Sering Bertengkar Dalam Hubungan Tanda Langgeng? Tidak Juga Jika 6 Hal Ini Penyebabnya

Terkadang bertengkar dalam sebuah hubungan bisa menjadi pertanda baik dan buruk.

Banyak yang bilang kunci langgeng dalam hubungan itu haruslah memperbanyak perselisihan dengan pasangan? ada juga yang bilang kalau hubungan baik-baik saja dengan kata lain jarang bertengkar itu malah tak sehat. Memang ada benarnya jika kadang pertengkaran atau perselisihan itu menjadikan suatu pasangan saling mengambil pelajaran atau menunjukkan bahwa suatu hal disampaikan dengan gamblang. Dengan perselisihan juga biasanya dikeluarkan dengan jujur dari perkataan dan perdebatan sehingga tak ada yang disembunyikan.

Dari semua itu juga bertengkar memang tak selamanya buruk. Pertemuan dua argumen, opini, keinginan dan tujuan yang berbeda memang kadang berujung konflik. Banyak yang sudah membuktikan hal ini karena memang konflik dalam hubungan itulah bumbu-bumbu penghiasnya. Dari sanalah muncul pemahaman, kesimpulan yang terbaik bagi keduanya dan bahkan hikmah dari setiap pertengkaran.

Tetapi pada dasarnya pertengkaran yang tak baik juga tetap ada dan mengganggu. Bukan masalah sering atau tidaknya namun lebih kepada pemicunya. Berbagai pemicu tersebut mungkin ada baiknya dipertimbangkan jika sudah menuju kepada hubungan yang tidak sehat. Beberapa hal yang harus dicurigai dan dijauhi tentang penyebab pertengkaran yang tidak sehat bisa kamu perhatikan ya.

Advertisement

1. Pertengkaran yang Mengungkit Masa Lalu

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Masa lalu memang sudah lewat dan berakhir. Meski dilupakan tapi tetaplah ia kan mengganggu. Tapi bagai manakah jika pasangan mengungkit masa lalu kamu yang kelam? ataupun kesalahan-kesalahan kamu yang sebenarnya sudah kalian sepakat melupakannya? Bisa jadi ia masih merasa tidak terima, selalu mengingatnya serta belum memaafkan sepenuh hati. Sehingga ujungnya mungkin tak baik karena Ia masih belum menerima kamu yang telah berubah.

2. Sebab Perselingkuhan

Photo by Alex Green from Pexels

Photo by Alex Green from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak yang bilang kalau berbagai macam kesalahan bisa dimaafkan kecuali pengkhianatan alias selingkuh. Jika kamu menemuinya seperti itu dan bisa dipastikan akan terjadi berulang-ulang. Mengapa? Karena layaknya meminta maaf dan mengulanginya akan terjadi sebab perbuatan tersebut adalah bentuk bahwa ia tak lagi menghargaimu dan menganggapmu.

Advertisement

Pada akhirnya ia akan selalu mencari kesenangan dengan orang lain karena Kamu bukan apa-apa lagi walaupun Kamu sering mendapatinya berjanji setelah bertengkar.

3. Melakukan Kesalahan yang Berulang-ulang

Photo by Budgeron Bach from Pexels

Photo by Budgeron Bach from Pexels via https://www.pexels.com

Kebiasaan itu sulit dilupakan, bilangnya mau berubah ternyata tidak. Kesalahan yang berulang-ulang itu layaknya kebiasaan buruk. Ia tak mengindahkan ucapanmu dan tidak berubah sedikitpun dari sebelumnya.

Jika pasanganmu sudah sering melihatmu melakukan kesalahan yang berulang-ulang dan kalian berkonflik, ada kalanya ia sudah lelah, bosan, menyerah dan pergi. Karena pertengkaran yang berulang-ulang itu melelahkan.

4. Membandingkan Pasangan dengan Orang lain

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang tak suka dibanding-bandingkan? hampir semuanya setuju. Tidak bisa dipungkiri bahwa dibandingkan dengan seseorang adalah bentuk bahwa kamu tidak dihargai. Padahal memang sekalipun kamu salah tapi kamu tidak pantas dan tak boleh dibandingkan dengan orang lain.

Jika sedang bertengkar cukuplah libatkan kalian saja. Tak perlu bawa-bawa orang lain terlebih lagi mantan Kalian. Pertengkaran yang dibumbui dengan hal ini akan membuat siapapun muak karena ia akan berpikir bahwa ia tak dihargai.

5. Ancam Mengancam

Photo by Alex Green from Pexels

Photo by Alex Green from Pexels via https://www.pexels.com

Pertengkaran biasanya diselesaikan dengan pemahaman dan baik. Namun jika sudah bernada ancaman atau berisi keinginan yang tak masuk akal? jelas sudah bukan hubungan yang sehat. Hubungan ini jelas harus diakhiri dan pasti tak akan baik-baik saja karena logika sudah tak mengiringi.

6. Kesalahan yang Sengaja Dibuat-buat

Photo by Vera Arsic from Pexels

Photo by Vera Arsic from Pexels via https://www.pexels.com

Segala sesuatu yang memicu api pertengkaran bisa disengaja bisa tidak. Ketika laranganmu tak diindahkan lagi.  Bagaimana jika ia sengaja membuat kesalahan lalu bertengkar dan kamu dengan naifnya memaafkan selalu.

Itu akan terjadi berulang-ulang hingga melahap dirimu dalam ketidakjelasan. Bisa saja ia sudah bosan dan ingin mengakhiri hubungan dengan pertengkaran yang selalu Ia buat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan Penulis Tapi Si Kritis

CLOSE