Kamu Sudah Tahu Perbedaan Jaringan 3G, 4G, dan 5G?

Pernahkah kamu membeli hp atau smartphone akan tetapi tidak bisa terhubung dengan internet? Kamu cek berulang kali kuota di layanan provider mu, kamu pindah lokasi untuk mencari sinyal yang lebih kuat, tapi tetap saja tidak bisa terhubung ke internet.

Mungkin sebelumnya kamu tidak melihat spesifikasi jaringan pendukung yang tersedia di smartphone yang sbelumnya hendak kamu beli.

Oleh sebab itu, agar kejadian di atas tidak terulang lagi, kamu perlu mengetahui perbedaan antara jaringan seperti 3G, 4G, maupun 5G. Yuk simak!

Advertisement

1. Jaringan Internet

photo created by rawpixel.com on freepik

photo created by rawpixel.com on freepik via https://www.freepik.com

Manusia yang hidup di zaman modern saat ini tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya internet. Internet adalah suatu sistem jaringan yang dapat mengkoneksikan satu perangkat ke perangkar lainnya dalam jarak yang berjauhan.

Internet dapat disimpulkan dengan suatu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan IPS (Internet Protocol Suite)

Advertisement

Tidak hanya komputer, saat ini internet juga dapat menghubungkan berbagai macam gadget dan perangkat modern lainnya yang mendukung adanya layanan jaringan internet di seluruh dunia.

2. Jaringan 3G

Photo by Frederik Lipfert on Unsplash

Photo by Frederik Lipfert on Unsplash via https://unsplash.com

Jaringan 3G adalah awal mula internet bisa diakses melalui hp atau telepon genggam. Kala itu, brand hp terkenal seperti Apple dan BlackBerry adalah hp yang paling memanfaatkan teknologi jaringan ini.

Standar jaringan 3G menggunakan sistem UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) sebagai arsitektur yang menjadi jaringan intinya. Jenis jaringan ini menggabungkan aspek jaringan 2G dengan protokol dan teknologi yang baru dengan target memberikan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Advertisement

3. Jaringan 4G

photo created by freepik

photo created by freepik via https://www.freepik.com

Negara Norwegia, Oslo, dan Swedia Stockholm pada tahun 2009 adalah negara pertama yang resmi menghadirkan jaringan 4G. Keunggulan dari jaringan 4G ini memberikan aktivitas kreatif di internet mulai lahir karena kecanggihannya yang bisa mentransfer data hingga 1Gbps.

Perbedaan yang paling mendasar antara 3G dan 4G adalah pada teknologi dan kecepatan datanya.

Teknologi utama yang terdapat pada 4G adalah OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dan MIMO (Multiple Input Multiple Output).

4. Jaringan 5G

Photo by @frederikli on unsplash

Photo by @frederikli on unsplash via https://unsplash.com

Mulai awal tahun 2021 jaringa 5G sudah mulai menghiasi jaringan seluler, tentu saja kehadiran jenis jaringan baru ini menjadi incaran beberapa smartphone keluaran baru.

Tentu saja hal tersebut dikarenakan kecepatan akses dan transfer data yang dimiliki 5G diklaim mampu 20 kali lipat lebih cepat dibandingan 4G apalagi 3G.

Jaringan 5G memiliki connection density yang mampu menampung 1 juta perangkat per km2. 5G sudah digunakan di beberapa negara, tapi masih menjadi kabar angin selewat apakah jenis jaringan terbaru ini akan masuk ke Indonesia meskipun beberapa brand smartphone sudah menggunakannya.

Antena aktif yang disematkan pada teknologi 5G dienkapsulasi dengan IMMO untuk menghadirkan koneksi yang lebih baik dan canggih bagi penggunanya.

Selain itu, antena array 5G besar dihadirkan untuk mendapatkan informasi beamforming tambahan dan mengatasi proses propagasi yang dialami pada frekuensi mmWave.

5. Kelebihan dan kekurangan penggunaan Internet

Photo by Frederik Lipfert on Unsplash

Photo by Frederik Lipfert on Unsplash via https://unsplash.com

Dengan adanya fasilitas jaringan internet tentunya akan sangat membantu berbagai aktifitas manusia di seluruh belahan dunia, kelebihan tersebut seperti:

  1. Mengetahui informasi dibelahan dunia lain
  2. Saling mengirim kabar dengan cepat
  3. Mempermudah dalam pengiriman data antar perusahan

Akan tetapi, tak hanya kelebihan yang dapat dihadirkan, terdapat juga kekurangan yang ditimbulkan dari adanya jaringan internet ini, seperti: 

  1. Kemanan data pribadi yang rentan tersebar
  2. Kejahatan transaski digital
  3. Pencurian data-data krusial sebuah negara

Itu dia  ulasan singkat mengenai perbedaan jaringan  internet 3G, 4G, dan 5G, serta kelebihan dan kekurangannya. Saat ini kamu menggunakan jaringan internet yang mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE