Pernah nggak sih kamu punya rasa tak enak hati ketika harus menolak ajakan seseorang? Karena rasa tak enak hati tersebut, akhirnya kamu mengiyakan permintaan mereka. Namun, akhirnya kamu sendiri yang tak ikhlas melakukannya bahkan merasa menyesal.

Mau bilang “TIDAK” nggak enak hati karena yang meminta teman sendiri.  Ya, kadang kita merasa tidak enak hati terhadap permintaan teman atau orang-orang terdekat. Padahal, setiap orang punya hak untuk menolak permintaan orang lain, jika mereka memang tidak mau atau tidak mampu melakukannya. 

1. Kamu punya hak untuk menolak. Jangan merasa tak enak hati

Belajar menolak

Belajar menolak via https://pixabay.com

Advertisement

Belajarlah untuk berani menolak suatu permintaan dalam hal apapun, jika kamu memang tidak ingin menerimanya. Hilangkan rasa “tak enak hati” jika akhirnya membuatmu tidak melakukannya dengan ikhlas setelah meng-iya-kannya. Memang tidak mudah menolak permintaan orang lain, apalagi jika yang meminta orang yang paling dekat dengan kita sendiri. Namun, tidak baik juga lho melakukan sesuatu yang tidak ikhlas. 

2. Tolak permintaannya dengan cara yang baik

Menolak dengan cara baik

Menolak dengan cara baik via https://pixabay.com

Jika kamu tidak bersedia menerima permintaan orang lain, seperti memberikan bantuan, menerima ajakan, atau lainnya, katakan bahwa kamu “Tidak Bersedia” atau menolak. Sampaikan kalimat penolakan yang baik ya, jangan sampai menyakiti perasaan orang lain. Misalnya dengan mengatakan “Maaf saat ini belum bisa membantumu, mungkin kamu bisa meminta bantuan ke orang lain dulu ya

3. Tolaklah tanpa harus mencela

Menolak tanpa mencela

Menolak tanpa mencela via https://pixabay.com

Kamu memang berhak untuk menolak permintaan orang lain, termasuk menolak untuk membantunya. Namun, ingat ya sampaikan penolakanmu dengan baik dan pastinya tak perlu memaki dan mencelanya. Jangan sampai kamu bilang “Kamu merepotkan banget jadi orang, minta tolong terus”. Jika ingin menolak, sampaikan penolakanmu tanpa harus membuatnya sakit hati. 

4. Kalau kamu tak mau dan tak mampu, kamu bisa merekomendasikan orang lain

Merekomendasikan orang lain

Merekomendasikan orang lain via https://pixabay.com

Advertisement

Jika kamu belum bisa membantunya karena berbagai alasan, kamu bisa merekomendasikan orang lain untuk membantunya. Namun, pastikan orang yang kamu rekomendasikan kira-kira bersedia membantu ya. Atau kamu bisa bertanya kepada orang lain yang ingin kamu rekomendasikan kepada temanmu, apakah bersedia membantu permintaan temanmu atau tidak.  

5. Jika tidak bisa membantu, jangan memberi harapan tak pasti

Jangan memberi harapan tak pasti

Jangan memberi harapan tak pasti via https://pixabay.com

Hati-hati berkata “iya, nanti aku bantu, tapi sekarang belum bisa.” Saat kamu mengatakan demikian, pastikan kamu nantinya bersedia membantu. Jangan biarkan dia yang membutuhkan bantuanmu menunggu lama, namun akhirnya kamu tidak mampu atau tidak bisa memberikan bantuan. Jika memang tidak bisa, katakan tidak bisa. Namun, jika kamu bersedia membantunya nanti, katakan waktu yang pasti kapan kamu akan membantunya. 

Jadi, sah-sah saja jika kamu ingin menolak permintaan orang lain, termasuk menolak untuk membantunya karena tidak mau dan tidak mampu untuk membantu. Nggak perlu merasa tak enak hati untuk menyempaikan penolakan tersebut. Sampaikan dengan baik, agar orang lain bisa menerima keputusanmu dengan baik pula. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya