Tahukah Kamu, Trauma Dapat Mengubahmu Menjadi Master Atau Monster. Pilih Mana ?

When you’re hurt, you can let yourself grow from it or let it define you.

Ibarat cerita dalam film-film, ketika tokoh utama memiliki trauma dia berkembang menjadi tokoh protagonis yang baik dan kuat berkat traumanya. Namun, ada pula yang berubah menjadi penjahat atau tokoh antagonis dengan trauma yang sama.

Seperti itulah kamu saat ini. Karena traumamu di masa lalu, kamu mengalami kesulitan saat ini. Baik di kehidupan karir, lingkungan sosial, maupun kehidupan asmaramu. Kamu takut menyakiti orang lain karena traumamu, atau kamu mungkin terlanjur menyakiti orang lain karenanya. Apa yang harus kamu lakukan? Dapatkah kamu meminta orang tersayangmu menerima kamu apa adanya tanpa mengabaikan trauma kamu? Bisakah perlakuanmu terhadap si dia dimaafkan karena kamu memiliki masa lalu yang sulit? Berikut ini adalah 5 trauma yang amat membekas dan dapat mempengaruhi kehidupanmu serta cara menyembuhkannya.

1. Dibohongi Terus-menerus

Dia memang berbohong, tapi katanya, demi kebaikan ?? via http://russianwomanmagazine.com

Advertisement

Trust is like a mirror, you can fix it if it’s broke, but you can still see the crack in your reflection.

Bagaimana kamu bisa memercayai orang lain lagi setelah orang yang paling kamu sayang membohongi kamu berkali-kali? Berkali-kali juga kamu maafkan, tetapi tetap dilanggar juga. Karena itulah, kamu sering curigaan dan mudah cemas saat bersama pasanganmu.

Sayangnya, untuk tahu apakah kamu bisa mempercayai seseorang atau tidak, kamu harus memberikan kepercayaannya padanya terlebih dulu. Dan ketika kamu tahu dia tidak bisa dipercaya, kamu harus bisa memberanikan diri untuk meninggalkan dia atau mengambil sikap tegas untuk kebaikanmu. Selain itu, sebelum kamu bisa mempercayai orang lain, bisakah kamu terlebih dulu mempercayai diri sendiri bahwa kamu bisa melaluinya dengan baik?

Advertisement

Tidak bisa menghilangkan trauma? Alihkan fokus hidupmu untuk sesuatu yang berharga. Semua ketrampilan butuh proses untuk bisa dikuasai. Umumnya seseorang melalui proses bertahap dan lama untuk menguasai suatu keahlian. Apapun keahlian yang kamu harapkan untuk dikuasai, diperlukan pembelajaran dan latihan keras. Jika melihat seseorang yang sukses, sebenarnya kamu hanya sedang melihat hasil dari proses bertahun-tahun belajar dan berlatih, kerja keras, disertai berbagai kegagalan yang bersembunyi di balik layar keberhasilan mereka. Apakah itu belajar bermain gitar, piano, sepak bola, berbisnis, investasi atau trading, ada perjalanan panjang untuk menguasai keterampilan, dengan tahap terakhir menjadi "Master".

2. Terbuai Janji Palsu

Apa yang terjadi ketika si dia yang kamu cintai berjanji tidak akan menyakitimu, berjanji akan selalu hadir buatmu, tetapi dia malah mengingkari semua janjinya satu per satu? Hatimu hancur, seketika kamu tidak bisa memercayai apapun lagi. Untuk apa seseorang berjanji kalau pada akhirnya dia hanya mengingkarinya? Berhakkah kamu menuntut orang lain membuktikan janji mereka padamu meski mereka harus menyakiti diri demi melihatmu tersenyum lagi?

Advertisement

Jawabannya ada di tanganmu.

Jika orang lain menjanjikan hal indah padamu dan mereka tidak bisa menepatinya, kamu bisa meraih hal indah tersebut dengan tanganmu sendiri tanpa perlu menanti si dia memberikannya padamu.

3. Ditelantarkan Oleh Orang Tersayang

Bahagiakan diri sendiri dululah ya via http://whatsappstatus77.in

Baik ditelantarkan oleh keluarga maupun pasangan, keduanya adalah mimpi buruk yang harus kamu hadapi di kenyataan. Masalah seperti ini dapat mengakibatkan kemarahan, kecemasan, dan kesedihan yang tidak berujung dalam hubungan. Kamu merasa tidak dihargai dan diabaikan karena orang tersayangmu lebih sibuk melakukan hal lain. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kamu mengurus diri sendiri terlebih dulu.

Mungkin kamu tidak bisa memaafkan mereka yang sudah mengabaikanmu, tetapi kamu bisa menemukan orang lain yang bisa menyayangimu sebagaimana seharusnya. You are worthy and lovable to yourself.

Orang yang tidak bisa melihat betapa berharganya orang lain, biasanya tidak sadar dia belum menghargai dirinya sendiri.

Jangan jadi orang seperti itu, ya.

4. Kekerasan Verbal

Selamatkan dirimu secepatnya via http://upvenue.com

Orang yang mencintaimu seharusnya memujimu, mendorongmu dengan ucapan semangat, dan memberi kritik yang membangun. Namun, apabila orang tercintamu malah memaki-makimu, mengamuk padamu demi memuaskan amarahnya, dan sering mencela dirimu, kamu jadi meragukan diri sendiri. Kamu mulai percaya semua ucapan mereka benar. Dan pujian serta afirmasi positif dari orang lain tenggelam di antara makian si dia yang terus terngiang di benakmu.

Tahu tidak, dalam psikologi, terdapat istilah projecting yang artinya ketika seseorang merasa tidak nyaman dengan dirinya, dia akan merefleksikannya pada orang lain untuk menyangkalnya.

Jadi, ketika si dia mengataimu brengsek dan tidak berguna, sebenarnya dirinyalah yang merasa brengsek dan tidak berguna.

Namun, karena dia tidak sadar atau tidak mau mengakuinya, dia jadi melampiaskannya padamu.

5. Dibanding-bandingkan dengan Orang Lain

Pilih jadi master atau monster via http://thecalmzone.net

Kamu merasa dirimu keren, baik, dan mampu melakukan banyak hal hingga akhirnya, orang tersayangmu berkata kamu tidak sebaik mantannya atau temanmu. Apapun yang kamu lakukan tidak pernah cukup memenuhi ekspektasi mereka. Yang ada kamu berubah jadi orang pesimis dan pahit.

Jalan terbaik adalah dengan meninggalkan mereka dan penuhi saja ekspektasi kamu sendiri. Hanya karena kamu tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, bukan berarti kamu tidak berkualitas. Akan selalu ada orang yang akan menghargai kamu yang sebenarnya, dan mulailah dari dirimu sendiri.

Semua masalah tersebut dapat mendorongmu untuk berkembang atau malah mengubahmu menjadi monster. Jika kamu memilih pilihan kedua, ketahuilah bahwa menyakiti orang lain karena kamu pernah disakiti hanya akan menciptakan siklus kejam tiada akhir di antara kamu dan orang-orang di sekitarmu.

Apabila kamu merasa ada yang salah dengan dirimu karena selalu dikelilingi oleh orang-orang buruk, kamu bisa memilih untuk sok kuat, tetap bertahan dengan harapan ada keajaiban yang bisa mengubah segalanya menjadi lebih baik, atau meninggalkan mereka dan mencari pertolongan.

Remember: you are what you love, not who loves you.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

why so serious...

43 Comments

  1. Cherry Angelia berkata:

    ADA BONUS DEPOSIT UNTUK SETIAP HARI NYA BAGI MEMBER YANG MELAKUKAN DEPO MINIM 50.000
    BONUS DEPOSIT DI CLAIM 1x DALAM SEHARI ( 1x24jam )
    sekarang di gadispoker.com sudah ada 6 permainan dan ada tambahan 2 permainan baru seperti Live Poker dan Ceme Keliling.
    segera daftar kan diri anda sekarang juga di www,gadispoker(dot)com
    – minimal deposit dan withdraw Rp,10.000
    – Bonus Cashback Mingguna 0.3-0.5%
    – Bonus Deposit Untuk Setiap Harinya
    – Bonus Refferal 15%
    Coba keberuntungan anda di gadispoker.com ada jutaan rupiah jacpot menanti anda di www,gadispoker,com
    layanan 24jam nonstop :
    Livechat : http://www(dot)gadispoker(dot)com/
    Pin BB : 2B45A78B
    terima kasih salam hangat dari Gadispoker

  2. Mamta Balani berkata:

    Great post.
    chocolate day quotes
    chocolate day wishes
    chocolate day messages
    chocolate day SMS
    Chocolate day images
    Chocolate day pictures
    Chocolate day photos
    Chocolate day wallpapers
    Chocolate day pics
    Chocolate day greetings
    Chocolate day images
    easter eggs
    easter quotes
    easter wishes
    easter greetings
    easter cards
    easter wallpapers
    easter greeting cards
    easter wishes images
    < a herf=”http://insurancebash.com/epiphany-greetings-epiphany-cards-epiphany-christianity/>epiphany greetings
    Valentines day images
    Valentines day quotes
    Valentines day messages
    Valentines day SMS

  3. Mamta Balani berkata:

    Great post.
    chocolate day quotes
    chocolate day wishes

  4. Mamta Balani berkata:

    valentines day pictures
    valentines day images

  5. Mamta Balani berkata:

    Chocolate day pics
    Chocolate day greetings
    Chocolate day images
    easter eggs
    easter quotes
    easter wishes
    easter greetings
    easter cards
    easter wallpapers
    easter greeting cards
    easter wishes images

CLOSE