Dibanding dengan cowok, cewek emang terkenal lebih ribet dalam urusan barang bawaan, apalagi barang bawaan untuk liburan. Berasa pengen diangkut semua deh itu satu rumah. Kalau secara pribadi, mungkin cewek enggak masalah untuk membawa tas yang banyak dan berat. Namun untuk beberapa situasi, bobot bawaan yang berlebihan akan menimbulkan masalah, bahkan bikin cewek itu rugi sendiri karena keluar duit lebih.

Contohnya saat harus naik pesawat ke luar negeri. Bobot bagasi yang melebihi kapasitas bakal dikenai denda. Kalau keluar duit buat makan sih nggak masalah, tapi kalau cuma untuk bayar denda bagasi? Males banget! Nah, kalau kamu juga merasa kesusahan dalam hal packing karena bingung mana yang musti dibawa dan yang ditinggal, mending simak artikel yang satu ini. Berikut adalah 5 cara cerdas packing agar bawaanmu tidak overload. Yuk disimak!

1. Lakukan Survey Destinasi Tujuan Agar Tak Salah Kostum

Destinasi Tujuan

Destinasi Tujuan via https://www.pexels.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mau packing untuk liburan adalah survey lokasi. Cari tahu tentang kondisi alam, cuaca, iklim, dan peristiwa alam apa saja yang terjadi di destinasi tujuanmu saat kamu berlibur nanti. Pastikan semua informasi yang kamu dapat itu update.

Tujuan survey ini adalah agar kamu terhindar dari membawa barang yang tak perlu seperti misal membawa hot pants saat kamu berlibur ke Bromo. Atau memasukan jaket bulu ke koper karena kamu berencana berkunjung ke Simpanglima Semarang. Bukan saja bakal mubadzir, membawa barang yang tak dibutuhkan bakal membuatmu kena masalah di tempat wisatamu nanti, seperti misal masuk angin karena memakai baju minim di tempat yang dingin.

Advertisement

Dengan survei lokasi, kamu langsung dapat mengira-ngira baju apa akan dipakai di mana. Dan syukur-syukur ada baju yang bisa dipakai untuk beberapa kesempatan biar bawaanmu bisa terasa ringan.

2. Rencanakan barang apa yang dibawa dengan menaruh semuanya di kasur

Ungkapan ini terdengar klasik dan kurang berguna mengingat semua orang pasti akan mengira-ngira barang apa saja yang akan mereka bawa sebelum liburan. Kecuali kalau mereka diusir dari rumah, nah itu baru packing tanpa rencana. Perencanaan kali ini tak sekedar merinci apa saja yang dibawa tapi juga menimbang-nimbang apakah barang itu perlu dibawa atau tidak.

Akan lebih efektif bila kamu taruh semua barang yang kira kira kamu perlukan di kasur dan perhatikanlah sepintas. Apakah semua barang jumlahnya cukup normal dibawa sesuai dengan hari liburanmu atau berlebihan? Misal kamu berencana membawa 3 baju motif bunga padahal aslinya cuma butuh satu. Nah dari situ, kamu bisa menimbang-nimbang barang mana dan berapa jumlah yang pas dibawa selama bepergian.

3. Pisahkan Benda Cair Agar Barang Bawaanmu Aman

Atur Barang Dengan Baik

Atur Barang Dengan Baik via https://www.ginibro.com

Advertisement

Saat packing, pastikan kamu sudah mengkotak-kotakan barang bawaanmu dalam beberapa kategori, termasuk barang cair seperti parfum, obat kumur, sabun cair, atau yang lainnya. Jika sudah, taruhlah di tas khusus dan pisahkan dari barang barangmu yang lain apalagi jika barang cair yang kamu bawa itu memiliki warna dan tekstur yang pekat.

Tujuannya adalah apabila tasmu terbentur saat dimasukan ke bagasi pesawat atar keretea dan kemasan barang cair tersebut rusak, isinya takkan menodai barang bawaanmu yang lainnya. Pasti kamu nggak mau kan liburan dengan memakai baju yang terkena cairan obat kumur?

4. Cipatakan Ruang Lebih Dengan Membawa Barang Barang Ukuran Travel Size

Travel Size

Travel Size via https://unsplash.com

Pilihlah barang yang berukuran travel size atau paling tidak ukuran mini. Kenapa? Selain bisa menyisakan tempat yang agak luas di tasmu, kamu juga akan terbebas dari kemungkinan tertahan di bandara bila kamu liburan dengan menggunakan pesawat. Kamu tahu sendiri kan, ada peraturan naik pesawat yang mengharuskan barang cair, gel atau aerosol ukurannya tak boleh melebihi 100 ml?

5. Buatlah Cheklist Agar Tak Ada yang Terlupa

Kalau sudah menentukan barang apa saja yang akan dibawa, buatlah checklist dan gandakan. Tujuannya adalah agar kamu tak ragu apakah barang kebutuhanmu sudah kamu masukan atau belum. Yang kedua, checklist tersebut juga bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa tak ada barangmu yang tertinggal di penginapan saat kamu hendak pulang dari tempat wisata yang kamu kunjungi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya