Produk Skincare untukmu yang Baru Mulai Fokus Perawatan Muka. Cukup Punyai 5 Hal Ini Aja!

Skincare starter pack

Beberapa waktu lalu sempat tersebar sebuah cuitan yang menampilkan razia produk kecantikan di suatu sekolah. Salah satu hal yang menyita perhatian warganet adalah sebagian besar yang disita merupakan produk perawatan kulit. Tentunya, hal ini sedikit mengganggu karena skincare penting bagi kulit remaja dan berbeda dengan make up!

Menurut Oxford Dictionary, skincare memiliki definisi the use of creams and special products to take care of your skin atau penggunaan produk tertentu untuk merawat kulit. Masih menurut Oxford Dictionary, makeup atau make up berarti substances used especially by women to make their faces look more attractive, or used by actors to change their appearance atau bahan yang digunakan terutama oleh wanita untuk membuat wajah terlihat lebih menarik, atau digunakan oleh para aktor untuk mengubah penampilan. 

See the difference? Of course! Berikut ini beberapa produk perawatan kulit wajah untuk remaja. Di antaranya harus dipakai sebelum berangkat ke sekolah, ya!

Advertisement

1. Sabun muka

Hayoooo, ngaku siapa yang masih suka cuci muka pakai sabun badan? Atau cuci muka pakai air aja? Sabun badan mengandung lebih banyak detergen dan pH yang berbeda. Pemakaian sabun badan di wajah berpotensi menimbulkan berbagai masalah, salah satunya kulit wajah kering yang mudah terkena infeksi.

Kamu perlu mencari sabun muka yang tepat dengan kondisi kulitmu yang kering, berminyak, atau kombinasi. Penggunaan sabun muka ini adalah perawatan yang paling dasar dan tidak boleh di-skip, ya! Kamu dapat menggunakannya di pagi setelah bangun dan malam hari sebelum tidur.

Advertisement

2. Pelembab

Sesuai dengan namanya, pelembab atau moisturizer memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Setelah mencuci muka atau mandi menggunakan sabun, kulit perlu kelembaban agar tidak kering dan berkerut. Pilihlah pelembab yang mengandung tabir surya, anti oksidan, dan minim fragrance.

Oh iya, jangan sekali-kali mengoleskan body lotion ke wajah karena pewarna dan pewanginya dapat memicu break out

3. Lip balm

Benda mungil satu ini wajib kamu bawa ke sekolah! Lip balm akan menjaga bibir tetap lembab dan tidak pecah- pecah. Lip balm yang mengandung SPF (Sun Prtotection Factor) juga akan mencegah bibir menghitam akibat sinar matahari saat beraktivitas di luar ruang kelas. Selain itu, kamu juga dapat menemukan lip balm di minimarket/drugstore terdekat dengan variasi warna yang tentunya tidak terlalu mencolok ketika dipakai ke sekolah. 

4. Sun protection

Ini nih yang suka dianggap sepele sama banyak orang! Walaupun cuaca mendung atau matahari nggak terlalu terik, kamu tetap harus pakai sun protection atau sunscreen. Mulai kapan pakainya? Mulai sekarang! Setiap hari! Sinar UVA dapat menembus kain lalu meresap ke dalam kulit dan pada akhirnya berujung penuaan dini. Nggak mau kan nanti kulitnya tiba-tiba kusam dan banyak kerutan?

Selain sinar UVA, kalian juga perlu melindungi kulit dari sinar UVB. Pernah wajahnya memerah, clekit- clekit, atau sunburn? Itu karena paparan sinar UVB. UVB ada pas matahari lagi terik- teriknya. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup untuk aktivitas sehari- hari dan rajin- rajin re-apply, ya!

5. Cleanser

Micellar water

Micellar water via https://id.pinterest.com

Setelah aktivitas seharian, wajah kamu perlu dibersihkan. Kamu bisa pakai cleansing lotionmicellar water, atau oil cleanser untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajahmu setiap malam. Pastikan untuk memperhatikan fungsi produk sesuai kebutuhan kulit remaja.

Setelah dibersihkan, jangan langsung tidur, ya! Kamu tetap harus mencuci muka dengan facial wash favoritmu! Tidur dalam keadaan bersih pasti bikin nyaman, kan?

Nah, itu dia lima skincare untuk wajah yang wajib kamu punya sebagai beginner! Jangan di-skip apalagi ditunda! Semangat merawat kulit, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku? Nyctophile sekaligus Pluviophile, kombinasi hangat yang meredam dingin. Betah dengerin orang cerita berjam- jam.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE