I am happy because I am grateful.

Banyak dari kita pasti sering dengar kalimat ini kan? Walaupun terdengar klise, tapi rasa bersyukur memang terbukti ampuh untuk meningkatkan mood happy dalam diri kita. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa gratitude memiliki banyak benefit. Selain benefit untuk mental seperti meningkatkan rasa simpati dan harga diri seseorang, serta mengurangi keagresifan, bersyukur juga memiliki efek baik bagi kesehatan fisik lho.

Orang yang selalu bersyukur cenderung take a good care of their self sehingga kesehatan fisik mereka juga lebih terjaga. Sebagai contoh orang yang bersyukur atas kesehatan yang mereka miliki saat ini, akan lebih sadar akan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan itu sendiri. Orang yang rajin berolahraga akan memiliki metabolisme yang baik dan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Berhubung manfaatnya banyak banget, jangan berpikir bahwa bersyukur itu hanya untuk hal-hal luar biasa yang terjadi sesekali dalam hidup ini. Berikut ini beberapa hal sepele tetapi (sering tidak disadari) ternyata penting yang sebaiknya lebih sering kita syukuri.

1. Udara segar

Kita harus selalu bersyukur berapa beruntungnya kita atas udara segar yang masih kita bisa hirup setiap memulai hari, sepanjang hari bahkan sampai kita beristirahat kembali. Terutama di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya masih dipenuhi dengan dataran hijau. Yah, walaupun di kota-kota besar seringkali hari kita dimulai dengan asap dan debu di jalanan.

But it is much better than in the other country. Misalnya, di kota Xi'an di China. Udara bersih merupakan hal yang cukup langka sampai udara bersih dijual dengan harga sekitar dua ribu rupiah per kantongnya. So, di Indonesia udara bersih gratis patut untuk disyukuri kan?

2. Air bersih

Advertisement

Habis panas-panasan dan kebayang segelas air putih yang bisa kita minum untuk melegakan dahaga rasanya pasti enak banget, ya nggak sih? Atau, kebayang dong nikmatnya mandi air dingin setelah seharian berkeringat diluar? Well, jangan lupa mengucap syukur setiap kali kita bisa merasakan sejuknya air yang masuk ke tubuh kita karena nggak semua orang bisa merasakan hal yang sama setiap harinya.

Did you know that 56% of Indonesia teritory have difficulties to access to clean water? Mereka yang tinggal di Desa Karangpatihan yang terletak 20km dari Kota Ponorogo di Jawa Timur misalnya. Karena kondisi tanah yang tandus dan berbatu, mereka nggak bisa mendapatkan air bersih dengan hanya menggali dari tanah sebagaimana kita yang setiap hari bisa mandi dengan nyamannya.

Pemerintah setempat memberikan bantuan dengan mengirimkan 10 ribu liter air bersih setiap hari senin dan kamis. Nggak kebayang kan betapa harus hemat air setiap kali harus minum dan bersih-bersih di desa itu?

3. Our house, whatever kind of house we live

Advertisement

Apakah kamu tinggal di sebuah rumah? Masih tinggal di rumah orang tua atau rumah kontrakan? Atau kamu lebih nyaman tinggal di apartemen? Atau cuma mampu sewa kamar kos-kosan? Kamu tau nggak, apapun tempat tinggal kamu sekarang, selama itu memiliki atap dan empat tembok yang bisa mengelilingi kamu di dalamnya itu berarti kamu lebih kaya dari 10,7% populasi di dunia. Jadi, jangan lupa bersyukur malam ini sebelum tidur ya, dan doakan mereka yang di luar sana yang tidur di kolong jembatan dengan beralaskan tanah supaya bisa beristirahat dengan nyaman!

4. Pekerjaan kita

Yes, I do know how it feels when we get bored of our daily job. Setiap hari kerjaan itu-itu melulu. Kalau nggak paper work segunung, ya customer marah-marah. Atau ngerasa too much working load compare to our co-worker padahal gaji sama aja dengan yang lainnya. Ya, semua hal itu memang terasa pantas untuk dikeluhkan. Tapi ingatlah ini ketika bangun pagi terasa berat untuk pergi ke kantor.

There's someone out there who will give anything in his/her life to have the exact same job as we are now. Coba ingat-ingat lagi betapa susahnya ketika kita adalah seorang fresh graduate yang lempar CV sana-sini demi pendapatan tetap setiap bulannya. Atau ingatlah kehampaan masa-masa jobless, saat kita masih harus bergantung pada orang tua padahal sudah memasuki usia produktif. So, syukur banget kita punya kerjaan yang sekarang ini kan?

5. The closest people around

Orangtua, saudara kandung, teman dekat, teman yang udah kayak saudara, teman kantor atau bahkan security komplek rumah adalah orang-orang di sekitar kita yang harus kita syukuri keberadaannya. Somehow, they just make us complete as we are right now. Apapun hubungan kita dengan orang-orang di sekitar, tanpa kita sadari mereka ini yang bisa membangkitkan rasa happy di dalam diri kita karena biar bagaimanapun kita adalah manusia yang memiliki kebutuhan bersosialisasi. Jangan lupa syukuri keberadaan mereka dalam doa kamu hari ini ya!


So, don't forget to be grateful today because gratitude turns what we have into enough. Bye-bye grumbling life :)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya