Perhatikan 5 Hal ini Supaya Hobimu Bisa Menghasilkan dan Berguna

Menikmati hobi adalah dengan memaksimalkannya.

Semua orang memiliki hobinya masing-masing. Beragam sekali seperti pribadi manusia yang beragam. Masing-masing terlihat giat dalam menjalani hobinya karena hobi sendiri mempunyai arti kegemaran yang bertujuan kesenangan. Oleh karena itu, siapa yang tidak senang dalam menjalani hobinya? semuanya pasti suka karena memang hobi mempunyai esensi kesenangan.

Namun tidak setiap orang bisa memaksimalkan hobinya masing-masing. Terkadang manusia ingin mendapatkan timbal balik dari hobinya. Memang kadang makna hobi yang semula dari kesenangan bergeser kepada feedback atau keuntungan yang lebih menghasilkan. Namun itu tidaklah masalah karena memanfaatkan hobi itu berarti cerdik melihat peluang.

Advertisement

1. Manfaatkan Sarana Monetisasi

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Saat ini banyak sarana situs web, platform ataupun aplikasi seperti ads yang bisa membantu Kamu dalam melakukan segala aktivitas yang terkait hobimu untuk mengembangkan potensi. Tapi pernahkah berpikir untuk menghasilkannya menjadi uang ataupun keuntungan? tentunya semua memang berorientasi atau berfikir ke arah sana tetapi ini butuh proses dan konsistensi. Sehingga cara ini bukanlah untuk seseorang yang hanya berpikir instan ya!

Mulailah dengan memanfaatkan sarana demi tujuan berkarya barulah kemudian effort dan sesuai kata orang-orang besar bahwa “kesuksesan dan uang adalah bonus” yang berarti berkarya harus dimulai dari hati dan ketekunan dahulu.

Advertisement

2. Ikuti Kompetisi terkait Hobi Dimanapun dan Kapanpun

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Untuk setiap orang yang mempunyai hobi dan bakat tertentu seperti menulis, mendesain, olahraga dan bermusik pastinya kurang menantang jika tidak ada kompetisi. Karena memang hidup ini adalah kompetisi yang berarti persaingan. Namun persaingan yang sehat dan tidak menjatuhkan. Karena kompetisi mengajarkan hebat disaat menang dan hebat disaat kalah. 

Dengan mengikuti kompetisi, orientasi Kita tidaklah hanya hadiah atau uang saja namun lebih kepada perkenalan kepada pelajaran bahwa Kita harus lebih giat dan giat lagi karena diatas langit masih ada langit. Berkarya dan melakukan hobi tidak harus menjatuhkan dan berkompetisi itu sifatnya evaluasi. Ketika Anda menang, jangan cepat puas dan ketika Anda kalah, jangan menyerah. Inilah kegunaan berkompetisi yakni memberikan pelajaran dan evaluasi selain reward.

3. Memanfaatkan Platform untuk Menyalurkan Hobi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk opsi ini memang sudah familiar sekali. Ketika Anda mempunyai hobi menulis carilah platform menulis, ketika Anda mempunyai hobi bermusik carilah platform bermusik dan ketika Anda mempunyai hobi menggambar carilah platform menggambar dan lain-lain sudah sesuai pada tempatnya. Kemudian dengan itu juga setiap orang bisa memperlihatkan potensi Mereka sehingga akan tercipta identitas diri dan karakter bagi setiap karyanya. Inilah kegunaan platform supaya setiap orang bisa tercetak cirinya. 

Advertisement

4. Bergabung dan Berkegiatan dengan Komunitas

Foto oleh Matheus Bertelli dari Pexels

Foto oleh Matheus Bertelli dari Pexels via https://www.pexels.com

Bagaimana rasanya mempunyai teman atau grup dengan kesamaan hobi dan kegemaran aktivitas? senang bukan? untuk masalah sharing pun terasa lebih enak dan nyaman karena lingkungan komunitas pada dasarnya memiliki satu tema namun di sana kita bisa mendapatkan banyak hal.

Dengan berkomunitas berarti kalian berada dalam satu kegiatan namun banyak kepribadian yang berbeda didalamnya. Dengan ini setiap orang yang mengikuti komunitas akan lebih terbuka, bisa mengikuti kegiatan workshop, seminar dan menjadi bagian acara hobi. Dengan ini, kegunaan mengikuti komunitas juga memiliki esensi yaitu menikmati hobi bersama-sama. 

5. Memperlihatkan Semua hobi dan Aktivitas kepada Sosial Media dan Teman-temanmu sebagai Personal Branding

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels via https://www.pexels.com

Personal branding dapat dilakukan sejak awal. Apa itu personal branding? personal branding memiliki arti yang bermakna citra atau mencitrakan diri sebagai apa dirimu. Misalkan, kamu memiliki hobi atau aktivitas kesukaan sebagai menulis maka penuhi media sosialmu dengan  aktivitas dan hobimu. Mengapa? karena di era seperti saat ini segala sesuatu akan lebih cepat menyebar dengan dibantu oleh media sosial.

Kita tidak perlu mempunyai sponsor atau sumber daya untuk mempromosikan diri sendiri, cukup dengan memperlihatkan diri kepada sosial media kita akan mendapatkan semacam ulasan dan tanggapan positif dari teman-teman atau bahkan publik di media sosial. Sehingga jika ini dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin akan memberikan pengaruh sedikit demi sedikit terhadap personal branding mu yang nantinya akan terkait dengan karir.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan Penulis Tapi Si Kritis

CLOSE