Whatsapp atau yang biasa kita kenal dengan sebutan "WA" kini memang menjadi aplikasi yang sangat populer dan bisa dibilang yang terbaik untuk pengguna smartphone entah itu smartphone yang berbasis OS Android maupun iOS. Ada banyak sekali fitur Whatsapp sebagai aplikasi chatting yang membuat banyak orang betah memakai apk ini. Selain text chat, kita juga bisa menggunakan fitur voice call, voice notes, video call, group chat dan saling berbagi file dalam bentuk gambar, video maupun file dokumen.

Bukan hanya itu saja, Whatsapp juga tidak ada iklannya saat digunakan, hal ini pun membuat aplikasi yang ber icon gambar telepon berwarna hijau ini ukurannya sangat ringan dan tidak memberatkan memori smartphone. Dan yang tak kalah penting, Whatsapp itu GRATIS!

Terlepas dari hal tersebut, sudah tahukah kamu? Kalau Whatsapp sebenarnya banyak sekali fitur yang mungkin saja jarang digunakan oleh para penggunanya? Mulai dari menyembunyikan status online, agar tidak terlihat mengetik pesan dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini hipwee akan memberikan ulasan beberapa fitur tersembunyi Whatsapp yang jarang di ketahui dan jarang digunakan oleh pengguna, diantara lain:

1. Membuat Text Bold, Italic dan Underline.

text style di Whatsapp

text style di Whatsapp via https://boredtekno.com

Kalau kamu sering menerima pesan masuk broadcast message, pasti seringkali kamu menemui tulisan dengan style tebal, miring ataupun garis bawah kan? Nah, masih belum tahu juga bagaimana cara membuat teks seperti itu? Baik, Hipwee coba jelaskan ya. Untuk membuat teks tebal, kamu hanya perlu menambahkan icon * pada awal dan akhir dari kalimat atau kata. Misalnya kamu ingin menulis tulisan tebal "kamu", maka cukup tambahkan jadi *kamu* saja.

Untuk membuat teks miring, caranya sama saja seperti diatas hanya saja tandanya diubah dari * menjadi _(underscore). Dan untuk teks coret, tambahkan tanda ~ pada awal dan akhir kalimat atau kata.

2. Mengetahui Kapan Pesan Kamu di Baca

melihat kapan chat dibaca

melihat kapan chat dibaca via https://hipwee.com

Advertisement

Saat kamu mengirimkan sebuah pesan ke seseorang di kontak WA kamu, kamu akan tahu pesan tersebut sudah dibaca atau belum lewat tanda centang biru yang muncul, kalau belum biru, berarti pesan kamu belum terbaca. Namun selain itu, kamu juga sebenarnya bisa lho, tahu kapan tepatnya pesan kamu itu dibaca, caranya adalah dengan memblok pesan kamu tadi, dengan klik dan tahan pada bagian teks, kemudian klik icon huruf i pada bagian atas (samping tombol copy pesan).

Nantinya akan tampil kapan pesan tersebut dibaca.

3. Menyembunyikan Status Online

aplikasi whatsapp

aplikasi whatsapp via https://www.google.com

Inilah fitur tersembunyi whatsapp yang paling banyak dicari orang, Ya, menyembunyikan status online! Karena kalau kita sedang chat dengan kontak atau kita sedang membuka WA, orang lain bisa tahu kalau kamu sedang online. Nah bagaimana kalau kamu ingin itu tidak diketahui? Dengan kata lain, bagaimana caranya agar akun Whatsapp saya terlihat offline padahal sedang online? Bisa banget!

Advertisement

Fitur bawaan WA memang tidak ada fitur seperti itu, namun kamu bisa menyembunyikannya dengan aplikasi Yowhatsapp atau Fouad Whatsapp, ini merupakan apk WA versi MOD, di dalamnya sudah banyak fitur keren. Selain menyembunyikan status online, kamu juga bisa mengganti tema whatsapp.

4. Agar Foto dari Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

agar galeri tidak numpuk

agar galeri tidak numpuk via https://wikipedia.com

Salah satu hal yang cukup mengesalkan dari Whatsapp ini adalah munculnya foto foto dan video di galeri hp kita. Tentu saja ini akan membuat memori menjadi full dan yang paling menjengkelkan adalah galeri menjadi tidak rapi.

Terutama untuk kamu nih yang Whatsappnya banyak group chat, pasti seringkan nerima foto foto yang nggak penting dari teman sesama group? Kamu bisa tuh membuat foto tersebut tidak muncul di galeri.

Caranya adalah install File Explorer, kemudian masuk ke folder Whatsapp dan buat file dengan nama .nomedia.

5. Backup Chat Agar Chat Tidak Hilang

backup chat

backup chat via https://www.google.com

Terakhir, fitur ini mungkin memang jarang digunakan, namun penting untuk di ketahui terutama untuk kamu yang berniat untuk ganti HP baru, sudah pasti Whatsapp kamu di hp lama bakal di uninstall kan? Nah agar chat tidak hilang, kamu bisa mem-backup-nya terlebih dahulu.

Caranya masuk ke aetelan Whatsapp kemudian klik menu chatting. Jika sudah langsung pilih cadangan chat atau chat backup. Kemudian ada tulisan cadangkan ke Google Drive. Setelah ter-backup, silakan uninstall dan saat menginstall WA baru di HP baru nanti, ada pilihan "temukan cadangan", klik menu tersebut dan riwayat chat lama kamu di WA lama akan muncul kembali di WA baru kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya