1. Kurangnya menjaga kebersihan mulut

Seperti yang sudah disampaikan bahwa kebersihan mulut yang kurang bahkan tidak terjaga sangat mudah menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Ketika mulut kamu kotor dengan bekas sisa makanan, maka terbentuk suatu lapisan transparan yang disebut dengan plak yang menjadi tempat bakteri berkembang.

Untuk mencegah hal tersebut maka sikatlah gigi secara teratur setelah makan. Sikat juga bagian lidah untuk mengendalikan bau mulut. Dengan menggunakan dental floss. Tujuannya adalah untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Periksakan juga gigi kamu secara teratur kepada dokter gigi untuk meminimalkan risiko terkena penyakit mulut. Dokter mungkin akan memberikan saran untuk berkumur dengan obat kumur. Tujuannya dalah untuk membunuh bakteri serta menghilangkan penumpukan plak.

2. Kebiasaan Merokok

Advertisement

Rokok menjadi penyebab lain dari timbulnya bau mulut. Selain merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan noda pada gigi serta iritasi gusi. Lalu, keadaan ini bisa berkembang menjadi sakit gigi serta radang gusi. Nah, kedua faktor inilah yang bisa menyebabkan terjadinya bau mulut.

3. Efek menjalani diet

Diet yang dilakukan dengan cara mengurangi karbohidrat juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang sedang dalam keadaan kekurangan karbohidrat, maka secara alami tubuh akan memecah lemak. Kemudian terbentuklah bahan kimia yang disebut dengan keton. Zat kimia ini bisa menyebabkan bau mulut.

4. Mengonsumsi makanan beraroma tajam

Aroma bau mulut yang tidak sedap bisa disebabkan oleh beberapa makanan dengan bumbu rempah beraroma tajam. Selain bumbu makanan seperti bawang, ada minimal juga yang bisa meninggalkan bau mulut seperti kopi dan minuman beralkohol. Supaya terhindar dari bau mulut, maka hindari dari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

5. Penyakit

Bau mulut juga bisa disebabkan karena penyakit. Kondisi ini biasanya muncul ketika mulut dalam keadaan sedang kering yang berarti kekurangan air liur. Akibatnya bakteri menjadi lebih mudah berkembang sehingga timbulah bau mulut.

Selain itu, kondisi pencernaan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya seperti infeksi bakteri pada lambung dan usus kecil. Selain itu, penyakit yang berperan menyebabkan bau mulut adalah bronkitis, sinusitis, diabetes, penyakit paru-paru, tonsillitis dan sinusitis.

6. Kesimpulan

Dari sekian penyebab bau mulut di atas, maka penyebab bau mulut yang paling banyak terjadi disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Banyak orang awam mengira bahwa menyikat gigi hanya perkaran membersihkan gigi dan sekaligus mencegah bau mulut saja. Namun selain dengan menyikat gigi, dengan menggunakan obat kumur bisa membantu kamu memiliki gigi dan mulut yang sehat serta terhindar dari penyakit, dan pastinya baunya tetap segar.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan menggunakan obat kumur yang mengandung minyak esensial, ternyata lebih efektif dalam melawan kuman penyebab plak, menghambat perkembangan plak dan juga mengurangi radang gusi. Oleh karenanya, sekali lagi, tidak ada salahnya untuk kamu yang ingin memiliki baut mulut yang segar untuk membersihkan gigi dengan sempurna yaitu menyikat serta menuntaskannya dengan obat kumur. Sudah bukan jamannya lagi jika hari ini mulut kamu masih bau