Serunya Nonton Bola dan Traveling Ke UK

Mungkin sebagian orang masih bingung mendengar United Kingdom atau Britania Raya, orang lebih terasosiasi dengan Inggris atau England jika membicarakan negara Ratu Elizabeth tersebut. Padahal Inggris adalah negara bagian dari Britania Raya yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales.

Pada bulan maret tahun lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi UK tepatnya di Inggris selama 4 hari 3 malam untuk menyaksikan secara langsung pertandingan EPL ( English Premiere League) yang sangat tersohor itu antara Liverpool versus Arsenal di stadion Anfield Liverpool.

Perjalanan panjang ditempuh selama hampir 20 jam dari Jakarta menuju Manchester terasa menyenangkan karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali karena ada sponsor yang membiayai perjalanan saya hehehe.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Selamat Datang di United Kingdom

Liver Building

Liver Building via https://www.instagram.com

Setibanya kami di kota Manchester pukul 06.00 waktu setempat dan langsung disambut dengan udara dingin yang menusuk hingga ke tulang (lebay dikit boleh lah ya), suhu udara saat itu sekitar 7-10 derajat celcius. Lemak tubuhku dan jaket yang kupakai pun tidak sanggup menahan rasa dingin tersebut ditambah angin berhembus cukup kencang. Langsung saja kami masuk kedalam bus untuk melanjutkan perjalanan darat kami sekitar satu jam lebih ke kota Liverpool.

Akhirnya sampai juga nih di kota Liverpool yang cukup sepi dan udaranya lebih dingin lagi karena di kota pelabuhan ini anginnya kencang sekali, kami langsung bergegas menuju hotel untuk menaruh barang barang kami dan segera meninggalkan hotel karena siang itu juga kami akan melakukan stadium tour di Anfield.

2. Mengunjungi Anfield Stadium

Anfield Stadium

Anfield Stadium via https://www.instagram.com

Tiba juga di Anfield stadion kebanggaan warga Liverpool yang penuh sejarah kejayaan masa lampau, kami langsung melakukan photo session di depan stadion sebelum melakukan tour. Siang itu cukup ramai peserta tour dari berbagai negara dan tentunya Indonesia hehehe.

Kami diajak oleh tour leader dari klub liverpool untuk mengelilingi ruangan yang ada di sana seperti ruang press conference, dan tentu saja masuk ke dalam stadionnya. Sayang di hari pertandingan kami tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang ganti pemain dan tempat jalan para pemain memasuki lapangan. Cukup mengecewakan karena belum sah rasanya jika tidak memegang tulisan This Is Anfield pada jalan menuju lapangan.

3. Menyaksikan Pertandingan Liverpool vs Arsenal

LivArs 5-3-2017

LivArs 5-3-2017 via https://www.instagram.com

Selesai tour stadium kami mengunjungi museum dan melihat berbagai trofi yang telah diraih oleh klub Liverpool, cukup banyak dan berjajar trofinya, namun tidak terlalu besar ukuran museumnya. Saya menyempatkan berfoto dengan trofi Uefa Champions League dan dilanjutkan ke Store untuk membeli beberapa merchandise. Setelah itu kami menyempatkan diri berfoto di depan Goodison Park stadium milik klub Everton yang letaknya tidak jauh dari Anfield.

Akhirnya malam tiba dan kami menyaksikan secara langsung pertandingan Liverpool vs Arsenal yang berkesudahan 3-1 untuk tuan rumah, Saya kurang menikmati pertandingan di karenakan hawa dingin yang luar biasa padahal sudah rangkap 4 lapis pakaian.

4. City Tour Kota Liverpool

The Beatles Museum

The Beatles Museum via https://www.instagram.com

Jadwal kami adalah City Tour Liverpool, dan tour leader kami sangat pengertian kami diberi kesempatan untuk menjajal berbagai macam transportasi seperti Taxi yang sering kami lihat di film Holywood, bus tingkat yang sering kami lihat di internet. Kami mengunjungi beberapa objek wisata seperti pelabuhan Albert Dock, Gereja Katedral Liverpool, dan yang paling seru adalah The Beatles Museum. Ya Liverpool adalah kota kelahiran The Beatles.

Museum ini terletak di daerah Albert Dock, dengan biaya sekitar 15 poundsterling kamu bisa mengetahui sejarah dari The Beatles. Di sana kamu akan dipandu melalui voice recorder yang sudah dibagikan ketika akan memasuki museum. Banyak hal-hal keren yang bakal kamu dapatkan didalamnya, nggak rugi pokoknya terutama buat pecinta mereka.

5. Mengunjungi Emirates Stadium

Emirates Stadium

Emirates Stadium via https://www.instagram.com

Pagi hari kami langsung check out dan meninggalkan kota Liverpool untuk menuju ke London! Super excited karena mengunjungi kota ini adalah hal yang paling saya nanti nantikan selama ini. Kami menggunakan transportasi kereta cepat sekitar 3 jam perjalanan dan sekali transit.

Setibanya di stasiun london kami langsung dijemput oleh mobil yang akan mengantarkan kami mengelilingi kota London. Tujuan pertama kami adalah Emirates Stadium kandang klub Arsenal yang dikalahkan Liverpool dua hari lalu dan kami menyempatkan diri untuk berswafoto di depan stadium dan berbelanja di store arsenal namun tidak melakukan stadium tour karena waktu yang tidak memungkinkan.

6. City Tour Kota London

Tower Bridge

Tower Bridge via https://www.instagram.com

London berbeda dengan Liverpool, di sini jalanan sangat padat apalagi di siang hari. Kami bergegas melanjutkan perjalanan kami dari Emirates Stadium untuk city tour mengunjungi tempat-tempat iconic di London seperti Buckingham Palace, Tower Bridge (letaknya bersebelahan dengan London Bridge), Hyde Park, London Eye dan Victoria Tower (Big Ben berada di atas Victoria Tower). Sayang kami terlalu sore sampai kesana sehingga hasil foto kami kurang maksimal dan akan mencoba kesana lagi esok pagi untuk mendapat foto yang terbaik hehe.

7. Mengunjungi Abbey Road

Malam hari kami mencoba untuk napak tilas untuk mengunjungi zebra cross paling tenar sedunia di Abbey Road, ya zebra cross itu dipakai untuk cover album The Beatles. Kami berfoto dan mencoba meniru gaya The Beatles hehehe seru sekali.

8. Swafoto di London Eye & Big Ben

Hari terakhir kami di London dan kami langsung menuju kembali ke tempat wisata untuk berfoto ulang dengan pencahayaan yang lebih oke karena di pagi hari, agar perjalanan jauh kami ke UK tidak sia-sia karena hasil foto tidak bagus (niat banget ya). Sekitar dua jam kami menghabiskan waktu untuk berkeliling dan berfoto dan segera kembali ke hotel untuk check out dan menuju bandara London.

9. Akhir Perjalanan Saya

Perjalanan singkat namun sangat menyenangkan dan berkesan seumur hidup saya, saya berjanji dalam diri saya untuk kembali secepatnya ke UK karena negara saya sangat membekas di hati saya setelah Indonesia tentunya.