Sering Ngerasa Insecure? 5 Tips Ini akan Bantu Kamu Mengatasinya

Rasa insecure yang berlebihan akan berdampak buruk buat hidup kamu, cari tau cara mengatasinya di sini

Sering kan denger kata insecure di media sosial? Atau kamu salah satu orang yang sering ngerasa insecure? Insecure sendiri singkatnya diartikan sebagai sebuah perasaan cemas atau khawatir akan segala hal, sehingga membuat orang tersebut merasa nggak aman bahkan diselimuti ketakutan.

Perasaan insecure ini mamang normal terjadi, akan tetapi berdampak besar buat kehidupan kamu kalau dirasakan terus menerus. Kondisi ini ditimbulkan oleh banyak sebab, seperti pengalaman buruk, cara pandang yang keliru, sampai sifat perfeksionis. Nah, untuk mengatasinya dan nggak berdampak buruk buat diri kamu, simak 5 cara berikut ini.

Advertisement

1. Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain, setiap individu punya jalan dan kelebihannya masing-masing

Photo by dashu83 via freepik

Photo by dashu83 via freepik via http://freepik.com

Kembar identik sekalipun masih punya perbedaan yang membuat keduanya unik. Apalagi kamu dengan orang-orang yang sering kamu bandingkan. Kamu punya nilai yang nggak dimiliki orang lain, kamu juga punya jalan hidup yang berbeda dengan mereka.

Karena itu stop membandingkan diri dan fokus untuk mencapai tujuan yang kamu punya. Hidup bukan untuk dibandingkan dengan orang lain, bandingkan dengan diri kamu sendiri di masa lalu dan selalu berusaha menjadi lebih baik dari diri kamu sebelumnya.

Advertisement

Coba deh kalau lagi ngerasa insecure, sementara tinggalkan media sosial, karena seringkali posting-an teman-temanmu yang menunjukkan pencapaian bikin kamu mulai membandingkan.

2. Setelah berhenti membandingkan, kamu bisa fokus mencintai dan membahagiakan diri

Photo by wayhomestudio via freepik

Photo by wayhomestudio via freepik via http://freepik.com

Jangan biarkan rasa insecure merenggut kebahagiaanmu, akibatnya bisa membuatmu nggak percaya diri untuk maju selangkah pun. Perasaan itu harus kamu tepis dan mulai fokus melakukan hal-hal/kegiatan yang membuatmu dan orang-orang yang kamu sayang bahagia.

Mencintai diri sendiri bisa kamu lakukan dengan berusaha menjadi lebih baik versi kamu. Misalnya kamu punya rasa insecure akan berat badan, kamu bisa fokus berolahraga dan mengatur pola makan untuk mencapai tubuh yang ideal versi kamu. Ingat ya jangan berpatokan pada standar ideal orang lain. Kamu bisa cari tau berat badan yang pas dengan konsultasi ke dokter atau membaca jurnal kesehatan.

Advertisement

3. Lingkungan sangat mempengaruhi cara seseorang berpikir, dekatkan diri kamu di lingkungan yang positif

Photo by freepik via freepik

Photo by freepik via freepik via http://freepik.com

Lingkungan sosial kamu adalah salah satu faktor yang berperan membentuk sifat dan karakteristik mu di dalam hidup. Punya teman dan dikelilingi oleh orang-orang yang suportif akan membantumu lebih percaya diri.

Sebaliknya lingkungan pertemanan yang nggak suportif malah bikin kamu kesulitan keluar dari perasaan insecure. Kalau sudah ketemu teman-teman yang kayak gini beruntunglah kamu, jaga hubungan pertemanan itu selama mungkin.

4. Temukan sisi positif dan keunggulan diri kamu

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Bangun perasaan bangga akan proses yang sudah kamu jalani sampai detik ini. Meskipun belum banyak pencapaian besar, kamu harus menghargai setiap usaha dan pencapaian kecil yang kamu lalui. Cari tau apa potensi kamu, minat dan bakat kamu untuk kemudian kamu kembangkan. Kalau cuma fokus sama kekurangan, kamu malah akan terus-terusan diselimuti rasa insecure.

5. Syukuri apapun yang kamu dapatkan dimulai dari hal-hal kecil

Photo by katemangostar via freepik

Photo by katemangostar via freepik via http://freepik.com

Lahir sebagai manusia aja kamu dianugerahi nikmat yang luar biasa. Mampu berpikir, bernafas, dan diberi kesehatan sampai saat ini sepatutnya kamu syukuri. Bahkan kamu sudah bisa membaca artikel sampai kalimat ini aja itu juga nikmat lho, banyak saudara kita di luar sana yang belum mendapat akses internet yang bisa digunakan untuk memperluas ilmunya. Kalau kata D'masiv “syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah”.

 

Itu tadi beberapa cara mengatasi insecure yang bisa kamu coba untuk mengubah perasaanmu jadi lebih baik dan percaya diri. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE