5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Tetap Bersih Selama di Rumah

Menjaga kebersihan dan kehigienisan di rumah

Menjaga kebersihan di rumah pada masa Pandemi Virus Corona adalah hal yang sangat penting. Apalagi virus ini bisa tertular melalui benda-benda yang kita pegang dan kita gunakan sehari-hari.

Kebersihan rumah wajib di perhatikan agar tetap higienis dan terhindar dari virus corona yang mudah menyebar. Memang betul, standar kebersihan setiap orang berdeda-beda. Ada yang setiap hari membersihkan rumahnya sehinnga tidak ada debu sedikitpun, ada yang beberapa hari sekali, bahkan ada yang cuek dengan kebersihan rumah. Nah pada pada saat pandemi seperti ini, semuanya harus berubah dong!

Nah, berikut adalah cara yang dapat dilakukan dan diterapkan di rumah agar tetap bersih dan higienis :

Advertisement

1. Cuci tangan

Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar via https://www.pexels.com

Mencuci tangan bertujuan untuk membersihkan kotoran atau virus yang mungkin menempel di kulit. Dan ingat, jangan menyentuh mata, hidung atau mulut sebelum mencuci tangan terlebih dahulu.

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan:

Advertisement
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah belanja
  • Setelah menggunakan fasilitas umum
  • Setelah bersih atau batuk
  • Setelah dari toilet
  • Setelah menerima paket
  • Setelah memegang uang

2. Bersihkan permukaan barang

rajin membersihkan barang-barang di rumah

rajin membersihkan barang-barang di rumah via https://www.pexels.com

Barang yang terlihat bersih, belum tentu benar-benar bersih lho! Barang bisa saja menjadi sarang bakteri dan virus jika kita tidak rajin membersihkannya. Meja, gagang pintu, remot TV, tombol lampu, ponsel, laptop dan barang lainnya yang sering disentuh harus di bersihkan dua kali sehari dengan menggunakan disinfektan.

Advertisement

Jangan lupa juga untuk membersihkan barang dari luar, lho. Misalnya paket, atau barang yang baru sampai dari luar.

 

3. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian

Mencuci pakaian via https://www.pexels.com

Pada masa pandemi seperti ini, kebersihan pakaian harus juga di perhatikan. Jika dulu kita seringkali menggantung pakaian kotor sehabis dari luar rumah, nah pada masa pandemi ini hindarilah kebiasaan itu.

Ingat, virus juga bisa menempel pada pakaian lho, apalagi dikabarkan virus juga menular kewat udara. Cucilah langsung pakaian yang habis digunakan, hindari memegang wajah pada saat mencuci pakaian kotor.

4. Menggunakan masker

menggunakan masker

menggunakan masker via https://www.pexels.com

Menggunakan masker sangatlah penting. Mungkin aneh jika menggunakan masker di dalam rumah, namun jika ada keluarga atau orang yang tinggal dalam satu rumah ada yang sedang sakit atau merasakan tidak enak badan, entah itu batuk atau pilek maupun sakit tenggorokan haruslah menggunakan masker. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga adanya penularan virus lebih lanjut.

5. Mandi dengan Teratur

rajin-rajin mandi yaa

rajin-rajin mandi yaa via https://www.pexels.com

Mandi yang teratur juga sangatlah penting. Dengan mandi kita dapat membunuh kuman yang menempel di tubuh kita. Mandilah 2x sehari atau setiap habis keluar dari rumah, agar di dalam rumah badan kita tetap bersih dan bebas dari kuman dan tidak menyebarkan kuman kepada yang lain di dalam rumah.

Nah, berikut adalah upaya yang bisa kita lakukan untuk tetap higienis di rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona yang semakin meluas.

Dengan menjaga kebersihan, semoga virus Corona bisa segera menurun dan hilang. Sehingga kita bisa beraktivitas normal kembali!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

hai! nama saya Sharon dan saya suka berbagi pengalaman dan cerita lewat artikel yang saya buat. semoga bermanfaat dan membantu semua sekalian! Terimakasih

CLOSE