Indonesia memang negara yang sangat kaya akan keberragaman, mulai dari budaya, tempat wisata, suku dan kuliner. berbicara mengenai kuliner, tentu Indonesia merupakan salah satu Negara dengan Ragam Kuliner terbanyak di dunia, ada banyak sekali makanan khas dari berbagai setiap daerah di Indonesia bahkan di daerah pelosok pun punya ciri khas kuliner tersendiri. dari sekian banyak makanan khas Indonesia, Masakan Padang adalah salah satu yang paling dikenal oleh orang seluruh indonesia bahkan dunia, Masakan padang bahkan dinobatkan sebagai salah satu masakan "Terenak" di Dunia.

Hampir semua turis atau wisatawan yang singgah dan berkunjung ke Indonesia pasti penasaran dengan enaknya masakan dari negeri Padang. Masakan padang dikenal dengan rasanya yang pedas dan bumbunya yang sangat khas. Hal inilah mengapa hampir di setiap kota di Indonesia pasti ada "Rumah Makan Padang".

Namun tahukah anda? selain masakan padang, ada banyak sekali jenis makanan khas asli Indonesia yang juga disukai oleh orang orang dari luar negeri lho, bahkan makanan ini sering dijadikan sebagai industri kuliner di berbagai negara, jadi bukan hanya dikonusmsi pribadi saja, melainkan juga menjadi salah satu sisi industri kuliner yang populer. Jadi mulai sekarang, hilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan dari luar negeri sebagai gaya hidup ya, karena makanan khas Indonesia dibawah ini juga tak kalah enak dari Sushi, Hamburger dan makanan luar negeri lainnya.

1. Sop buntut, makanan khas Indonesia yang populer di Negeri Spanyol

kuliner sop buntut yang enak dan lezat via http://www.netirecipes.com

Bagi anda yang sering menjajal berbagai aneka kuliner di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan yang namanya "Sop Buntut" bukan? Ya, Masakan khas indonesia ini ternyata bukan hanya populer dan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia saja, sop buntut yang merupakan makanan dari potongan ekor sapi begitu disukai oleh masyarakat dari penjuru dunia, hal ini dipengaruhi karena rempah-rempah dan kaldu sapi yang sangat menggoda dalam sop buntut ini. bahkan saking enaknya, makanan asli Indonesia Sop Buntut ini pernah dijadikan sebagai makanan penyaji di kedutaan besar Republik Indonesia di Spanyol, tepatnya di Kota Madrid.

2. Gudeg, makanan khas Yogyakarta yang mendunia

enaknya gudeg khas yogyakarta via https://id.wikipedia.org

Siapa sih yang tidak tahu makanan asli khas Yogyakarta yang satu ini? Di Indonesia, Gudeg sangatlah disukai karena cita rasa nya yang lezat serta khas akan masakan dari Yogyakarta, bukan hanya sekedar disukai oleh wisatawan saja, Popularitas Gudeg bahkan sudah sampai ke Australia dan di sana terdapat Warung Gudeg di Kota Melbourne di kawasan Clayton Road, sudah pasti hal ini dikarenakan begitu banyaknya pecinta masakan asli Indonesia yang satu ini.

3. Gado-gado, kuliner Indonesia yang disukai di Negara Italia

Advertisement

gado gado, makanan dengan bahan lengkap nan nikmat via https://www.weightwatchers.com

Makanan super lengkap yang satu ini juga bisa disebut sebagai makanan asli Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat dunia, gado-gado merupakan makanan campuran dari berbagai sumber bahan makanan sehat mulai dari tahu, tempe, sayuran, telur dan lain sebagainya. makanan khas Indonesia ini bisa dibilang saladnya orang luar negeri, gado-gado bahkan pernah menyabet juara pertama pada lomba memasak di Napoli, Italia!

4. Indomie goreng, kuliner sederhana namun sangat mendunia

indomie seleraku via http://www.indomie.com

Bukan hanya identik untuk anak kos di indonesia, Indomie goreng juga ternyata menjadi salah satu makanan idaman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia dan yang paling dominan adalah di negara negara timur tengah serta Afrika. Indomie goreng bahkan sudah menjadi salah satu makanan yang dijual dan laku keras di banyak negara dan yang uniknya lagi, Indomie goreng dijadikan sebagai hadiah kado Natal di negara seperti Amerika Serikat. namun ada beberapa sentuhan sedikit dalam hal pengolahan mi goreng di luar negeri yakni dengan mencampurkan berbagai bahan makanan lain yang tentu akan membuat rasanya makin lezat.

5. Tempe, makanan yang sering diremehkan, nyatanya di luar negeri sangat disukai

warung tempe di inggris, keren! via http://www.visioner.id

Orang Indonesia asli pasti tahu banget dong dengan Tempe? Makanan yang dari dulu menjadi salah satu makanan pokok sehari-hari ini memang banyak yang meremehkan karena harganya yang murah, namun anda jangan berpikir demikian, karena faktanya, Makanan Tempe justru sangat populer di Negeri Inggris tepatnya di London bahkan ada warung Tempe dan respon masyarakat di London pun sangat antusias dan menyukai tempe.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai makanan khas Indonesia yang disukai dan Populer di dunia selain makanan padang, kini masyarakat Indonesia patut berbangga, adanya makanan di atas telah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia, so masih malu? Makan makanan khas dari negeri tercinta Indonesia sendiri?