Single di Usia 20-an Bukan Masalah, Justru Ada Banyak Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

Menjadi lajang di usia 20, bukan berarti akhir bagi segalanya!

Anak muda pada usia 20-an umumnya  mulai dihinggapi perasaan khawatir saat mereka masih melajang. Bahkan sebagian orang mungkin beranggapan bahwa single adalah hal yang payah dan menyedihkan. Namun sebenarnya tak seburuk itu. Hari-hari lajangmu tidak akan membosankan sama sekali jika kamu melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan.

Keuntungan lainnya, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk lebih merencanakan dan menentukan tujuanmu hidupmu sendiri. Jika kamu masih melajang pada usia ini, nggak perlu galau apalagi merasa minder. Tenang saja, di umur yang masih muda ini ada banyak hal baik yang bisa kamu lakukan sembari memantaskan diri sebelum bertemu jodoh impianmu.

Advertisement

1. Sebelum mencintai orang lain, belajarlah mencintai dirimu sendiri

Photo by Allef Vinicius

Photo by Allef Vinicius via https://unsplash.com

Saat kamu melajang, prioritas utama dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Di usia 20-an ini, kamu mungkin akan menyadari bahwa kamu tidak tahu banyak tentang dirimu. Ini bisa menjadi kesempatan sempurna untuk lebih mengenal dan melihat ke dalam dirimu.

Apa yang kamu sukai, hal apa yang membuat kamu bahagia, apa hobi yang ingin kamu kembangkan, kamu mempunyai banyak waktu untuk memikirkan hal itu dengan baik. Ketika kamu lebih mengenal dirimu, kamu akan terus meningkatkan kepercayaan diri dan tentunya kamu akan belajar menjadi lebih bahagia dengan standarmu sendiri.

Advertisement

2. Mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan hal menyenangkan

Photo by Sam Lion

Photo by Sam Lion via http://www.pexels.com

Kalau kamu punya hobi menyenangkan seperti membaca buku, nonton film, memasak, olahraga, berkemah dan hobi-hobi seru lainnya, kamu bisa melakukan hal itu sepuasnya. Karena kamu tak perlu khawatir untuk mengirim pesan kepada pasanganmu tentang apa yang kamu lakukan sepanjang hari, kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang kamu sukai.

Kembangkan minatmu dan jadilah ahli dalam hal itu. Dengan kamu mempelajari sesuatu dan dapat menguasai banyak hal, bukankah itu menyenangkan?

3. Hal yang lebih menariknya, kamu bisa berpergian ke mana saja

Advertisement
Photo by Thanakorn Phanthura

Photo by Thanakorn Phanthura via http://www.pexels.com

Pada dasarnya, setiap orang adalah pemeran utama dalam cerita hidup mereka sendiri. Sekarang tergantung kamu, mau memiliki kenangan masa muda yang lebih berwarna atau yang membosankan?

Saat melajang dan belum ada kewajiban untuk menyenangkan pasangan, kamu perlu bepergian sebanyak yang kamu bisa, menjelajahi tempat-tempat baru, mencoba makanan baru, bahkan mengenal budaya baru. Tak perlu banyak berpikir, berbekal dompet tipis dan langkah ringan pun tak masalah, yang perlu kamu lakukan adalah mengajak temanmu, berkemas, dan pergi.

4. Single juga menguntungkan secara finansial karena pengeluaranmu lebih hemat

Photo by Karolina Grabowska

Photo by Karolina Grabowska via http://www.pexels.com

Fakta yang tidak dapat disangkal dalam suatu hubungan yaitu kamu memerlukan uang, terutama untuk laki-laki. Hal-hal seperti menyiapkan hadiah untuk hari jadian, kejutan ulang tahun pasangan, makan bersama, atau membeli tiket nonton tidak perlu kamu lakukan. Sebaliknya, kamu dapat menabung lebih banyak atau membeli barang-barang yang kamu inginkan.

5. Secara gak sadar, single membuatmu jadi lebih mandiri

Photo by Brooke Cagle

Photo by Brooke Cagle via http://unsplash.com

Setiap orang perlu belajar untuk mandiri dalam hidup mereka. Kalau kamu kemana-mana terus ditemani pasangan atau selalu mengerjakan sesuatu dengan bantuannya, tanpa disadari kamu mungkin akan terus bergantung dan selalu mengandalkan pasanganmu. Ketika kamu memutuskan untuk melajang, kamu pun cenderung menjadi lebih mandiri dalam melakukan semua hal.

6. Lebih banyak kesempatan bersama keluarga

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://www.pexels.com

Meskipun di dunia ini ada beberapa jenis hubungan yang tidak bertahan lama, tapi hubungan dengan keluargamu adalah hal yang sangat penting, bahkan saat keadaan paling buruk sekalipun keluargamu akan selalu menjadi orang pertama yang mendukungmu.

Meluangkan waktu untuk lebih sering berbincang dengan keluarga, membantumu untuk lebih mempererat ikatan bersama mereka.

 Jadi, gak perlu terlalu dipikirkan kalau saat ini kamu masih single. Lagi pula mencari pasangan bukanlah sebuah perlombaan, kamu pasti akan menemukan orang itu di waktu yang tepat. Hal yang paling penting saat ini adalah memastikan kalau kamu sudah mencintai dirimu sebelum nantinya mencintai orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Escape the ordinary

CLOSE