The greatness of a culture can be found in its festivals - Siddharth Katragadda

Semua negara di belahan bumi manapun memiliki hari raya dan festival unik yang menjadi ciri khas bahkan simbol dari negara-negara tersebut. Begitu pula dengan Kerajaan Inggris Raya atau United Kingdom alias UK, yang lebih kita kenal dengan sebutan negara Inggris (meskipun sebenarnya Inggris hanyalah merupakan salah satu negara yang tergabung dalam UK).

Seperti Indonesia, Inggris juga memiliki beberapa hari raya dan festival yang sudah kita kenal baik seperti misalnya Tahun Baru, Valentine, Natal, Idul Fitri, Imlek, dan hari raya keagamaan lainnya. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai serunya hari raya dan festival unik yang hanya terdapat di Inggris atau negara-negara persemakmuran lainnya yang berada dibawah kedaulatan Kerajaan Inggris Raya.

1. St. Patrick's Day

Setiap 17 Maret, semua orang Irlandia di berbagai penjuru dunia merayakan hari raya yang dikenal dengan nama St. Patrick's Day. St. Patrick adalah seorang misionaris sekaligus uskup Irlandia pada abad ke 5 yang kemudian diabadikan menjadi sosok Santo pelindung Irlandia. Menurut legenda, ia menggunakan semanggi berdaun 3 untuk menjelaskan konsep Tritunggal dalam penyebaran agama Katolik kepada orang-orang Irlandia jaman dahulu.

Selain daun semanggi, dua simbol lain yang identik dengan St. Patrick's Day adalah warna hijau yang sering diasosiasikan dengan Irlandia sejak tahun 1600an dan leprechaun, makhluk mitologi asal Irlandia dengan wujud peri berjanggut yang mengenakan jas dan topi berwarna hijau. Ketiga simbol tersebut selalu muncul dalam setiap perayaan St. Patrick's Day di belahan dunia manapun.

Advertisement

Perayaan ini merupakan festival nasional yang paling banyak dirayakan di seluruh penjuru dunia selain di Irlandia, terutama di negara-negara yang memiliki komunitas keturunan Irlandia yang cukup besar seperti Amerika Serikat, Brazil, Australia, Argentina, New Zealand, Kanada, dan tentu saja, UK. Kalau kamu sedang berkunjung ke negara-negara tersebut saat perayaan ini sedang berlangsung, jangan lupa untuk mampir ke pub atau bar Irlandia terdekat agar kamu dapat mencicipi berbagai jenis makanan dan minuman khas Irlandia yang tersedia khusus di hari itu saja.

2. Summer Solstice

Summer Solstice merupakan permulaan titik balik matahari di musim panas yang disebabkan oleh kemiringan bumi terhadap matahari, di mana siang hari akan berlangsung jauh lebih lama dari biasanya sementara malam hari hanya berlangsung beberapa jam saja. Peristiwa ini hanya terasa oleh mereka yang berada jauh dari khatulistiwa dan semakin mendekati kutub bumi, efeknya akan semakin terasa.

Di UK, peristiwa Summer Solstice ini dirayakan oleh ribuan orang yang berkumpul di Stonehenge untuk menyaksikan terbitnya matahari di ufuk Timur. Lokasi ini dipilih karena dipercaya oleh banyak orang sebagai situs perayaan Summer Solstice sejak ribuan tahun yang lalu. Formasi bebatuan tersebut sudah ada sejak sekitar 2000 tahun sebelum masehi dan dapat menandakan letak matahari terbit dan terbenam dengan akurat.

Advertisement

Selama perayaan ini berlangsung, kamu dapat menyaksikan berbagai aksi menarik, seperti para Druid berjubah yang menyambut sinar matahari terbit dengan ritual Celtic mereka yang khas, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga turis yang datang dan berkemah di sekitar Stonehenge sebelum dan selama perayaan ini berlangsung.

3. Glastonbury Festival

Glastonbury merupakan sebuah festival musik dan seni kontemporer yang berlangsung selama 5 hari di Inggris. Dinobatkan sebagai festival ruang terbuka hijau terbesar di dunia, Glastonbury dihadiri oleh sekitar 175.000 orang setiap tahunnya.

Di festival ini, kamu dapat menyaksikan berbagai pertunjukan, mulai dari seni teater, sirkus, kabaret, hingga pertunjukan musik yang menampilkan artis papan atas dunia. Nama-nama terkenal seperti Beyonce, Muse, David Bowie, Arctic Monkeys, Jay-Z, Adele, Oasis, hingga Rolling Stones tercatat pernah tampil dan memeriahkan festival ini.

Festival ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1970 dan diakui sebagai bagian penting dari sejarah budaya bangsa Inggris. Kalau kamu seorang penyuka konser musik sejati, jangan lewatkan Glastonbury tahun ini yang akan diadakan pada tanggal 4 Agustus 2018.

4. Edinburgh Festival Fringe

Seniman jalanan

Seniman jalanan via https://www.thestage.co.uk

Pernahkah kamu menyaksikan festival dengan susunan acara sebanyak 53.232 performance dari 3.398 event yang diadakan di 300 venue dan berlangsung selama 25 hari? Festival seni The Fringe yang diadakan setiap bulan Agustus di ibukota Skotlandia, Edinburgh (baca: Edin-brah) ini dinobatkan sebagai pagelaran seni terbesar di dunia.

Pada awalnya, The Fringe diadakan oleh 8 orang seniman yang dilarang tampil dalam acara Edinburgh International Festival pada tahun 1947 sebagai bentuk protes terhadap larangan tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, popularitas The Fringe semakin meningkat sebagai simbol atas perjuangan terhadap kesewenang-wenangan penguasa, sebuah semangat yang terus dikobarkan dalam setiap pagelarannya hingga masa kini.

Festival The Fringe ini terbuka bagi semua seniman di seluruh dunia untuk berpartisipasi dan menunjukkan bakat seni mereka. Pertunjukkan yang ditampilkan umumnya meliputi pertunjukan teatrikal, komedi, musikal, opera, sirkus, kabaret, akrobat, pameran, tarian, dan masih banyak lagi. Venue-nya pun bermacam-macam. Ada yang diadakan di gedung khusus pertunjukan, di pinggir jalan, di teater terbuka, hingga di rumah-rumah penduduk.

Bagi para penyuka seni yang sedang berada di UK pada bulan Agustus, pastikan untuk mengunjungi Edinburgh untuk menyaksikan aneka ragam pentas seni menarik yang takkan terlupakan seumur hidupmu.

5. Notting Hill Carnival

Setiap bulan Agustus, jalan Notting Hill di bagian barat kota London akan bertransformasi menjadi sebuah amalgamasi penuh warna, musik, tarian, dan keceriaan selama dua hari. Sering disetarakan dengan karnaval Rio de Janeiro yang merupakan karnaval paling meriah di dunia, Notting Hill Carnival merupakan salah satu ikon kota London yang diadakan secara rutin setiap tahun sejak 1966.

Saat karnaval ini berlangsung, warga kota London akan memenuhi jalanan yang dihiasi warna-warni dan diiringi dengan dentuman musik yang membahana. Sebagian dari mereka juga akan menampilkan berbagai keahlian mereka sambil berparade, seperti bermain musik, sulap, pantomim, tari-tarian, dan lainnya. Sebagian lagi berlenggak-lenggok sambil mengenakan kostum rancangan mereka yang unik dan berwarna-warni. Sungguh sebuah peristiwa spektakular yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

6. Guy Fawkes Bonfire Night

Tahun 1605. Sebuah kelompok bernama The Gunpowder Plot berkomplot untuk meledakkan gedung Parlemen dengan tujuan menggulingkan pemerintahan sekaligus menghabisi raja Inggris saat itu yaitu King James I. Rencana tersebut berhasil digagalkan dan salah seorang konspirator utamanya, Guy Fawkes, ditangkap pada tanggal 5 November 1605 saat sedang menjaga bahan peledak yang disimpan dibawah gedung Parlemen. Fawkes dan komplotannya dieksekusi tak lama sesudahnya, tetapi ideologinya tetap hidup dan dirayakan hingga hari ini.

Setiap tanggal 5 November, warga Inggris memperingati kegagalan Guy Fawkes tersebut dengan cara menyalakan api unggun, obor, petasan, serta kembang api dalam arak-arakan sambil menyerukan frasa berikut:

Remember, remember the fifth of November, gunpowder, treason and plot. I see no reason why gunpowder treason should ever be forgot!

Kisah Guy Fawkes inilah yang menjadi inspirasi novel grafis yang kemudian diadaptasikan menjadi film yang dirilis di tahun 2005, yaitu V For Vendetta. Kini, topeng Guy Fawkes dikenal sebagai simbol protes bagi mereka yang berjuang melawan tirani dan penindasan pemerintah terhadap rakyatnya, seperti contohnya grup hacktivist Anonymous yang selalu mengenakan topeng Guy Fawkes untuk menutupi identitas para anggotanya.

7. Festival-festival Lainnya yang Tak Kalah Seru

London Fashion Week

London Fashion Week via https://trendland.com

Selain keenam festival di atas, masih banyak festival lainnya seperti London Fashion Week, sebuah pagelaran busana akbar yang diadakan 2 kali dalam setahun pada bulan Februari dan September. Ada juga festival-festival sosok santo pelindung negara-negara UK lainnya yang tak kalah meriah dari St. Patrick's Day seperti St. Andrew's Day, santo pelindung Skotlandia yang dirayakan setiap 30 November, dan St. David's Day, santo pelindung Wales yang diadakan setiap 1 Maret.

Maka dari itu, jika kamu hendak berkunjung ke UK, sebaiknya kamu mengatur tanggal kepergianmu agar bertepatan dengan festival atau perayaan yang ingin kamu lihat dan rasakan secara langsung. Tunggu apalagi, ayo atur jadwal berliburmu sekarang juga! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya