7 Sikap Pengusaha yang Bisa Diteladani, Yuk Belajar Dari Mereka!

Meneladani sikap pengusaha yang baik.

Pengusaha itu tidak sekedar untuk mencari keuntungan saja, melainkan juga menerapkan etika yang baik sebagai usahanya dalam meraih kesuksesan. Termasuk etika dalam berbisnis, apakah merugikan pihak lain? Seorang harus memiliki berbagai sikap saat sedang menjalankan usahanya karena sikapnya akan mempengaruhi relasinya dengan banyak orang dan menunjukan seberapa profesional di mata orang lain. Nah, kira-kira apa aja sih sikap spesial yang dimiliki seorang pengusaha yang bisa diteladani? Yuk simak artikel berikut!

Advertisement

1. Sang Pengusaha Menjaga Tingkah Lakunya

Photo by NordWood Themes

Photo by NordWood Themes via https://unsplash.com

Mereka cenderung menjaga tingkah lakunya dalam berinteraksi dengan orang lain, melangkah, bahkan dalam hal makan pun juga tidak berlebihan. Karena dengan menerapkan konsep secukupnya, seperlunya saja, maka akan membuat dirinya terlepas dari rasa gelisah. Dengan bersikap seperlunya akan membuat dia merasa bawa sesuatu yang cukup adalah hal yang baik, tidak berlebihan maupun kekurangan. Kalo kalian bagaimana nih, apakah cenderung berlebihan atau tidak atau hanya secukupnya?

2. Orang yang Memiliki Visi Kedepan

Photo by Nonsap Visuals

Photo by Nonsap Visuals via https://unsplash.com

Salah satu sikap yang pasti dimiliki oleh pengusaha adalah sebuah Visi. Tidak mungkin pengusaha tumbuh tanpa visi, karena dengan visi tersebutlah, ia dapat melangkah dengan tegak. Jika kamu ingin jadi wirausaha atau pengusaha, coba apa visi, tujuan kamu? kenapa kamu ingin menggapai itu? Jika kamu mengetahui visimu maka kamu akan mudah menemukan berbagai cara untuk menggapainya.

Advertisement

3. Menepati Janji

Photo by bibarysibatolla

Photo by bibarysibatolla via https://unsplash.com

Janji merupakan kepercayaan, ketika janji tidak ditepati, maka bisa jadi pelanggan akan pergi dan tidak mau menjadi bekerjasama dengan pengusaha tersebut. Maka dari itu, Menepati janji ini sudah seperti komitmen bagi pengusaha dalam menjalankan bisnisnya, sehingga tidak mengecewakan pelanggan atau mungkin juga partner bisnisnya. Yuk mulai dari sekarang selalu pegang janji dan komitmen!

 

4. Suka Berinovasi

Photo by benyamin_bohlouli

Photo by benyamin_bohlouli via https://unsplash.com

Salah satu sikap pengusaha yang bisa kita teladani adalah suka berinovasi. Inovasi merupakan tanda adanya persaingan sehat bagi pengusaha, karena dengan adanya inovasi, itu menjadi pembeda antara produknya dengan kompetitor, tanpa harus menjelek-jelekkan produk kompetitor. Hal inilah yang perlu di contoh.

5. Menghargai Waktu dan Kesempatan

Photo by uisilvestrecreative

Photo by uisilvestrecreative via https://unsplash.com

Setiap orang memiliki waktu yang sama 1×24 jam, tetapi bagi pengusaha, membuat waktunya benar-benar berkualitas adalah suatu keharusan. Bagaimana agar bisnisnya dapat semakin berkembang, tetapi tidak mengabaikan juga kehidupan pribadinya, sehingga semuanya seimbang. Ia juga tidak suka membuang sebuah kesempatan, baginya kesempatan itu sangat berharga, karena bisa saja diambil orang jika ia tidak mengambilnya.

6. Jujur

Photo by jess33mx

Photo by jess33mx via https://unsplash.com

Kejujuran merupakan pondasi utama seorang pengusaha, jika ingin usahanya dikenal dengan baik. Kenapa? karena dengan pengusaha itu jujur, maka ia akan terhindar dari sikap berbohong, sikap was-was, sikap marah, sikap iri, sikap dengki dan sikap-sikap buruk lainnya. Jadilah pengusaha yang jujur, karena itu akan menyelamatkanmu dari dalamnya jurang kebencian.

7. Tidak Merendahkan Orang Lain

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels via https://www.pexels.com

Pengusaha yang baik, ia paham betul bahwa setiap orang itu penting di bidangnya masing – masing, tidak ada yang terlalu tinggi, tidak ada yang terlalu rendah. Apalah gunanya sebuah kesombongan? semua orang memiliki posisi yang sama. Maka dari itulah akan lahir sikap saling menghargai.

Itulah beberapa sikap yang dapat kita teladan jika ingin terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha. Mungkin memang sulit, tetapi jika kita sudah terbiasa akan menjadi lebih enak.  Semua itu butuh proses, tinggal kita mau berubah atau tidak. Ingat! Orang lain disekitar kita dan mungkin saya, hanyalah memberikan sedikit kekuatan, karena semua itu yang menentukan adalah dari diri kita sendiri! Yuk mari sama sama menerapkan, siapa tahu saya dan anda, menjadi orang yang sukses, tetapi tidak hanya sukses materi saja, melainkan sukses kepribadiannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah blogger di bidang Ilmu komputer dan bisnis, tertarik juga untuk topik lainnya rahmancyber.net

CLOSE