Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih di sini adalah Pembangunan Daerah. Setelah kamu lulus, kamu bisa menerapkan ilmu yang kamu dapatkan dengan menjadi bagian dari pemerintah, minimal kamu nanti bisa menjadi ketua RT/RW atau camat untuk memajukan daerah tempat tinggalmu.

Alternatif: UGM (Universitas Gajah Mada)

<>7. Tertarik kah kamu untuk masuk jurusan Astronomi? Kuliahmu nanti rasanya akan seperti bermain!
Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha via http://batamtoday.com

Jika menanyakan Astronomi di Indonesia, maka kita negara yang tertinggal jauh dari negara-negara lainnya. Tak perlu membandingkan dengan Amerika Serikat yang memiliki NASA, tengoklah India dan China.

Kita sebagai generasi muda Indonesia harus memajukan Indonesia dalam berbagai bidang dan salah satunya adalah Astronomi yang perlu banyak perhatian. Bayangkan saja, jika di negara-negara lain sudah ada pelajaran Astronomi di sekolah, kita? Tidak ada sama sekali. Sekalipun ada, itu hanya secuil saja yang diselipkan di pelajaran Geografi atau Fisika.

Jika kamu memiliki pandangan jauh ke depan dan ingin memajukan Indonesia, maka kamu bisa memilih jurusan Astronomi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Uniknya, ini adalah jurusan terakhir yang paling antimainstream karena jurusan ini hanya ada satu-satu di Asia Tenggara, yaitu ITB.

Jangan takut ke depannya, prospek setelah lulus nanti kamu bisa bekerja sebagi dosen, peneliti di LAPAN atau LIPI, dll.

Alternatif: University of Tokyo

Okay, cukup sekian untuk bahasan tentang jurusan-jurusan antimainstream yang memiliki manfaat ke depannya untuk Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam menentukan jurusan kuliahmu nanti.

Jangan lupa konsultasikan juga dengan orangtua, dan sesuaikan juga jurusan yang akan kamu pilih dengan bakat dan minatmu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Content Creator | Technopreneur | Ask Me: @BebalBoy

148 Comments

  1. Cecs Suyana berkata:

    jurusan masak, biar bisa isi perut….heheee

  2. ray_indra berkata:

    Bisa, nanti ke depannya bisa jadi koki di luar negeri yang spesialisnya makanan tradisional Indonesia.

  3. ray_indra berkata:

    Ahaha, hai juga. Masuk apaan yaa?

  4. ray_indra berkata:

    Terima kasih sudah membaca artikel saya.

  5. Ray Indra Taufik Wijaya maksdnya Hubungan internasional juga masuk�

  6. Sofia Tunisha berkata:

    Farmasi byk dibutuhin,blm lulus udh byk dicari.

CLOSE