Ngantuk? Itu manusiawi sih. Tapi apa jadinya kalo kalian ngantuk dalam keadaan yang kurang tepat? Semisal kalian sedang dalam kegiatan belajar mengajar, dan pada saat itu guru kalian sedang menjelaskan materi dengan sangat serius. Tapi apa daya bila rasa kantuk sudah menyerang? Pasti jadi gak konsentrasi kan? Tenang aja, ini ada beberapa tips biar kalian gak ngantuk di kelas. Simak baik-baik yaa..

1. Duduk dengan tegak

Nyeri Pinggang Bawah via http://dokita.co

Coba deh saat kalian mulai pembelajaran duduk dengan sikap yang tegap. Saat rasa penat, hilang fokus, atau mengantuk datang menyergap, tegakkan badan lalu sandarkan ke kursi dengan posisi yang tetap tegak sambil melemaskan bahu, lengan dan kaki dengan cara menggerakkannya secara ringan.

2. Pilihlah kursi paling depan

Urutan Bangku Sekolah yang Cocok Sama Kepribadian Kamu via http://playworld.co.id

Beruntunglah jika kalian mendapatkan tempat duduk dengan kursi paling depan karena dengan begitu kalian akan tetap fokus mendengarkan penjelasan dari guru.

3. Peganglah pulpen

Cara Memiliki Tulisan Tangan yang Indah via http://id.wikihow.com

Advertisement

Nah, untuk mengurangi rasa penat kalian yang dapat menyebabkankan kantuk, peganglah sesuatu misalnya pulpen untuk menghilangkan kepenatan kalian dengan memainkan pulpen itu.

4. Sediakanlah permen

Mintalah ijin ke guru kalian untuk memakan permen di dalam kelas pada saat pembelajaran, dengan alasan untuk mengurangi kantuk dan meningkatkan kefokusan dalam menangkap materi.

5. Perbanyak minum air putih

15 manfaat air putih via http://carakupunya.blogspot.com

Jika kalian kurang suka minum, mungkin ini salah satu penyebab sobat sering mengantuk. Minumlah air putih sebanyak yang kamu mampu. Dengan minum air putih, maka suplai oksigen dalam tubuh kalian akan bertambah lancar yang juga dapat mengurangi rasa kantuk kalian dalam sekejap.

6. Mintalah teman untuk mencubitmu

Ini Dia Keistimewaan Para Wanita Tembem via http://www.wajibbaca.com

Advertisement

Nah untuk hal ini, kamu bisa minta tolong sama teman sebangku kamu. Sebenarnya, kamu bisa sih mencubit diri kamu sendiri tapi rasanya kurang mantap aja. Tapi kalo temen kamu yang cubit? Bisa dijamin kamu bakal langsung melotot hehe..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya