Kebanyakan orang khususnya anak muda pasti sangat ragu untuk berinvestasi. Jangankan investasi, menabung sehari-hari saja rasanya malas dan sayang akan uang yang ditabung. Padahal secara logika, kita menabung juga untuk diri kita sendiri, kita bisa menikmatinya suatu saat nanti apabila membutuhkannya. Hal ini memang lumrah karena ada banyak kasus di mana orang yang melakukan investasi justru rugi karena investasinya memang abal-abal. Namun, di sini saya tidak akan membahas hal itu, karena memang investasi itu jenisnya banyak dan bagus tidaknya atau pun untung ruginya itu menurut pribadi masing-masing. Di sini saya ingin mengulas mengenai apa saja sih alasan kenapa kita yang masih muda harus berinvestasi.

Sudah terlalu banyak contoh orang kaya yang sukses, di mana mereka memulainya saat masih muda, mereka sudah melakukan investasi besar-besaran di usia muda. Saya pernah dengar ada quotes yang bunyinya begini "the wise man once said invest young". Maka dari itu yuk mulailah berinvestasi, tidak harus investasi dalam jumlah yang besar, investasi sedikit demi sedikit saja tak masalah.

Dari tadi berbicara investasi dan investasi, sama aja kaya nabung ya? bedanya apa? Jelas beda, jika menabung kita hanya menyimpan uang kita, beda halnya dengan investasi, kita bisa memperoleh keuntungan dari investasi kita, tidak seperti menabung yang jumlah uang yang didapatkan kita, ya sama besar dengan yang kita tabung. Misalnya investasi rumah atau pun tanah, harga rumah dan tanah selalu naik, maka dari itu investasi disebut menguntungkan.

1. Keuntungan semakin tinggi

Investasi yang menguntungkan via http://forexstarmoon.com

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, investasi itu sifatnya menguntungkan, asal produk investasinya tepat. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan rugi jika berinvestasi, ya memang ada saja resikonya, misalnya kita investasi rumah, bisa saja rumah kita mengelami kebakaran atau hal-hal buruk lain (jangan sampai terjadi) yang tentu membuat kita jadi rugi. Tapi yang perlu diingat, investasi itu menguntungkan!

2. Menghindari kehidupan yang boros dengan membeli berbagai barang mahal

Menghindari kehidupan boros via http://waydeemuslim.com

Mayoritas orang akan mudah tergoda untuk membeli berbagai macam produk yang mereka inginkan meskipun harganya sangat mahal sekali pun, tanpa memikirkan barang tersebut memang kita butuhkan atau tidak. Misalnya tak ragu membeli produk tas-tas branded dari luar negeri yang harganya berjuta-juta dan masih banyak lagi. Dengan kita berinvestasi, kita tidak akan mudah tergiur dengan hal-hal semacam itu, di mana di era modern sekarang, gaya hidup itu sama sekali tidak perlu, mending untuk keperluan yang memang kita butuhkan.

3. Penyelamat di masa depan, saat kita butuh uang

Advertisement

Investasi untuk hari tua via http://hipwee.com

Inilah yang mungkin menjadi inti dari pentingnya investasi di usia muda. Yap! dengan berinvestasi, otomatis kita membuat tabungan masa depan, yang bisa jumlahnya berkali lipat lebih banyak. Jika suatu saat anda butuh dana, misalnya saat anda sudah menjadi orang tua yang memiliki anak dan anak anda memiliki kebutuhan untuk sekolah ataupun kuliah, dalam kondisi anda sudah pensiun dan tidak aktif bekerja, sudah pasti investasi anda pada zaman dahulu adalah sang penyelamat.

4. Percayalah, kebutuhan anda sebagai anak muda tidak ada apa-apanya jika sudah menjadi orang tua

Kehidupan boros anak muda via https://www.upstation.id

Di masa muda, okelah kita membeli berbagai barang mahal, makan makanan enak dan gaya hidup modern. Mungkin kebanyakan orang berpikir di masa muda adalah masa di mana butuh yang namanya kebutuhan finansial terbesar, tapi justru itu kebalik. Di masa muda, kebutuhan hidup kita tidak ada apa-apanya jika kita sudah menjadi orang tua. Saat menjadi orang tua, anda akan dituntut untuk memenuhi kebutuhan keluarga, anak, bahkan saudara-saudara anda sekali pun. Tentu saja berbeda di masa muda di mana kita bebas dan merasa bahwa sesuatu yang kita punyai hanya untuk kita sendiri, apa jadinya jika masa muda anda tidak berinvestasi? Tentu di masa tua anda akan mengalami kebutuhan yang super tinggi, di mana kondisi keuangan anda sudah pas-pasan karena anda habiskan di masa muda.

5. Harga barang sekarang masih murah, suatu saat pasti naik

Harga barang terus naik via http://www.mag.co.id

Hal inilah yang paling tidak disadari oleh mayoritas orang, Ya! harga berbagai barang itu masih sangat murah, tidak sebanding dengan sepuluh tahun yang akan datang atau pun lebih dari waktu itu. Misalnya saja tanah, perlu anda tahu bahwa harga tanah itu naik tiap tahun, akan sangat menguntungkan jika anda mulai berinvestasi mulai dari sekarang. Bukan hanya tanah, berbagai barang lain seperti emas, rumah, dan lain sebagainya juga naik.

Masih belum yakin untuk berinvestasi? Tentu saja semua itu tergantung pada niat diri anda sendiri ya, tidak ada paksaan di dalam artikel ini untuk anda berinvestasi. Namun, jika anda masih orang yang berakal, tentu memikirkan apa yang harus diinvestasikan mulai dari sekarang adalah yang terbaik.