Buat kamu yang pernah atau sedang pacaran, pasti tahu banget kalau pertengkaran menjadi suatu hal yang nggak bisa terpisahkan dari berjalannya suatu hubungan. Memang, sebenarnya ada beberapa keadaan di mana pertengkaran justru menjadi jalan keluar dan membuat hubungan makin awet. Tapi, kalau ributnya karena salah paham, itu sebenernya nggak banget lho.

Setuju nggak kalau kadang pria itu nggak bisa memahami dan mengerti wanita? Bahkan kadang sikap pria itu sungguh menjengkelkan di mata wanita. Tapi apakah kamu pernah menyadari kalau kadang pria juga merasa wanita itu terlalu susah dimengerti? Meski pria dan wanita punya kesamaan di sejumlah hal, tapi keduanya juga berbeda di berbagai aspek lainnya. 

Cara berpikir dan bersikap pria dan wanita itu juga sering berbeda dari waktu ke waktu. Mood, emosi, dan hormon merupakan sejumlah faktor yang menjadikan pria dan wanita bisa sangat berbeda satu sama lain. 

Dalam keadaan kesalahpahaman yang nggak bisa terhindari, nggak heran kalau kadang dalam hubungan akan terjadi salah paham? Lalu sebenarnya apa sih penyebab kesalahpahaman tersebut? Yuk, kita simak di sini.

1. Siapa yang mendengar dan butuh didengar

Saling  menanggapi

Saling menanggapi via http://www.hipwee.com

Advertisement

Sebagai wanita, kita pastinya ingin selalu didengar oleh pasangan. Didengarkan di sini maksudnya bukan sekadar duduk diam lalu mengangguk-anggukkan kepala saja. Wanita baru merasa lega dan tenang saat si pria juga ikut melontarkan sejumlah pertanyaan atau membenarkan apa yang dikatakan oleh wanita. Di situlah baru si wanita merasa kalau dirinya telah didengar dan diperhatikan.

 

2. Sikap lugas pria kadang bikin wanita bete

Baik baik saja

Baik baik saja via https://images.app.goo.gl

Saat pria bilang, “Nggak apa-apa,” maka memang kenyataannya mereka memang sedang baik-baik saja. Tapi kalau wanita bilang, “Nggak apa-apa,” pasti ada udang di balik batu. Wanita ingin pria mencari tahu sendiri alasan atau jawaban saat itu. Padahal pria seringkali menangkap apa yang dikatakan wanita itu sudah jawaban final tanpa harus dicari-cari alasan lainnya lagi.

Advertisement

 

3. Saat pria marah, dia ingin sendiri

Memilih sendiri Photo by Benwhite

Memilih sendiri Photo by Benwhite via http://www.unsplash.com

Pria lebih memilih untuk sendiri ketika sedang marah atau sedang ada masalah. Hanya saja kadang wanita ingin memaksa pria mau bicara dan mengeluarkan uneg-unegnya saat dia marah, padahal justru pria ingin dibiarkan sendiri saat emosinya sedang tak menentu. Hal inilah yang sering memicu kesalahpahaman dalam hubungan.

 

4. Pria jarang punya inisiatif bertanya

Setelah membicarakan sebuah masalah misalnya, pria jarang punya inisiatif bertanya pada wanita. Padahal wanita selalu ingin bisa memberikan kejelasan dan membutuhkan kepastian dari setiap masalah yang ada. Kalau pria cuma diam saja, si wanita bisa merasa tak dianggap penting.

 

5. Pria benci ditanya pertanyaan yang sama berulang-ulang

Terkadang benci

Terkadang benci via https://images.app.goo.gl

Ini nih yang juga sering memicu konflik atau kesalahpahaman dalam hubungan. Pria itu kadang bisa benci sekali jika ditanya hal yang sama berulang-ulang. Bahkan ia bisa merasa tersinggung. Meski di sisi lain, wanita sebenarnya sangat menikmati dan bahagia jika bisa memberi perhatian dengan menanyakan kabarnya sesering mungkin.

 

6. Jawaban pria yang pendek-pendek sering bikin sebal

Bikin sebel Photo by Yoppygokil

Bikin sebel Photo by Yoppygokil via http://www.unsplash.com

Pernah nggak sih kamu mengalami situasi ketika kamu menanyakan kabarnya tapi jawabannya super singkat? Sementara kamu sangat berharap dia bisa memberi jawaban yang lebih panjang dan detail. Dan hal ini bisa membuatmu sebal dan memicu masalah dalam hubungan.

 

7. Wanita butuh kejelasan tapi kadang pria begitu pasif

Coba tanyakan?

Coba tanyakan? via https://images.app.goo.gl

Pria sering menganggap bahwa wanita akan memberitahunya jika ada masalah atau sesuatu yang harus dibereskan. Padahal wanita ingin agar pria bisa lebih aktif atau setidaknya bertanya jika ada masalah atau sesuatu yang tak beres. Benar adanya kalau yang dibutuhkan wanita itu sebenarnya kejelasan dan kepastian.

Bagian terbesar dari sebuah hubungan adalah komunikasi. 

Kamu dan pasanganmu adalah dua individu berbeda yang hanya dapat memahami satu sama lain melalui jalur komunikasi, baik komunikasi yang verbal maupun gestur-gestur yang tersirat. Karena itu, cara terbaik untuk menghindari pertengkaran dengan pasangan akibat salah paham adalah dengan mengkomunikasikan perasaanmu dan pikiranmu secara jelas kepada pasangan. Ingat, pasangan kita bukan dukun yang mampu membaca isi pikiran kita, maka jangan harap ia akan tahu perasaanmu tanpa kamu utarakan!

Jadi, apakah kamu sudah menemukan akar masalah dari penyebab seringnya kamu bertengkar atau salah paham dengan pasanganmu, gaes?

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya