Bicara tentang kulit sehat, cerah, lembab, dan tidak berjerawat adalah topik harian kaum wanita berapa pun usianya. Apalagi sejak maraknya ekspansi produk skincare korea yang menjanjikan kulit menjadi sebening kristal semua orang pun berbondong-bondong membeli produk-produk asli korea semahal apa pun harganya. Padahal mau sebanyak apa pun kamu menghabiskan uangmu untuk membeli skincare, kulit kamu tetap akan sama saja jika kamu tidak menjanganya pula dari dalam.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mendapatkan kulit cerah sebening kristal dan bebas jerawat ala orang korea. Berikut adalah 7 makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi.

1. Bengkoang

Bengkoang kaya akan antioksidan

Bengkoang kaya akan antioksidan via https://id.pinterest.com

Nenek moyang kita sejak dahulu telah menggunakan bengkuang sebagai salah satu umbi paling berkhasiat untuk kecantikan kulit. Beberapa produk kecantikan dalam negeri pun menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar produknya.

Advertisement

Bengkuang kaya akan vitamin B kompleks, vitamin A, dan antioksidan yang bagus untuk mengatasi masalah kulit karena polusi dan radikal bebas, vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bagus untuk meregenerasi sel kulit.

Bengkuang juga kaya akan serat, cocok banget dijadikan cemilan untuk kamu yang sedang diet dan untuk membantu merawat lambung akibat sakit maag.

2. Apel malang

An apple a day, keeps doctor away!

An apple a day, keeps doctor away! via https://www.instagram.com

An apple a day, keeps doctor away!

Advertisement

Sering banget denger quote di atas, ‘kan? Itu memang benar karena buah apel mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, tahu kah kamu bahwa ternyata apel hijau malang jauh lebih bergizi dari apel merah?

Kulit dan daging apel hijau kaya akan serat yang bermanfaat sebagai antioksidan yang akan menjaga kulit tetap halus dan kenyal, menurunkan kolesterol, merawat hati, dan meningkatkan metabolisme tubuh, metabolisme tubuh yang baik akan membuat hormon dalam tubuh terjaga dan mencegah timbulnya jerawat.

Salah satu artis Indonesia, Maia Estianty setiap hari memakan 2 buah apel hijau untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulitnya, lho.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis tidak kalah dari lemon.

Jeruk nipis tidak kalah dari lemon. via https://id.pinterest.com

Dibandingkan lemon, jeruk nipis memang mempunyai rasa yang lebih kecut. Namun, siapa lagi yang meragukan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit? Kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi dipercaya ampuh untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, menghilangkan jerawat mengatasi minyak berlebih, mengencangkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Cukup minum perasaan 1 buah jeruk nipis dan segelas air hangat setiap pagi, kulitmu bakal terjaga sepanjang hari.

4. Teh Hijau

minum teh hijau setiap pagi

minum teh hijau setiap pagi via https://goo.gl

Sebenarnya teh hijau merupakan tips kecantikan dari Jepang, namun teh hijau tergolong minuman yang cukup murah dan mudah didapatkan di Indonesia. Kamu bisa mengganti coffee morning-mu dengan segelas teh hijau hangat untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

5. Ketimun

Ketimun kaya akan vitamin E

Ketimun kaya akan vitamin E via https://id.pinterest.com

Sering banget ‘kan liat cewek-cewek korea mukbang ketimun yang dicocol Gochujang?

Ternyata ketimun sangat berperan aktif dalam melembabkan kulit, kandungan vitamin E pada ketimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mencegah timbulnya keriput di kulit wajah.

6. Susu kedelai

Ternyata susu kedelai mengandung AHA

Ternyata susu kedelai mengandung AHA via https://id.pinterest.com

Kalau kamu terbiasa minum susu setiap malam sebelum tidur atau sarapan, cobalah untuk mengganti susu yang kamu minum dengan susu kedelai. Kandungan dari susu kedelai sangat baik untuk mencegah penuaan dini, memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar UV, mengandung senyawa AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang ampuh membersihkan kotoran dan sel kulit mati di lapisan epidermis untuk mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat, meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang merguna untuk menjaga elastisitas kulit.

7. Air Putih

tabel warna urine

tabel warna urine via https://goo.gl

Yang terakhir ini tampaknya sudah banyak yang tahu, namun masih sangat sedikit yang mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat bahwa dosis konsumsi air putih setiap orang berbeda-beda, ada yang 8 gelas per hari, ada pula yang lebih atau kurang.

Kamu bisa lihat tabel warna urine berikut untuk melihat apakah kamu cukup terhidrasi atau perlu lebih banyak minum lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya