Negara Inggris, salah satu negara besar di Benua Eropa dan memiliki Ibukota yang berpusat di Kota London. Memiliki beragam budaya dan juga pesona kota metropolitan nan megah. Negara yang memiliki kerajaan kokoh, dan sejarah yang melekat dan tak terlupakan. Di tambah dengan aksen sexy yang dimiliki oleh orang-orang Inggris, bahkan sebuah kiasan mengatakan

"If I Had British Accent, I'd Never Shut Up"

Jika berbicara mengenai Negara Inggris, kita tidak akan pernah bisa memisahkan sepakbola dengan negara tersebut. Pada mulanya jenis olahraga ini hanya sebagai hiburan semata, dan berubah menjadi sebuah budaya yang lekat dengan masyarakat Inggris.

1. Sejarah sepak bola Inggris

sejarah sepakbola Inggris

sejarah sepakbola Inggris via http://www.coachfactory-outlet.cc

Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan sepak bola bisa menjadi terkenal di Inggris, tapi sejak abad ke 19 setiap kota di Inggris pasti memiliki sebuah klub. Sekitar tahun 1963, babak penting terjadi di sejarah sepakbola Inggris. Ketika beberapa klub sepakbola dari seluruh penjuru di Inggris (Terutama London) bertemu di ibu kota Inggris dan membentuk sebuah konstitusi sepakbola, FA (Asosiasi sepakbola tertinggi di Inggris) yang memiliki kepentingan luar biasa sepanjang sejarah sepak bola Inggris, dan menjadi FA sebagai asosiasi sepak bola tertua di dunia.

Salah satu bukti jika sepakbola telah lama diterima keberadaannya di Inggris dengan adanya klub sepakbola tertua yang bahkan berdiri sebelum The FA, Sheffield FC, yang berdiri pada tahun 1957. Inggris dianggap sebagai tempat munculnya sepakbola di era moderen, mereka juga memiliki banyak pemain berkualitas dan tidak hanya bermain di kampung halaman, melainkan juga ke beberapa negara lainnya.

2. Sepak bola selalu memiliki tempat di hati rakyat Inggris

juergen klopp

juergen klopp via https://bola.okezone.com

Advertisement

Di Inggris akan sangat mudah menemukan stadion-stadion yang berada di tengah kota, sebagai bentuk jika sepak bola akan selalu diterima dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat Inggris. Hal ini pula yang menyita perhatian Juergen Klopp, pria berkebangsaan Jerman ini tertarik untuk menjajal sepak bola Inggris dan sekarang Klopp telah melatih salah satu klub besar yang berada di kasta tertinggi Liga Inggris.

Klopp pun mengatakan jika stadion sepak bola jarang ditemukan di tengah Kota Jerman. Jika ada stadion, maka warga di sana akan menentang keras keberadaannya, sangat berbeda dengan keadaan di Inggris.


“Di Inggris, anda memiliki beberapa stadion di dalam kota. Hampir di setiap wilayah di Inggris memiliki tim di Liga Inggris. Mereka sukses dan bisa memiliki dana yang cukup,” (Utomo, Wahyu: 2016)


3. Stadion Wembley: Markas The Three Lions, kebanggaan rakyat Inggris

Advertisement

Inggris memiliki stadion yang berpusat di Kota London, Stadion Wembley. Stadion ini merupakan markas milik Tim Nasional Inggris, dan menjadi salah satu tempat yang bergengsi dan membanggakan milik rakyat Inggris. Wembley juga mengalami beberapa kali pemugaran, FA berani menggelontorkan banyak dana untuk memperbarui Wembley, FA yakin jika pemugaran Wembley akan menjadi investasi yang besar.

Tidak sia-sia, sekarang Wembley telah menjelma menjadi salah satu stadion megah yang tidak hanya menyajikan pertandingan olahraga bergengsi tingkat International, tapi juga sebagai tempat konser musik.

Kapasitas Wembley saat ini mencapai sekitar 90.000 orang, konstruksi baja yang digunakan mencapai 99.000 ton dengan lengkungan baja yang mengitari stadion terlihat mewah dengan tinggi 140 meter dan dapat dilihat hingga ketinggian 21 km dari luar stadion. Pantas dianggap sebagai landmark Kota London.

4. Jalan-jalan ke Stadion Wembley

Suasana Tour Wembley

Suasana Tour Wembley via http://www.wembleystadium.com

Jika sedang berkunjung ke salah satu kota atau bahkan negara, pasti kita ingin datang ke tempat pariwisata yang menjadi ikon di tempat tersebut. Stadion kebanggan masyarakat Inggris ini bisa menjadi salah satu tujuan yang pasti akan sangat ditunggu-tunggu, terutama bagi pecinta sepak bola dari seluruh penjuru dunia. Stadion Wembley telah dipersiapkan sebagai salah satu tempat tour yang tidak bisa dilewatkan jika anda berkunjung ke Kota London.

Dikutip dari situs resmi Stadion Wembley, kunjungan ke Stadion Wembley akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi seluruh keluarga. Tur akan menunjukkan beberapa lokasi eksklusif yang berada di dalam Stadion Wembley seperti ruang ganti Tim Nasional Inggris, ruang pers, dan masih banyak lagi.

Di dalam situs tersebut juga telah mencakup berapa lama waktu touring dan berapa biaya yang akan dibutuhkan jika ingin melakukan touring. Bagi yang berminat mengikuti tour ke Stadion Wembley, prepare your bag!.

5. Boxing Day: Perayaan Natal Hingga ke Stadion

Boxing day

Boxing day via https://m.kumparan.com

Satu hari setelah natal, atau yang biasa disebut dengan Boxing day. Ketika liga sepak bola di negara lain diliburkan, di Inggris kita masih akan tetap disajikan dengan kurang lebih 10 pertandingan yang dimainkan secara bersamaan. Mulai dari liga kasta terendah sampai tertinggi di Inggris akan tetap bermain, karena itulah beberapa pemain sepakbola yang bukan berasal dari Inggris pasti akan merasa kurang nyaman dengan situasi ini, namun tidak sedikit pula yang tetap menikmati tradisi Boxing Day.


“Seorang pemain Afrika yang saya kenal mengalami apa yang disebut dengan culture shock. Secara fisik, dia baik-baik saja, namun dia seperti tidak tahan bermain di Inggris. menurutnya Natal adalah dengan keluarga, bukan menjadi gladiator lapangan,” Ucap Jonathan Wilson, salah seorang jurnalis Inggris yang dikutip dari Kumparan (Anonim, 2017)


Perayaan Natal bisa dirasakan di stadion juga. Natal yang seharusnya dihabiskan di rumah bersama keluarga menjadi tidak hanya perayaan bersama keluarga besar, melainkan perayaan bersama komunitas pecinta sepak bola di stadion. Jonathan Wilson pun mengatakan dalam Boxing Day, yang menjadi motor penggerak adalah mental orang-orang Inggris itu sendiri. Bahwa sedapat mungkin pertandingan sepak bola harus ditonton. Di Inggris sepak bola juga tak hanya jadi tontonan laki-laki dewasa, tetapi juga perempuan dan anak-anak (Anonim, 2017).


“Kami orang-orang Inggris adalah orang-orang yang hidup dengan satu mental: Tontonlah sepak bola, maka kau akan terhibur. Natal adalah liburan, dan semua orang harus senang saat liburan. Maka, tontonlah sepak bola.”


Negara Inggris, tidak hanya negara yang indah dengan tempat-tempat bersejarah saja yang bisa kita ingat, seperti Big Ben, London Eye,dan Tower Bridge. Sepakbola pun akan menjadi salah satu ciri khas Inggris yang tidak bisa dilewatkan. Bukan hanya tempat bersejarah seperti yang di atas telah disebutkan yang wajib kita kunjungi ketika berkunjung ke sana, stadion-stadion sepak bola di sana pun wajib dan patut untuk dikunjungi, mengingat stadion juga menjadi salah satu tempat yang memiliki sejarah dan begitu melekat dengan kehidupan warga Inggris, salute!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya