Bagi para penikmat cerita dunia detektif, tentu tak asing lagi dengan nama Sherlock Holmes, seorang detektif jenius eksentrik karangan penulis terkenal Inggris, Sir Arthur Conan Doyle (1859-1930). Cerita petualangan Sherlock yang berlatar negara Inggris abad 20 ini kini tak hanya bisa dinikmati melalui novel maupun komik namun juga bisa dinikmati divisualisasikan secara nyata karena telah difilmkan.

Seiring berjalannya waktu, Sherlock Holmes yang diceritakan hidup di abad ke 20 kini telah di kemas menjadi cerita detektif modern yang hidup di zaman sekarang, BBC Inggris telah mewujudnyatakannya dengan memproduksi serial TV berjudul Sherlock Holmes.

Berbicara tentang serial Sherlock Holmes, bukan hanya alur ceritanya yang menarik dan tak terduga, namun juga saat menontonnya kita seolah diajak berkeliling kota London dan beberapa daerah di negara Inggris yang begitu autentik bernuansa klasik. Untuk itu, mari kita bahas beberapa tempat tersebut.

1. 221B Baker Street

Sherlock dan Dr. Watson di Baker Street

Sherlock dan Dr. Watson di Baker Street via https://elanessea.files.wordpress.com

Sejak episode pertama Sherlock berjudul A Study In Pink, 221B Baker Street telah diucap Sherlock sendiri sebagai alamat tempat tinggalnya saat pertama kali bertemu dengan Dr. Watson. Akhirnya mereka tinggal bersama dan memiliki ibu pengasuh bernama Mrs. Hudson. Di dunia nyata, di kota London sendiri, 221B Baker Street terletak di North Gower Street, London.

2. St. Bart’s Hospital

St. Bart’s Hospital

St. Bart’s Hospital via https://www.google.com

Banyak penyelidikan yang dilakukan Sherlock di tempat ini. St. Bart’s Hospital sendiri merupakan Rumah Sakit tertua di Inggris, yang terletak di West Smithfield London. Sejak kegiatan operasionalnya ditutup pada tahun 1995, sekarang St. Bart’s Hospital menjadi pusat studi dan informasi yang berhubungan dengan kanker.

3. Roland Kerr College

Advertisement

Roland Kerr College adalah institusi pendidikan fiktif yang dirancang sebagai lokasi akhir A Study in Pink, saat Sherlock beradu pikiran dengan si pengendara taksi dalam sebuah ruang. Roland Kerr College sesungguhnya terletak di kompleks jurusan Kimia, Cardiff University yang berada di pusat kota London.

4. National Museum Cardiff

National Museum Cardiff

National Museum Cardiff via https://www.google.com

Museum yang kita lihat saat awal episode The Blind Banker yang menjadi tempat pajangan artefak-artefak kuno China ialah sesungguhnya ialah National Museum Cardiff, museum ini ialah bagian dari National Museum Wales. Konstruksi dari bangunan ini mulai pada tahun 1912 dan sejak Perang Dunia I, museum ini ditutup untuk umum sampai tahun 1927. National Museum Cardiff beralamatkan di Cathays Park, Cardiff, Wales.

5. Chinatown

Chinatown yang terdapat di beberapa negara didunia, seperti Amerika, juga terdapat di Inggris. Hasil akulturasi budaya secara turun temurun sejak migrasi orang-orang Tionghoa ke negara luar, maka terbentuklah komunitas Chinatown sebagai lingkungan adaptasi mereka. Chinatown di London yang kita lihat saat Sherlock dan Dr. Watson mencari petunjuk tentang perempuan yang hilang itu, terletak di 27 Gerrard St Westminster.

6. Trafalgar Square

Trafalgar Square

Trafalgar Square via https://www.google.com

Advertisement

Alun-alun yang dijadikan sebagai pusat kota ini terletak di Westminster London, Tempat ini sangat menarik perhatian penonton Sherlock BBC, pasalnya Trafalgar Square merupakan salah satu tempat ikonik di negara Inggris. Trafalgar Square dirancang oleh seorang arsitek bernama Sir Charles Barry, menjadi bukti kemenangan Royal Navy dalam Perang Napoleon yang ditunjukkan keberadaan patung Nelson Column disisi bagian selatannya.

7. Buckingham Palace

Goldsmiths' Hall

Goldsmiths' Hall via https://www.google.com

Siapa yang tidak tahu dengan kediaman kerajaan Inggris, yang diceritakan menjadi salah satu tempat kunjungan tak terduga Sherlock dalam episode A Scandal In Belgravia, ya Buckingham Palace. Istana ini dibangun pada tahun 1705 dan awalnya dinamakan Buckingham House sebelum dibeli oleh George III untuk kediaman ratunya.

Buckingham Palace hanya dibuka untuk umum pada bulan agustus dan september. Tempat syuting sesungguhnya Buckingham Palace ialah Goldsmiths' Hall, karena mengingat istana tersebut ialah tempat sakral bagi United Kingdom, jadi jarang atau bahkan tidak bisa dijadikan lokasi syuting.

8. Hound Tor

Pada episode Hound of Barkesville, sengaja ditampilkan suasana misteri dan suram bertempat di Hound Tor. Hound Tor terletak di Northeast of Widecombe in the Moor, Dartmoor. Di Dartmoor terdapat sisa-sisa prasejarah di Inggris, dengan beberapa penemuan yang berasal dari zaman Neolitik akhir dan awal Perunggu – sekitar tahun 3500 SM.

9. Palace of Westminster

Palace of Westminster

Palace of Westminster via https://www.google.com

Bangunan ikonik yang muncul sebagai tempat yang akan dibom oleh teroris pada episode The Empty Hearse ini lebih dikenal sebagai Gedung Parlemen, Istana Westminster adalah tempat pemerintahan utama di Inggris. Strukturnya didominasi oleh tiga menara, dua menara Victoria terbesar di ujung barat daya bangunan, dan Elizabeth Tower di utara – yang terakhir mengambil ialah jam paling terkenal di dunia, Big Ben. Palace of Westminster adalah bangunan kelas I yang terdaftar dan diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

10. St. James Park

St. James Park

St. James Park via https://www.google.com

Taman ini merupakan salah satu taman terbuka hijau terbesar di kota London, tak ayal banyak dijadikan tempat syuting. Pada episode The Sign Of Three, taman ini menjadi tempat pengamatan oleh Sherlock dan Dr. Watson terhadap seorang prajurit dalam Wellington Barrac. Sepanjang taman ini dilintasi oleh Blue Bridges, juga ikon paling terkenal kota London, yaitu London Eye di sebelah timur dan Buckingham Palace disebelah Barat.

11. Appledore

Ingatkah anda dengan kediaman mewah musuh baru Sherlock, Charles Magnussen. Bangunan itu bernama Appledore pada episode His Last Vow. Nama sesungguhnya dari tempat ini ialah Swinhay House, terletak di Gloucestershire. Swinhay House memiliki gaya futuristik dengan sentuhan tradisional menggunakan material modern, properti-properti dari bangunan ini saja berharga mencapai 30 juta poundsterling.

12. Sherrinford

Sherrinford

Sherrinford via https://www.google.com

Dikenal sebagai tempat pengasingan dengan keamanan tertinggi bagi para penjahat kelas kakap, yang salah satunya termasuk saudara perempuan Sherlock, di episode terakhir Sherlock Holmes BBC. Sherrinford sebenarnya merupakan benteng zaman Napoleon yang terletak di St Catherine’s Island, Wales. Benteng ini dulu merupakan markas militer selama Perang Dunia I yang dibuka kembali untuk umum pada bulan Mei 2015 untuk tur, namun ditutup pada bulan Agustus 2016, tepat setelah syuting episode terakhir Sherlock ini selesai.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya