#RemajaBicaraKespro-5 Sikap Penting dalam Mempertahankan Hubungan dengan Pasangan, Kamu Harus Tahu!

Langgeng sampai maut memisahkan ya!

Menjaga suatu hubungan memanglah hal yang tricky. Banyak pasangan yang telah bertahun-tahun bersama namun tiba-tiba putus begitu saja. Namun banyak pula mereka yang mampu menjaga dan bertahan dalam hubungannya meski telah diterpa banyak godaan.

Dalam menjalin suatu hubungan sudah seharusnya didasari kesadaran dan komitmen kedua belah pihak. Dua sejoli ini harus mampu menyatukan dua kepala dengan pemikiran yang berbeda. Sebenarnya, ada banyak sikap yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubunganmu dengan pasangan.

Advertisement

1. Tidak saling mengekang dalam hubungan

Sepasang kekasih yang berjalan di pantai by @Asad Photo Maldives on Pexels

Sepasang kekasih yang berjalan di pantai by @Asad Photo Maldives on Pexels via https://www.pexels.com

Hanya dengan dia menjadi kekasihmu bukan berarti dia menjadi milikmu seutuhnya ya. Masih ada hal-hal yang kamu tidak bisa ikut campur di situ. Dia tetap masih punya kehidupannya sendiri.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang memiliki tujuan sama namun tidak mengikat. Mereka memberikan ruang kebebasan kepada pasangan sehingga mereka tidak merasa dikekang. Di sinilah sebuah kepercayaan dan komitmen itu akan diuji.

Advertisement

Meskipun begitu, dalam hubungan yang tidak mengekang akan menghadirkan suasana nyaman. Masing-masing pasangan akan merasa memiliki tanggung jawab dalam menjaga hubungannya tanpa ada perasaan tertekan.

2. Selalu komunikasi sesibuk apapun kalian

Sedang berkomunikasi virtual by @Zen Chung on Pexels

Sedang berkomunikasi virtual by @Zen Chung on Pexels via https://www.pexels.com

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan. Banyak hubungan yang kandas akibat komunikasi yang buruk dan ini sering menimpa mereka pejuang LDR. Sebaik-baiknya hubungan akan bertahan dalam komunikasi yang baik pula.

Tak ada alasan untuk tidak memberi kabar kepada pasangan. Sesibuk apa sih kamu sampai nggak sempat walau hanya mengirim pesan singkat kepada pasanganmu? 

Ungkapkanlah semuanya kepada pasanganmu tanpa ada yang disembunyi-sembunyikan. Satu rahasia saja kamu sembunyikan darinya maka satu kemungkinan prahara akan datang. Kenali seburuk-buruknya pasanganmu dengan komunikasi. Itulah syarat sebuah hubungan akan bertahan lama.

3. Tidak mengangkat ego masing-masing

Sepasang kekasih by @Elle Hughes on Pexels

Sepasang kekasih by @Elle Hughes on Pexels via https://www.pexels.com

Dalam menjalani hubungan sepasang kekasih, yang paling dicari pastilah ketenangan dan kenyamanan di dalamnya. Tidak akan aman sebuah hubungan yang masih mengedepankan ego masing-masing. Hubungan itu dibangun karena adanya dua orang yang bersama. Lantas, bagaimana bisa hubungan itu ada jika masing-masing masih teguh dengan egonya?

Hubungan yang dewasa adalah ketika setiap pasangan mampu mengendalikan ego dan emosinya. Ajaklah pasanganmu duduk bareng membicarakan bagaimana hendaknya menjalani hubungan ini. Bertukar opini secara halus akan jauh lebih baik daripada keras kepala dengan pendirian masing-masing.

4. Tanamkan toleransi terhadap sifat pasangan

Pasangan yang kompak by @Andres Ayrton on Pexels

Pasangan yang kompak by @Andres Ayrton on Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali muncul pertanyaan, bagaimanakah cara orang tua kita bertahan dalam satu hubungan pernikahan seumur hidupnya? Jawabannya adalah sikap saling toleransi. Untuk menyatukan dua orang dengan latar belakang dan isi kepala yang berbeda bukanlah perkara mudah.

Kamu tidak akan bisa merubah tabiat pasanganmu. Kamu tidak akan bisa menemukan pasangan yang cocok 100% denganmu. Yang ada hanya sikap saling memahami dan menghargai antar pasangan. Pahamilah sedalam-dalamnya bagaimana pasanganmu.

Ingat, kamu dan pasanganmu punya kelebihan dan kekurangan maisng-masing. Tak perlu marah atau menghujat saat kamu melihat sisi buruk dari pasanganmu.

5. Jika hatimu mulai goyah, lekaslah ingat kembali dia yang di rumah

Sepasang kekasih sedang berpelukan by @UniQue PhotoGraphy on Pexels

Sepasang kekasih sedang berpelukan by @UniQue PhotoGraphy on Pexels via https://www.pexels.com

Semakin lama usia suatu hubungan, biasanya semakin tinggi pula godaan yang menghampiri. Saat kita sudah mengucap janji suci kepada pasangan maka mulai saat itulah kita harus menjaga mata, lisan, dan hati. Karena biasanya memang rumput tetangga terlihat lebih hijau sehingga harus berhati-hatilah saat memandang.

Ketika hatimu mulai goyah terhadap godaan yang datang, segeralah ingat kembali pasanganmu. Dialah satu-satunya orang yang mampu menerima keburukanmu. Dialah orang yang membantumu bangkit saat terjatuh. Ingat kembali masa-masa indah yang telah kalian lalui. Kuatkan hatimu atas pilihan terhadapnya.

Menjaga suatu hubungan adalah tugas masing-masing pasangan. Perbaiki sikap dan saling menerima kelebihan maupun kekurangan yang ada. Hubungan yang sehat membutuhkan kerjasama untuk saling melengkapi satu sama lain. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Perempuan random, absurd, penikmat roti dicelupin susu atau teh.

CLOSE