Bersolek, mungkin nampak mudah dilakukan. Jangankan perempuan dewasa, anak-anak saja setidaknya sudah tahu apa fungsi dari bedak bahkan sudah nampak fasih mengenakan lipstick di bibir. Segala perintilan-perintilan make up juga sudah di luar kepala.

Tapi, tanpa kamu sadari, kamu sering melakukan kesalahan saat berdandan yang sebenarnya kamu tidak tahu atau malah masa bodoh. Kesalahan sepele memang, tapi jika kesalahan ini tidak segera kamu benahi justru menjadikanmu data tarik orang untuk dijadikan bahan cemoohan. Kamu pasti nggak mau hal ini terjadi, ‘kan?

Yuk berkaca, dan amati caramu bersolek, siapa tahu di antara 6 kesalahan berdandan ini kamu sering melakukannya. Wah, jangan diulangi lagi ya!

1. Cara Dandanmu Ala Zebra. Warna Kulit Muka dan Leher Kok Beda~

jangan sampai belang

jangan sampai belang via https://www.rd.com

Zebra memang salah satu binatang yang unik karena memiliki warna belang. Tapi sekalipun unik, kamu jangan sampai mencontoh zebra saat berdandan alias jadi belang-belang. Contohnya saja seperti warna kulit wajah dan lehermu yang belang, sesungguhnya itu tidak lucu.

Belang pada muka dan leher ini bisa terjadi kalau kamu hanya menabur bedak atau mengoleskan foundation pada muka. Padahal, lebih baik lagi kalau kamu tidak hanya mengoleskannya pada muka, tapi juga pada leher sampai sedikit menuju area dada. Oleskan secara merata, supaya perbedaan warna kulit muka dan lehermu tersamarkan

2. Belepotan Sampai Terkena Gigi Bisa Terjadi Kalau Kamu Pakai Lipstick Tidak Hati-Hati

duh lipsticknya kemana-mana

duh lipsticknya kemana-mana via http://blushvancouver.com

Advertisement

Lipstick adalah barang wajib pakai bagi perempuan tiap akan keluar rumah. Asal bibir merah, semua beres. Pemakaian lipstick pun nampak mudah, bahkan anak-anak saja bisa pakai. Namun, ada kesalahan dalam pemakaian lipstick yang mungkin tidak kamu sadari dan beberapa kali terjadi.

Seperti saking terburu-burunya pergi bekerja, lipstickmu jadi keluar dari garis bibir, atau ketika kamu iseng-iseng menjajal memakai liptint kemudian sampai terkena gigi.

Di sinilah pentingnya untuk selalu berhati-hati. Kamu mungkin selaw-selaw saja, tapi orang yang berbicara dan langsung bertatap muka denganmu jadi geli sendiri.

3. Sesepele Menggambar Alis yang Warnanya Tidak Senada dengan Rambut di Kepala

kan geli liatnya, mbak

kan geli liatnya, mbak via https://www.shemazing.net

Advertisement

Yang satu ini sering diabaikan orang karena ketidak tahuan, namun sebenarnya lucu juga kalau masih dilakukan. Yang menurut kebanyakan orang penting dalam menggambar alis adalah ketebalan dan juga bentuk. Padahal nggak hanya itu yang perlu diperhatikan.

Ada hal sesepele memilih warna pensil alis. Apa pentingnya memang memilih warna pensil alis? Memang sih, yang penting bisa dipakai untuk menggambar ulang alis. Tapi yang perlu kamu garis bawahi adalah warna alis itu senada dengan warna rambut. Jadi, kurang tepat apabila kamu yang memiliki rambut berwarna hitam pekat justru alismu berwarna coklat terang, pun begitu juga sebaliknya, kalau kebetulan rambut kamu berwarna cokolat terang, tentu tidak cocok dengan alis yang berwarna hitam dan tebal. Cobalah untuk menggambar alis dengan pensil warna yang satu tingkat di atas rambutmu, dan sebisa mungkin untuk tidak teramat tebal kaku.

4. Jangan Sampai Dikira Habis Kena Tabok Karena Kamu Pakai Blush On Terlalu Merah

itu blush on atau luka lebam ya mbak

itu blush on atau luka lebam ya mbak via http://healthmania.org

Punya pipi merah merona adalah harapan, dan pemakaian blush on bisa membantu mewujudkan harapan jadi nyata. Eits, ternyata pakai blush on nggak boleh asal-asalan. Bukannya punya wajah yang nampak segar, justru bisa saja kamu dikira sehabis kena tabokan karena efek pemakaian blush on yang terlalu tebal.

Selain selalu mengingat untuk tidak menggunakan blush on terlalu terbal, pun pemakain blush on harus sesuai dengan bentuk muka. Misalkan kamu adalah perempuan yang memiliki bentuk wajah oval, kamu bisa mengaplikasikan blush on secara memutar pada bagian tengah pipi. Pahami ya, girls, bahwa semua punya takaran dan tata cara pemakaiannya. Jangan asal oles-oles saja.

5. Niatnya Sih Biar Cetar, Tapi Pemakaian Tidak Tepat Bulu Mata Justru Malah Mengganggu

gemes liatnya

gemes liatnya via http://orogoldgiveaway.com

Pemakaian Bulu mata memang susah-susah gampang ya, Sis. Harus sesuai dengan letak bulu mata asli kita. Apalagi kalau pemakaian bulu mata yang dari cara penempelannya saja tidak benar. Bila memang berniat memakai bulu mata palsu, pastikan untuk menempel secara seluruhnya dan juga tepat.

Akan tetapi bila memakai bulu mata palsu terasa sulit tapi tetap ingin memiliki bulu mata yang lentik, kamu bisa menyiasatinya dengan mascara yang hasilnya tidak kalah dengan pemakaian bulu mata palsu.

6. Berdandan Juga Punya Waktunya Tersendiri. Kamu, Tidak Perlu Selalu Touch Up Tiap Hari

nggak capek apa dandan mulu

nggak capek apa dandan mulu via https://unsplash.com

Berdandan setiap hari, bahkan tiap akan keluar rumah sekadar ke warung sebelah rumah merupakan hal yang kurang baik. Girls, sadarkah kamu bahwa kulitmu juga butuh waktu untuk bernapas tanpa perlu ditutupi dengan beraneka macam jenis make up.

Tampil polos sesekali pun tidak jadi masalah asalkan kamu selalu memegang kepercayaan bahwa “aku cantik sekalipun tanpa make up”.

Tidak hanya itu, semakin sering orang lain melihatmu keluar rumah dengan make up tebal, kelak, ketika kamu mendatangi suatu acara penting yang mengharuskan kamu tampil cantik dengan make up, seperti acara ulangtahun atau pernikahan, kamu akan dipandang biasa-biasa saja. Karena melihatmu dengan make up adalah hal yang biasa saja.

Nah, kamu sekarang sudah tahu ‘kan, kesalahan-kesalahan dalam memakai make up yang sebaiknya kamu hindari. Dan, jangan hanya disimpan sendiri, ceritakan kepada teman-teman atau keluarga perempuanmu yang masih salah dalam bersolek, supaya kecantikannya kian sempurna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya