Kamu seorang wanita kantoran dan sedang melakukan travelling satu minggu penuh? Perginya ke pantai pula. Tentu saja, tak sedikit teman kantor yang akan mengatakan kamu kusam, kamu hitam, dan kamu dekil. Apalagi buat cewek seperti aku yang kerjanya sebagai frontliner dan dituntut untuk selalu tampil menarik. Emm, sindiran dari bos pun pasti akan muncul “hei hei... kamu abis nyemplung dari got ya? dekil banget, kan udah tau kerjaanya di frontliner.”

Duh boss, travelling adalah hobi saya, jadi saya wajib jalan-jalan terus, paling nggak sebulan sekali lah.

Tapi tak usah takut lagi, sekarang aku punya beberapa tips yang setidaknya bisa mengurangi kehitaman kulitmu selepas travelling. Yaappss.. kulit hitam setelah travelling adalah hal yang wajar kok. Malah bisa di bilang wajib supaya kelihatan bedanya mana yang habis liburan mana yang nggak, Hehehe.

Tapi, bukan berarti kamu seenaknya sendiri membiarkan kulitmu terbakar ya. Setidaknya ada beberapa cara yang wajib banget kamu lakuin supaya kulit kamu tetap terjaga dari paparan panas matahari. Seperti apa tipsnya? Simak yukkk sis..

1. Saat kamu bangun tidur, pastikan kamu tidak lupa membersihkan muka

Minyak di wajah saat bangun tidur wajib kamu bersihkan dulu ya

Minyak di wajah saat bangun tidur wajib kamu bersihkan dulu ya via https://www.google.com

Iya memang kamu sedang travelling dan males ribet kan, tapi membersihkan muka ketika kamu bangun tidur itu adalah kewajiban. Setidaknya cucilah muka dengan sabun muka yang biasa kalian pakai. “Kan abis tidur, nggak kotor mukanya,” siapa bilang, cobalah berkaca setelah bangun tidur, pasti berminyak bangetkan, apalagi setelah kamu beraktivitas full di hari sebelumnya. Setelah muka kamu bersih baru deh kamu bisa pakai cream pelembab dan sunblock tentunya.

2. Kenapa harus pakai sunblock yaa?

Paparan sinar matahari bisa ngerusak kulitmu loh

Paparan sinar matahari bisa ngerusak kulitmu loh via https://www.google.com

Ini hukumnya udah wajib banget, karena sunblock akan melindungi kulit kamu dari terik matahari. Untuk sehari-hari aja yang kerjaannya di dalam ruangan, aku masih harus pakai sunscreen atau sunblock dengan SPF rendah, apalagi ini yang pepanasan seminggu di luar ruangan. Udah pasti kulit akan meradang dan sakit karena terpapar sinar matahari terlalu lama. Jadi, kamu butuh banget si sunblock ini. Ingat ya sunblock, karena sunscreen aja nggak cukup.

3. Paling tidak guankan sunblock dengan SPF 50 untuk aktivitas di luar ruangan

Rekomendasi sunblock lokal yang bagus banget

Rekomendasi sunblock lokal yang bagus banget via http://fitritash.com

Advertisement

Kenapa harus tinggi banget SPFnya? Untuk aktivitas di luar ruangan penuh, itu bukan SPF yang tinggi kok. Kamu bisa pilih berbagai merk sunblock yang di jual di pasaran. Banyak merek lokal maupun merek luar negeri yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Untuk aktivitas kamu di air, pilihlah sunblock yang waterproof supaya nggak luntur pas kamu berenang. Pakailah sesuai kebutuhan saja, tak usah tebal, yang penting rata. Aku sendiri suka memilih sunblock yang bentuknya cair dan matte, sehingga gampang banget meresap ke kulit. Setelah berenang, berwudhu, atau berkeringat pun kamu wajib melapisi kembali kulitmu dengan sunblock. Ini bukan hal yang ribet jika dibandingkan hasilnya setelah kegiatan kamu selesai nantinya.

4. Bagaimana dengan lengan dan kaki?

Bakalan jadi belang gini kalo lupa nggak pake sunblock

Bakalan jadi belang gini kalo lupa nggak pake sunblock via https://www.google.com

Yappss… selanjutnya adalah bagian tubuh yang lain nih, kayak tangan dan kaki. Mereka juga butuh perlindungan ekstra. Masak iya muka aja yang kita lindungin, nanti belang dong kaya zebra. Duuuh ini lebih parah kan. Jadi, untuk bagian tubuh lain selain muka, kamu pun wajib memakai sunblock. Kamu bisa pilih sunblock yang bisa dipakai di muka dan di badan kalau nggak pengen ribet. Tapi kalau aku sendiri sih lebih suka memakai dua jenis. Satu khusus untuk muka, satu lagi khusus untuk lengan dan kaki.

5. Setelah kegiatan kamu seharian selesai, jangan lupa bersihkan kembali mukamu sebelum beristirahat

Angkat kotoran yang seharian nempel di mukamu

Angkat kotoran yang seharian nempel di mukamu via https://www.google.com

Cewek kalo lagi travelling bisa dipastiin banget bawa makeup, meskipun cuma bedak sama lipstik. Sisa–sisa sunblock, bedak, dan lipstik yang kamu pakai seharian harus kamu bersihin. Dengan makeup remover, milk cleanser, dan facial wash. Pokoknya sampai bener-bener bersih supaya nggak bikin jerawatan. Kamu bisa pilih perlengkapan makeup dan skin care yang emang khusus buat travel package. Jadi, nggak kerasa bawa banyak barang karena semua serba mini.

6. Selesai liburan, cobalah luangkan waktumu untuk memberikan perawatan lebih ke kulit kamu

Biar kulit wajahmu lebih rileks dan siap menyesuaikan cuaca

Biar kulit wajahmu lebih rileks dan siap menyesuaikan cuaca via http://klikherbalstores.com

Advertisement

Pergilah ke tempat perawatan yang biasa kalian kunjungi, manjakan diri dengan berbagai treatment yang ditawarkan. Atau kalau kalian malas, kalian bisa melakukan masker muka di rumah. Pilihlah masker yang khusus untuk kulit terbakar. Masker yang mengandung Aloe Vera dan tomat adalah pilihan yang tepat karena akan memberikan sensasi dingin yang menyejukkan.

Meskipun tips di atas tidak sepenuhnya membuat kulitmu tidak menghitam, setidaknya itu adalah cara terbaik untuk melindunginya dari kerusakan. Jadi, enjoy aja lagi, nikmati liburanmu yaa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya