Simak, 5 Judul Buku Ini untuk Mengubah Pandanganmu Tentang Diri Sendiri dan Kehidupan!

Menambah wawasan, mengubah pandangan.

Kehidupan yang cukup dan bahagia konon katanya dapat dibagun berdasarkan gairah mimpi yang terpenuhi. Gairah mimpi yang terpenuhi ini adalah sensasi atau perasaan mengejar sesuatu yang kita inginkan dan dambakan sepenuh jiwa. Namun, keterbatasan masa pandemi saat itu, meniadakan gairah mimpi yang sudah tersusun dan akhirnya menghampakan hidup yang saya rasakan. Akan tetapi, berkat keterbatasan dan waktu senggang, saya mampu kembali lagi, back on track, lewat inspirasi dari membaca buku.

Buku bagi saya adalah sumber pengetahuan. Pengetahuan dalam buku berasal dari buah pemikiran, imajinasi, dan pengalaman para penulisnya. Dengan membaca buku yang beirsi pemikiran, imajinasi, dan pengalaman penulisnya, maka wawasan kita nantinya juga akan bertambah. Dengan bertambahnya wawasan, maka ketika kita berhadapan dengan suatu masalah, kemampuan kita melihat dan merespon akan jadi jauh lebih baik berkat banyaknya referensi dari pengetahuan yang ada di dalam buku. Penggambaran tersebut adalah hasil dari kesan yang kubangun dari membaca buku, terutama buku yang mengangkat tema tentang gairah hidup dan kehidupan.

Oleh karena itu, jika kalian merasa sedang bosan dan bingung, seperti kehilangan gairah hidup maupun semangat mencapai dan mengejar sesuatu, maka saya merekomendasikan 3 buku ini untuk mengubah pandangan dan semangatmu terkait hidup, simak!

Advertisement

1. Self Driving – Rhenald Kasali

Photo by Tim Samuel on Pexels

Photo by Tim Samuel on Pexels via https://www.pexels.com

Self Driving atau mengendarai diri sendiri adalah buku rekomendasi pertama yang saya baca hasil karya pakar self-development ternama Indonesia, Rhenald Kasali. Buku ini secara sederhana membahas tentang mentalitas seseorang yang perlu dirubah, dari seorang penumpang atau passenger yang hanya ikut-ikutan, menjadi seorang driver atau pengendara yang siap bertanggungjawab dan mengarahkan hidupnya ke arah yang dia inginkan. Agar semakin menarik, buku ini membawa kasus-kasus dari Indonesia, baik yang sederhana maupun fenomenal, sebagai bahan analisis dan evaluasi atas dampak mindset yang benar terhadap hidup.

Advertisement

Sisi menarik dari buku ini, adalah bagaimana Rhenald menggambarkan konsep driver atau pengendara kepada pembaca melalui banyaknya kasus dan kisah untuk dianalisis dan dievaluasi sendiri. Selain itu, gaya bahasa yang digunakan dan teknik storytelling dari buku ini sangat sederhana sehingga saya tidak perlu membaca ulang untuk memahami poin-poin penting yang hendak disampaikan oleh penulis.

Bagi saya, manfaat membaca buku ini adalah kesadaran yang datang bahwa hidup yang saya rasakan sebenarnya adalah tanggungjawab diri sendiri untuk mengaturnya, bukan orang lain. Kesadaran yang datang ini, membantu saya untuk mulai menata kehidupan dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang saya lakukan, hingga setiap perencanaan yang perlu saya lakukan untuk menggapai kehidupan yang saya inginkan. Selain itu, berkat buku ini, saya mulai menjangkau lagi kebiasaan lama membaca buku dimulai dari novel-novel ringan yang tanpa sadar juga mengarahkan saya untuk membangun kehidupan dan mengarahkannya menjadi seperti yang saya inginkan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE