Desain untuk hewan sekarang mulai lebih diperhatikan. Mereka yang memiliki hewan peliharaan kesayangan tentunya juga memperhatikan kenyamanannya. Berbagai furniture di rumah pun disesuaikan untuk dapat digunakan oleh hewan kesayangan mereka. Baik dari furniture yang fungsional hingga sekedar dekorasi atau tempat bermain hewan. Bahkan IKEA pun melirik permasalahan ini dan baru saja meluncurkan produk mereka berupa furniture khusus untuk anjing dan kucing. Tentunya mencari kebutuhan untuk hewan pun bukan lagi hal yang susah.

Setelah berhasil membantu para kucing dengan desain rumah kucing untuk dilelang, para arsitek dari Los Angeles, California kembali lagi berpartisipasi pada kegiatan menolong kucing tanpa rumah di kota. Hal ini diprakarsai oleh gerakan arsitek untuk binatang. Tugas para arsitek dan desainer yang terlibat adalah mendesain dan membangun shelter outdoor fungsional dan modern untuk kucing. Nantinya, hasil karya mereka akan dijual di acara pengumpulan dana oleh organisasi non profit yaitu FixNation untuk menyelamatkan kucing sebanyak mungkin.

Kreatifitas yang mereka lakukan tentunya tidak terbatas. Mereka mendesain berbagai shelter dengan memikirkan bagaimana kucing tersebut akan berinteraksi di dalamnya. Para arsitek dan desainer ini benar-benar bekerja mencurahkan seni di dalam praktik nyatanya. Berikut adalah beberapa desain unik rumah kucing.

1. Abramson Teiger Architects – Ball of Twine

Ball of Twine

Ball of Twine via http://fixnation.org

Sebuah bola merupakan salah satu mainan kucing yang amat disenangi. Menjadikan hal tersebut sebagai sebuah shelter pun ternyata jadi cukup unik. Shelter ini berbahan dasar tali yang dililitkan menjadi sebuah bentukan bola kaku dengan lubang untuk keluar masuk kucing.

2. Abramson Teiger Architects – White Jack

White Jack

White Jack via http://fixnation.org

Kembali lagi dengan arsitek yang sama, shelter satu ini terinspirasi dengan sebuah permainan tradisional Game of Jacks dengan struktur tabung. Tabung tersebut pun dapat digunakan kucing untuk merangkak di dalamnya. Hal ini juga berdasarkan sifat kucing yang suka bermain di dalam sebuah tabung ataupun ruang lainnya.

3. Callison RTKL's – Cathedral

Cathedral

Cathedral via http://fixnation.org

Advertisement

Bentukan katedral pun menjadi inspirasi untuk shelter kucing satu ini. Dilengkapi dengan jendela dari kaca berwarna dan juga lampu disko. Struktur segitiganya memperkokoh shelter ini dengan sisi lengkung pada bagian bawah yang cukup unik.

4. d3architecture – Upcycled HVAC Equipment Shelter

HVAC Shelter

HVAC Shelter via http://fixnation.org

Siapa sangka, pipa sirkulasi AC pun menjadi sebuah inspirasi dalam mendesain. Pipa berukuran besar tersebut pun bisa menjadi wahana permainan bagi kucing dengan beberapa tempat keluar-masuk. Ada pun di tengahnya menjadi pusat dari wahana bermain ini.

5. ES-EN-EM – Meow Miaow

Origami Miaow

Origami Miaow via http://fixnation.org

Papan plywood yang dibentuk segitiga ini disatukan membentuk siluet dari wajah kucing. Inspirasi dari penggabungan papan ini adalah origami, terlihat dari bentuknya yang tampak seperti dilipat hingga terlihat garis-garis sambungan papannya.

6. Formation Association, Terremoto Landscape and Arktura – Flora Gato

Flora Gato

Flora Gato via http://fixnation.org

Advertisement

Untuk shelter satu ini, merupakan satu-satunya desain yang memberikan sentuhan alam di dalamnya. Dengan beberapa material daur ulang, plastik fiber, lumut spanyol dan juga rumput korea, shelter alami ini pun terbangun. Dibuat dengan adanya tempat beristirahat di sudut shelter-nya.

7. HKS – Cant we all get along

fish shape shelter

fish shape shelter via http://fixnation.org

Jika kamu melihat shelter yang satu ini, tentu ada sangkut pautnya dengan kucing. Yap! terdapat bentukan badan ikan pada shelter dan juga rumah burung di atasnya. Shelter berbentuk kucing ini dibuat dengan kerangka kayu yang disusun rapi dan mengecil ke bagian ekor ikannya. Unik dan juga inspiratif, sesuai dengan judul karyanya.

8. HOK – Seven Chamber Shelter

Seven chamber shelter

Seven chamber shelter via http://fixnation.org

Terdapat 7 ruang yang diciptakan oleh tabung kulit kayu. Tidak hanya penyusunan yang tidak biasa, shelter ini tentunya cocok untuk mereka yang memiliki banyak kucing karena setiap kucing dapat berada dalam satu ruang tabung.

9. Knowhow Shop – Fictional Cat Exploration Program

Exploration shelter

Exploration shelter via http://fixnation.org

Shelter kucing satu ini terbilang cukup elegan. Pelingkupnya yang berwarna hitam hingga bentukannya yang memiliki sudut menunjukkan ketangguhan dari shelter ini.

10. Kollin Altomare Architect – Cat's Win!

Cat's Win

Cat's Win via http://fixnation.org

Shelter dengan lambang W ini membuat kucing lebih produktif. Hal ini dikarenakan selain menjadi tempat huni, shelter ini juga menyediakan permukaan yang dapat digunakan untuk kucing menggaruk kukunya.

11. Perkins + Will – UnFURled

Desain dari Perkins+Will ini cukup artistik. Bentuknya yang melengkung tidak teratur dengan sebuah lorong di dalamnya. Bahan yang digunakan pun cukup unik dengan modular dan dialasi dengan permukaan berwarna biru tosca yang mencolok pada desainnya

12. Stantec – Red-Thread And Slatted Plywood Structure

Red-Thread Shelter

Red-Thread Shelter via http://fixnation.org

Dengan dua elemen terpisah, shelter ini membentuk sebuah hunian bagi kucing dengan partisi pembatasnya. Papan kayu yang disusun menjadi suatu bentuk merupakan alas untuk shelter ini sedangkan pada pelingkup partisinya didesain dengan struktur kayu lengkung dan benang merahnya.

13. Standard Architecture – Catosphere

Catosphere

Catosphere via http://fixnation.org

Untuk desain yang terakhir ini, berbentuk tabung bulat yang dibuat dari beton pada bagian atas dan bawahnya lalu pada bagian tengah diberikan desain papan kayu yang dapat dibuka dan ditutup. Kucing dapat bersembunyi ataupun istirahat di dalamnya. Lubang yang dihasilkan dari susunan papan kayu tersebut pun menjadi pintu keluar-masuk kucing ke dalam shelter.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement