Saat ini pemerintah sedang membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil secara besar-besaran. Ini sudah pasti menjadi peluang utama bagi mereka yang fresh graduate atau yang sudah lama lulus, mungkin kamu juga salah satunya. Ya, memang pekerjaan sebagai PNS sampai saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang sering didambakan dan memiliki citra untuk kehidupan yang nyaman kedepannya.

Lewat situs resminya, setkab.go.id pemerintah membuka sebanyak 17.928 lowongan pegawai negeri sipil. Pendaftarannya sudah bisa kamu lakukan sejak 5 september 2017 lalu. Nah untuk kamu yang berminat menjagi seorang PNS tentu ini adalah momen yang tepat memperjuangkan apa yang menjadi mimpi dan keinginan kamu ini. Kamu tidak boleh menyianyiakan kesempatan ini, berikut kami berikan beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar tes kamu bisa berjalan lancar dan kemungkinan besar kamu diterima. Aamiin.

1. Tahu peraturan dan persyaratan

Ketahui alur dan syartanya via https://sscn.bkn.go.id

Sebelum mendaftar pada sesuatu sudah pasti kamu mengetahui peraturan & persyaratannya terlebih dahulu, tidak terkecuali saat mendaftar CPNS. Karena ini momen yang penting, bacalah alur serta peraturan yang tersedia dengan teliti, jangan sampai ada yang terlewat atau malah kamu tidak tahu sama sekali, karena bisa repot nanti jadinya.

Teliti tentang syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar CPNS agar tidak ada yang tertinggal. Atau kamu juga bisa mencatat peraturan dan syarat ini agar lebih mudah mengingatnya.

2. Siapkan berkas jauh hari

Berkas harus sudah lengkap jauh-jauh hari via https://sscn.bkn.go.id

Advertisement

Pendaftaran di instansi negara atau pemerintahan memang membutuhkan berbagai macam berkas sebagai syaratnya. Hal ini juga pernah dialami salah satu teman penulis yang kala itu hendak mendaftar polisi, ia terlihat sering izin saat jam pelajaran untuk mengurus berbagai berkas. Nah untuk kamu yang ingin mendaftar CPNS, kamu harus tahu berkas apa saja yang dibutuhkan. Kemudian persiapkan segala berkas tersebut secepat mungkin, agar tidak menumpuk saat dekat dengan hari H.

Terkadang juga ada berkas yang belum kita miliki dan kita harus membuatnya terlebih dahulu. Pembuatan berkas tentu harus antre sesuai dengan banyaknya yang ingin membuat berkas tersebut, jika terlalu lama nanti malah kamu tidak bisa mengikuti tes CPNS. Itulah mengapa lebih baik menyiapkannya jauh-jauh hari agar kamu bisa lebih tenang menghadapi tes CPNS.

3. Jaga kesehatanmu

Tubuhmu harus tetap sehat dan bugar via http://www.bonsecoursinmotion.com

Jangan lupakan untuk menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga agar tubuhmu ideal dan pastinya sehat. Banyak peserta tes PNS yang gagal pada tes kesehatan karena ia kurang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Jadi jangan semata-mata mengutamakan pelajaran saja, kesehatan juga harus diperhatikan agar bisa melewati tes dengan mudah.

4. Cek tempat ujian

Cek tempat tes kamu via http://www.ucsiuniversity.edu.my

Supaya dihari H saat ujian dilaksanakan kamu bisa datang dengan pikiran rileks, ada baiknya kamu memeriksa tempat ujian akan dilaksanakan sehari sebelumnya. Dengan cara ini bisa mengurangi risiko kamu tersesat, kebingungan dan panik tidak menemukan tempat ujianmu dipagi hari, padahal waktunya tidak banyak untuk memeriksa. Jika dipagi hari sehari sebelum ujian dimulai tempat ujian belum tersusu, kamu bisa mencoba mengeceknya pada sore hari.

5. Harus belajar

Pelajari pelajaran dasar via https://sigitkataqita.wordpress.com

Untuk soal yang akan kamu kerjakan memang mungkin akan berbeda untuk setiap posisi yang kamu lamar. Namun ada baiknya kamu coba ingat dan pelajari lagi soal-soal dimasa sekolah, seperti matematika dasar, pkn sampai undang-undang. Biasanya malah lebih sering pelajaran ketika sekolah yang keluar pada saat tes dibanding pelajaran kuliah.

Selain itu jika ingin usahamu tidak sia-sia, kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar khusus untuk penerimaan CPNS. Biasanya ada disetiap kota, coba cari di kota mu, lumayan untuk persiapan yang lebih matang.

6. Percaya diri

Apapun yang kamu hadapi, percayalah pada kemampuan dirimu via http://www.cpns2016.com

Untuk menjalani sesuatu yang baru bagi kita yang paling utama untuk kita miliki adalah percaya diri. Dengan percaya diri akan mensugesti pikiran kita bahwa kita juga memiliki kemampuan dan peluang untuk berhasil. Buat kamu para peserta CPNS, percaya dengan kemampuan yang sudah kamu dapatkan dari berbagai persiapan kerasmu sebelumnya.

Saat tes wawancara atau psikologi berikan jawaban yang jujur dan sesuai dengan diri kamu, jangan mengarang atau terlihat angkuh. Selain itu saat tes wawancara buat dirimu sesopan mungkin, tetap percaya diri namun jangan terlihat sombong. Berikan jawaban sesuai dengan pemikiran kamu dengan tepat dan tidak bertele-tele.

Semoga bermanfaat!